Apa perbedaan antara seri laptop HP Envy dengan seri Pavilion?

Dilihat 1,33 rb • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Jika dilihat sekilas, laptop HP Envy memang mirip dengan laptop HP Pavilion. Hal ini tidak mengherankan karena keduanya memang dirancang bagi orang - orang yang menginginkan laptop dengan performa tinggi. Bahkan dari segi tampilanpun keduanya tampak mengedepankan desain yang menawan. Tapi sebenarnya ada perbedaan yang cukup mendasar dari kedua seri tersebut. Meskipun keduanya sama - sama masuk dalam laptop kelas premium, tapi laptop HP Envy bisa dibilang merupakan laptop super eksklusif. Nah, di sini saya akan membantumu melihat perbedaan di antara keduanya agar kamu bisa menentukan mana laptop HP yang cocok untukmu.


Varian Laptop HP

Laptop HP memiliki berbagai macam kelas dan model yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan segmen tertentu. Di bawah ini adalah 5 varian laptop HP yang saat ini beredar di pasaran serta kelebihan dan kekurangan masing - masing.


Laptop HP Mini


netbook merk hp


Laptop HP Mini dirancang untuk memenuhi kebutuhan generasi mudah yang memiliki mobilitas tinggi. Desain yang mungil memungkinkan laptop ini mudah untuk dibawa - bawa. Selain itu harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Tapi karena laptop ini memang lebih dikhususkan untuk generasi muda yang dinamis, spesifikasi yang ditanamkan dalam laptop ini memang tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan varian laptop HP lainnya.


Laptop HP Compaq Presario


laptop hp compaq


Untuk mengakomodasi kebutuhan orang yang menginginkan laptop untuk pekerjaan sehari - hari dengan harga yang murah, HP menyediakan laptop HP Compaq Presario. Laptop ini memiliki spesifikasi low-end dan terbuat dari bahan dengan kualitas seadanya. Keunggulan dari laptop HP kelas ini adalah harganya yang sangat terjangkau. Tapi sayangnya kualitas touchpad dan monitornya kurang dapat diandalkan.


Laptop HP Pavilion


laptop hp pavilion


Mereka yang menginginkan laptop dengan performa yang lebih tinggi serta dilengkapi dengan piranti multimedia dan entertainment dan memiliki desain yang menarik bisa memilih laptop HP Pavilion. Ciri khas laptop HP ini dibandingnya dengan laptop HP lainnya terletak pada ukiran grafiti mesin khas HP. Spesifikasi dari laptop ini cukup bagus dan dapat memenuhi kebutuhan para pekerja. Rancangan laptop pun cukup menawan, dengan body yang tipis dan terbuat dari bahan glossy. Sayangnya, karena body nya yang tipis, laptop ini mudah panas sehingga tidak cocok digunakan untuk bermain game dalam waktu lama.


Laptop HP Probook

laptop hp probook


HP Probook dirancang bagi pekerja multimedia dan karyawan kelas atas yang mengharapkan laptop dengan spefisikasi dan daya tahan yang tinggi. Body laptop relatif tebal dan memiliki spesifikasi high-end. Laptop ini memang dirancang agar dapat lebih kuat dalam menahan benturan. Sayangnya, karena ukurannya yang besar dan cukup berat, laptop HP Probook tidak terlalu bagus dari segi mobilitas. Selain itu harganya pun cukup tinggi karena memang dirancang bagi pada pekerja kalangan atas.


Laptop HP Envy


laptop hp envy

Laptop HP Envy merupakan laptop kelas premium. Jadi bisa dibilang laptop ini merupakan kasta tertinggi dari seluruh varian laptop HP. Karena memang dirancang bagi kelas premium, baik dari segi spesifikasi maupun desain, laptop ini dibekali dengan bahan dan spesifikasi terbaik. Laptop HP Envy sudah menggunakan prosessor Core i7 yang merupakan prosessor tertinggi keluaran intel. Laptop ini dibuat menggunakan bahan glossy seperti laptop HP Pavilion dan desainnya pun sangat menawan. Kekurangan dari laptop ini adalah harganya yang sangat tinggi, dimana harga terendahnya saja lebih dari 10 juta rupiah.


Laptop HP Envy vs Laptop HP Pavilion

Jadi seperti yang bisa kamu lihat di atas, varian laptop HP Envy adalah kelas laptop yang memiliki desain premium dan tinggi dan dibekali dengan beberapa fitur ekstra. Varian Laptop HP Envy juga memiliki spesifikasi fitur special.


Keunggulan varian laptop HP Envy:

  • Audio beats 
  • Metal finish
  • Kuat dan tipis
  • Performa tinggi
  • Kamu akan dapat intel+nvidia
  • Tombol di laptop, tekan dan akan menunjukkan bahwa laptop tercharge saat dimatikan 
  • Baterai tahan lama

Beberapa masalah yang sama pada laptop HP Pavilion:

  • Tidak ada resolusi 1080p di Pavilion memiliki masalah black screen
  • Suara berisik dari hard disk
  • Suara tinggi dari kipas
  • Envy lebih baik karena kualitas, pendingin yang lebih baik dan multi monitor, ada banyak pilihan dari koneksi berkabel dan nirkabel, dan suara fantastik.

Jadi meskipun dari segi tampilan laptop HP Pavilion cukup mirip dengan HP Envy, spesifikasi dan performa yang ditawarkan dari kedua laptop HP terebut cukup berbeda.


Kalau kamu bingung dalam menentukan pilihan laptop yang ingin kamu beli, sebaiknya kamu lihat dari segi kebutuhanmu. Untuk apa saja kamu ingin memakai laptopmu nantinya? Lalu kamu bisa melihat penjelasan singkat dari masing - masing varian laptop HP yang saya jelaskan di atas untuk memilih jenis laptop yang paling sesuai dengan kabutuhanmu. Misalnya, kalau kamu butuh laptop untuk edit video, maka akan lebih baik kalau kamu memilih laptop HP Envy yang memiliki spefifikasi tinggi, tentunya kalau harganya masih masuk dalam anggaranmu.


Tapi ingat, apapun laptop HP yang kamu pilih, jangan gunakan dengan sembarangan. Misalnya jangan sampai laptop HP mu tertumpah air. Kamu juga bisa meningkatkan performa laptop HP mu kalau kamu masih belum puas dengan performa yang diberikan. 

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang