Apa perbedaan antara sepatu lari merk Nike dan Asics?

Dilihat 20,7 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Sepatu running Nike dan Asics memang merupakan merk sepatu yang banyak digunakan untuk olahraga lari. Kedua merk sepatu lari tersebut tentunya sudah tidak asing di telinga para pecinta olahraga lari. Keduanya juga masuk dalam daftar 10 sepatu running terbaik. Baik sepatu lari Nike yang penuh gaya ataupun sepatu Asics yang mengedepankan performa dapat diandalkan untuk aktifitas larimu. Jadi sudah tidak diragukan lagi bahwa keduanya merupakan sepatu lari berkualitas yang dapat dijadikan pilihan. 


Tapi untuk dapat menentukan sepatu lari mana yang paling cocok untukmu, tentunya kamu perlu mengetahui perbedaan antara keduanya. Nah, di sini saya akan jabarkan perbedaan antara sepatu Nike dan Asics.



Perbedaan Antara Sepatu Running Nike dan Asics


Perbedaan utama dari sepatu Nike dan Asics terletak pada bantalan alas sepatu yang digunakan. Sepatu Nike menggunakan teknologi udara sedangkan sepatu  Asics menggunakan teknologi gel.


sepatu lari nike


Perbedaan antara sepatu Nike dan sepatu Asics lebih ke masalah spesialisasi dari kedua merk tersebut, meskipun keduanya merupakan merk yang terkenal. Jadi kalau kamu ingin memilih di antaranya keduanya, hal tersebut tergantung dari apa yang kamu inginkan.


Beberapa perbedaan antara sepatu lari Nike dan Asics


  • Logo 
  • Target pasar (Nike mentargetkan sepatunya untuk atlet yang menginginkan sepatu dengan performa tinggi dan penuh gaya, sedangkan Asics fokus pada atlet yang lebih mempertimbangkan performa dan tidak terlalu mempedulikan gaya.
  • Teknologi dan jenis busa yang digunakan (Nike menggunakan teknologi bantalan yang beragam, di antaranya Udara, Zoom, Lunar, dan Free, berbagai teknologi untuk bagian atas sepatu, termasuk FlyKnit dan FlyWire. Asics lebih banyak menggunakan busa EVA dan teknologi GEL).
  • Sepatu Asics hanya cocok digunakan untuk berlari, cross training dan voli, sedangkan sepatu nike cocok digunakan untuk hampir segala jenis olahraga. Selain itu Nike juga merupakan perusahaan yang lebih besar dan memiliki pendanaan yang lebih kuat, yang memungkinkan mereka untuk memproduksi sepatu dalam berbagai model dengan performa yang baik.
  • Nike menghabiskan lebih banyak dana untuk pemasaran dibandingkan Asics, sehingga sepatu Nike telihat lebih menarik bagi banyak kalangan.


Sepatu Asics


Asics lebih konservatif dalam pendekatannya, menyediakan sepatu dengan bantalan dan struktur penyangga (khususnya dalam arus penjualan sepatu lari) yang lebih besar. 


Banyak sepatu Asics didasari pada teknologi gelnya - yang secara harfiah meletakkan gel ke dalam midsole. Model sepatu Asics yang utama GT-1000 tidak banyak mengalami perubahan selama bertahun-tahun, dan menjadi icon dari sepatu lari tradisional. 



sepatu lari asics

Asics lebih fokus dalam menyediakan sepatu yang memberikan support yang bagus, nyaman dipakai, dan memiliki daya tahan yang tingggi untuk digunakan berlari sehari-hari, lari jarak jauh ataupun aktifitas sehari-hari. Sepatu Asics dirancang secara khusus bagi para pelari. 


Sepatu Asics Racer merupakan sepatu kelas ringan, datar, dan sederhana yang merupakan hal yang paling dibutuhkan seseorang dalam balap lari. Kecepatan dari sepatu Asics Racer tidak terlihat sangat berbeda dari sepatu Asics.  



Sepatu Nike

sepatu nike yang bagus

Di sisi lain, sepatu Nike lebih bersifat percobaan dan mengutamakan gaya. Jika dibandingkan dengan produk-produk lainnya, sepatu Nike lebih menjual kesan gaya hidup atletis. Nike lebih fokus ke desain dan teknologi bagi atlet dengan performa tinggi. Sepatu running Nike dirancang untuk meningkatkan performa larimu. 


Sepatu Nike mungkin tidak memiliki daya tahan yang sangat tinggi, namun sepatu ini memberikan manfaat seperti yang diharapkan. Dari segi teknologi, sepatu lari Nike yang paling utama adalah sepatu Nike Air dan Lunar- jenis busa (berbeda dengan sepatu Asics yang menggunakan gel) untuk midsole nya.


Sepatu lari Nike, Pegasus sudah dipasarkan sejak lama. Sepatu ini dikenal karena kelembutannya (yang seringkali dianggap sebagai hal yang baik, tapi tidak selalu demikian).



sepatu nike terpopuler

Sepatu Nike yang populer - Sepatu Lunar - menggunakan busa Lunar, yang merupakan busa yang lebih padat dibandingkan busa udara.


model sepatu nike

Nike mengatakan bahwa mereka akan memperbaiki teknologi flywire nya, tapi menurut saya tidak ada penelitian ilmiah yang dapat mendukung hal ini. Meski begitu, sepatu running Nike memang bagus jika dilihat dari segi estetika.


Teknologi dari sepatu lainnya adalah Flyknit - sepatu yang bagian atasnya terlihat seperti kaus kaki yang seharusnya sangat pas saat dipakai. Tapi meskipun sepatu ini memang nyaman saat dicoba, saya pribadi tidak mau membayar mahal untuk sepatu ini.

model sepatu lari

Kesimpulannya, sepatu Asics terlihat memiliki struktur yang lebih baik dan kuat, sedangkan sepatu Nike lebih beraneka ragam, lembut dan penuh gaya. Tentu saja kedua merk tersebut memiliki berbagai macam sepatu mulai dari yang memberikan support maksimal untuk kaki sampai dengan yang bagus untuk balap lari jarak dekat. Hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak bisa kamu dapatkan jika kamu menggunakan sepatu converse untuk berlari.


Terkait dengan pemilihan sepatu lari sendiri, saya pribadi memilih untuk memakai berbagai merk sepatu secara bergantian untuk menghindari kekurangan dari sepatu Asics yang berat dan sepatu Nike yang tidak stabil. Selain sepatu Nike dan Asics, kamu juga bisa mempertimbangkan sepatu New Balance sebagai salah satu sepatu larimu. Sepatu New Balance memiliki kualitas yang cukup baik, model yang beragam dan harganya pun lebih terjangkau dibandingkan dengan sepatu Nike.


Secara keseluruhan, perbedaan yang paling mencolok dari sepatu Nike dan Asics terletak pada desain sepatu dan teknologi bantalan alas sepatu. Meski begitu, keduanya menyediakan support yang baik untuk kaki dan nyaman digunakan. Kalau kamu tertarik untuk membeli sepatu running Nike, sebaiknya kamu berhati-hati karena saat ini banyak sepatu Nike palsu yang beredar di pasaran. Selain itu jangan lupa untuk mempelajari cara mengenali sepatu Nike asli agar kamu tidak tertipu membeli sepatu Nike palsu. 


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang