Apa perbedaan antara pilek dan flu ?

Dilihat 236 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Apa saja gejala umum dari pilek?


Gejala pilek biasanya dimulai dengan sakit tenggorokan, yang biasanya akan hilang dalam waktu satu atau dua hari.Gejala pada hidung seperti ingus dan hidung tersumbat serta batuk pada hari keempat dan kelima. Demam jarang terjadi pada orang dewasa, tapi demam ringan mungkin terjadi. Anak - anak lebih umum mengalami demam ketika pilek.


Pada gejala pilek, hidung akan penuh dengan ingus selama beberapa hari pertama. Setelah itu ingus akan menjadi lebih kental dan berwarna gelap. Lendir yang berwarna gelap merupakan hal yang alami dan tidak selalu berarti bahwa kamu mengalami infeksi bakteri seperti infeksi sinus. Ada banyak sekali virus yang dapat menyebabkan gejala pileknmu.
 

Berapa lama gejala pilek akan berlangsung?


Gejala pilek biasanya berlangsung selam seminggu. Pada tiga hari pertama ketika kamu terkena gejala pilek, kamu dapat menularkan virus ke orang lain, jadi lebih baik kamu diam di rumah dan beristirahat yang cukup. Jika gejala pilek tidak membaik setelah seminggu, kamu mungkin terkena infeksi bakteri, yang berarti kamu butuh antibiotik.


Kadang, kamu mungkin salah menangkap gejala pilek sebagai rhinitis (alergi serbuk bunga) atau infeksi sinus. Jika gejala pilek mulai dengan cepat dan membaik setelah satu minggu, maka itu adalah pilek, bukan alergi. Kalau gejala pilekmu tidak membaik setelah satu minggu, kunjungi dokter untuk mengecek apakah kamu memiliki alergi atau sinusitis.

Apa saja gejala flu yang umum?


Gejala flu biasanya lebih parah daripada gejala pilek dan datang dengan cepat. Gejala flu antara lain, sakit tenggorokan, demam, sakit kepala, nyeri otot, hidung tersumbat, dan batuk. Flu babi biasanya juga berhubungan dengan muntah dan diare. Kebanyak gejala flu membaik secara bertahap dalam dua sampai lima hari, tapi bisa saja kamu merasakannya selam seminggu atau lebih.


Komplikasi yang umum dari flu adalah pneumonia, terutama pada anak muda, orang tua, dan orang - orang yang memiliki masalah dengan paru - paru dan jantung. Kalau kamu merasa kesulitan bernafas, konsultasikan dengan doktermu. Gejala lainnya dari pneumonia adalah demam yang datang kembali setelah hilang setelah satu atau dua hari.


Sama seperti virus pilek, virus flu masuk ke dalam tubuh melalui membran mukosa dari hidung, mata, atau mulut. Setiap kali kamu menyentuh tanganmu ke salah satu are tersebut, kamu dapat membuat tubuhmu terinfeksi virus dan karena itu memastikan bahwa tanganmu bebas dari kuman dengan mencucinya secara berkala merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah gejala flu dan pilek.


Bagaimana kamu tahu kamu terserang flu atau pilek?


Para ahli mengatakan untuk memeriksa suhu tubuhmu. Gejala flu seringkali menyerupai gejala flu dalam hal hidung tersumbat, batuk dan nyeri dan rasa tidak nyaman. Tapi pilek jarang memiliki gejala demam di atas 38 derajat celsius. Pada gejala flu, kamu mungkin mengalami demam pada awal kamu terkena virus flu. Selain itu nyeri otot juga merupaan gejal umum dari flu.

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang