Apa perbedaan antara obat mdis internal dengan obat medis keluarga?

Dilihat 1,02 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Cara paling mudah untuk memahami perbedan antara beragam spesialis dalam medis adalah untuk mengidentifikasi pertayaan kesehatan yang akan mereka jawab dengan "Entah. Itu bukan pekerjaanku."

Kedokteran internal dan Dokter Umum itu cukup dua dari banyak tipe kuliah medis yang berbeda. Kuliah lain termasuk Operasi, Anestesi, Demartology, Perawatan Intensif, Psikiater, Optalmologi, Kesehatan Umum, Pengobatan Darurat, Radiologi, Patologi, Kebidanan dan Ginekologi dan Pediatrik. Spesialis Pengobatan Internal tergolong pada Perguruan Dokter. Dokter adalah Kardiologis, Gastroenterologis, Geriantris, Reumatologis dll. Dokter fokus dalam mendiagnosa, dan pengobatan non-operasi, pada sistem tubuh tertentu. Mereka bahkan bisa menjadi sub-spesialis dan fokus pada organ tertentu - misalnya, beberapa Gastroenterologis yang fokus ke hati (Hepatologis).

Seperti yang bisa kamu bayangkan, semakin kamu fokus ke sub-spesialis, semakin dalam pengetahuanmu dalam area ini. Kalau kamu mendatangi Hepatologis dan menanyakan pada mereka tentang hati mu kamu akan memiliki akses pada kaya akan informasi yang jauh lebih baik daripada kamu menanyakan pertanyaan sama pada Dokter Umum. Namun, semakin seseorang fokus ke spesialis tertentu, semakin bayak area medis yang mereka abaikan. Kalau kamu tanya ke seorang Hepatologis tentang matamu, mereka akan merespon dengan "Entah, Itu buka pekerjaanku". Masih ada beberapa Dokter "Pengobatan Umum" yang mengetahui sedikit setiap spesialis Pengobatan Internal. Namun, masih ada perbedaan yang besar anatara dokter-dokter ini dengan dokter Perawatan Utama. Lagi, perbedaan ini paling mudah di temukan dengan memfokuskan pada pertanyaan apa yang tidak akan mereka jawab. Dokter tidak melihat ke anak-anak - itu pekerjaan Pediatris. Mereka tidak mengoperasi - itu tugas ahli bedah. Mereka tidak peduli pada kesehatan mental mu. Mereka tidak memperhatikan kehamilanmu. Mereka tidak membekukan atau mengeluarkan kanker kulit mu. Ada banyak hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh Dokter.

Dokter Umum, lebih dariapda spesialis lain, melakukan sedikit semuanya. Mereka menangani orang dewasa dan anakanak. Mereka menangani ruam dan ptaah tulang. Mereka menjawab pertanyaan tentang jantung, paru-paru, kulit, mata dan kesehatan mentalmu. Mereka akan membantumu melewati masa kehamilanmu. Mereka bahkan bisa melakukan beberapa "operasi" kantor dasar yang simpel. Kalau kamu mengunjungi Dokter Umum dengan pertanyaan dasar tentang area kesehatanmu mereka akan lebih mengatakan "Entah. Itu bukan pekerjaanku". Naun, roti pengetahuan ini memang memerlukan biaya. Dokter Umum tidak akan memiliki kedalaman pengetahuan seperti Spesialis dalam area tersebut. Kalau kamu memiliki pertayaan medis yang rumit atau detil kemudian Dokter Umum akan bingung untuk jawabannya sebelum mengangkutkannya ke Spesialis. Karena itu, ketika Dokter Umum itu ditanyai dengan masalah yang bukan dasar, mereka akan menjawab dengan "Entah. Itu bukan pekerjaanku" dan menunjukkanmu pada Spesialis yang memiliki pengetahuan yang lebih dalam.

Ada dua cara untuk megunjungi Dokter Umum. Kamu bisa melihat pada roti pengetahuan mereka, bersiul karena takjub, dan berpikir "Wow! Inilah seorang okter yang bisa mengatur SEMUA masalah medis dasar ku". Alternatifnya, kamu bisa lihat pada keterbatasan pengetahuan mereka dan berpikir "dasar $*@&#%!" Aku tidak akan perg mengunjungi Dokter Keluarga. Aku akan melihat salah satu setiap tipe Spesialis untuk setiap masalah kesehataku". Beberapa orang sebenarnya melakukan ini - biasanya orang-orang dengan uang lebih daripada akal budi. Namun, ada beberapa masalah dengan filsafat ini.

Pertama-tama, biayanya mahal. Tidak hanya untukmu, tapi, juga biaya kesehatan negara mu. Pemerintahan biasanya memberikan lebih untuk biaya kunjungan spesialis daripada biaya kunjungan Dokter Keluarga. Kalau orang-orang memutuskan untuk menggunakan satu dari setiap tipe spesialis untuk pemeriksaan umum, berarti itu akan memakan jauh lebih banyak bongkahan biaya perawatan kesehatan daripada kalau mereka melakukan pemeriksaan yang sama dengan Dokter Umum. Inilah alasan banyak negara yang membutuhkan penyerahan dari Dokter Umum sebelum kamu bisa mengunjungi Spesialis. Penyerahan ini intinya sebuah persetujuan dari Dokter Umum kalau kamu memiliki masalah yang tidak bisa mereka rawat sendiri dan, karena itu, butuh biaya ekstra untuk biaya Perawatan Kesehatan yang dijaminkan.

Kedua, itu tidak perlu. Ada ungkapan dalam medis, "Masalah umum itu umum". Khususnya sebuah mantra yang diperuntukkan untuk pelajar medis untuk melindungi dari "Zebra" tapi itu juga berlaku disini. Masalah kesehatanmu itu lebih mungkin menjadi masalah umum daripada yang langka. Dokter Perawatan Utama itu sangat  baik dalam menangani masalah umum - mereka selalu melihat dan merawat mereka semua. Ini cukup tidak perlu buru-buru untuk Spesialis untuk masalah umum. Ketika kamu memiliki masalah kesehatan rumit atau sulit berarti dokter Perawatan Utama mu akan menunjukkanmu pada spesialis yang tepat.

Ketiga, itu beresiko kalau kamu akan kehilangan kepentingan perawatan holistik. Keuntungan Dokter Umum yang lebih dari Spesialis adalah kalau kami melihat mu untuk keluhan kesehatan berbeda yang banyak dan lebih mengenal dirimu. Ini merupakan alat yang sangat kuat dan diremehkan dalam medis.

Kalau kamu mederita suatu masalah, dan memilih untuk mengunjungi banyak spesialis untuk diinvestigasikan, berarti semua kecuali satu spesialis akan memberi mu jawaban "Entah. Itu bukan pekerjaanku". Misalnya, kalau kamu memiliki rasa sakit di dada dan kemudian Kardiolog mu akan melakukan beberapa uji dan memberitahu mu "Rasa sakitnya bukan dari jantungmu", Gastroenterologis mu akan meletakkan kamera kedalam perutmu dan berkata padamu "Rasa sakitnya bukan karena bisul atau reflus", dokter Respirasi mu akan memindai paru-paru mu dan menyakinkanmu "Itu bukan kanker paru-paru", Reumatologis akan menjalankan uji baterai dan menganjurkanmu "Itu bukan penyakit autoimun atau berasal dari tulang belakang mu". Namun, Dokter Keluarga biasa mu, yang susah mengenalmu untuk waktu yang sangat lama, mungkin tidak perlu hasil uji apapun dan dapat mengataan "Rasa sakit di dadamu itu karena kecemasan mu".

Dokter Umum memiliki roti pengetahuan tentang masalah medis umum - salah satu yang paling kemungkinan kamu rasakan. Lebih pentingnya, mereka adalah tipe dokter yang paling mengenal dirimu. Spesialis itu sangat penting, dan dokter Perawatan Utama akan menunjukkanmu pada mereka ketika keluhan kesehatanmu itu melewati batas pengalaman dan pengetahuan mereka, tapi penting untuk menghargai kalau ada pro dan konstra pada setiap tipe spesialis. Cara terbaik untuk mendapatkan kualitas perawatan medis adalah untuk menggunakan alat yang tepat untuk pekerjaannya.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang