Apa perbedaan antara perawatan intensif ICU, MICU & CCU di rumah sakit?

Dilihat 356 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

ICU merupakan kependekan dari Intensive Care Unit (unit perawatan intensif). Ini merupakan tempat bagi pasien - pasien yang memiliki penyakit atau luka yang parah dan mengancam nyawa yang membutuhkan pengawasan dan dukungan terus - menerus untuk mempertahankan fungsi dasar tubuh untuk kehidupan. Ada lebih banyak jumlah staff dibanding jumlah pasien pada unit ini dibanding unit - unit lain yang ada di rumah sakit dan unit ini memiliki akses ke peralatan - peralatan medis canggih serta sumber daya lain untuk pasien dengan penyakit kritis atau terluka.


Unit - unit yang memiliki label seperti MICU, CCU, dan lain - lain memiliki spesialisasi lebih lanjut:

  • MICU:Medical Intensif Care Unit (Unit Perawatan Intensif Medis). Tergantung dari rumah sakitnya, unit ini biasanya hampir sama dengan ICU atau bias juga unit ini fokus ke masalah keehatan kesehatan tertentu. MICU juga bisa berarti Mobile Intensif Care Unit (unit perawatan intensif bergerak), sebuah mobil ambulance yang dijalankan oleh paramedis. Kadang seorang yang memiliki penyakit yang sangat parah atau terluka parah harus dipindahkan ke rumah sakit lain untuk mendapatkan penanganan yang dibutuhkan dan harus mendapatkan dukungan medis yang sesuai selama perjalanan.
  • CCU:Coronary Care Unit (Unit Perawatan Koroner). Unit ini mungkin juga dikenal dengan CICU, Cardiac Intensive Care Unit (Unit Perawatan Intensi Jantung), atau CVICU, Cardiovascular Intensive Care Unit (Unit Perawatan Intensif Kardiovaskular). Unit ini menangani hal - hal seperti penyakit jantung bawaan dan pemulihan gagal jantung.
  • NICU: Neonatal Intensive Care Unit (Unit Perawatan Intensif Bayi Baru Lahir). Unit ini menangani bayi baru lahir yang menderita penyakit serius (anak saya yang autis dipindahkan dengan MICU dari satu rumah sakit dimana dia lahir ke rumah sakit yang lebih besar yang memiliki unit ini dan menghabiskan satu bulan pertamanya di sana). 
  • PICU: Pediatric Intensive Care Unit (Unit Perawatan Intensif Pediatrik). Ini merupakan unit perawatan bagi bayi dan anak - anak dan mungkin memiliki spesialisasi yang lebih lanjut. Misalnya, mungkin terdapat unit yang hanya menangani masalah jantung pada anak - anak
Beberapa rumah sakit mungkin memiliki unit spesialisasi lainnya. Misalnya ICU yang khusus menangani masalah keracuan darah, atau hanya menangani orang yang sudah berumur. Karena ada banyak spesialisasi dalam bidang medis, saya rasa masih ada lagi yang lainnya. Pilihan terbaikmu kalau kamu punya saudara yang bekerja di ICU adalah bertanya langsung ke rumah sakit unit apa saja yang mereka miliki.

Terjawab 6 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang