Apa perbedaan antara teknik die casting dan injection molding ?

Dilihat 373 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Die casting merupakan mesin pengecoran alumunium dan injection molding mesin pencetakan atau pembentukan material termoplastik, kedua alat ini sama-sama mencetak benda. Pengertian die casting adalah salah satu jenis pengecoran dengan cara memaksa logam cair ke dalam cetakan baja dengan menggunakan tekanan tinggi. Pada proses ini ruang tekanan (chamber) terhubung ke die cavity secara permanen terendam dalam logam cair. Sedangkan injection molding adalah pembentukan metrerial termoplastik dimana meterial yang dilelehkan karena pemanasan di diinjecsikan oleh plunger ke dalam cetakan yang didinginkan oleh air sehingga mengeras. 

Apa perbedaannya antara teknik die casting dan teknik injection molding? Sama-sam alat untuk mencetak suatu benda perbedaannya pada bahan meterial yang digunakan. 

Teknik Die Casting Dan Teknik Injection Molding 

Teknik die casting adalah alat atau mesin yang dapat mencetak benda pada tekanan tinggi dengan menggunakan pemanasan yang tinggi dengan cara  diinjeksi atau disuntikan.


die casting


1. Teknik Die Casting

Die casting adalah pengecoran dengan cara memaksa logam cair ke dalam cetakan baja. Proses dari teknik die casting antara lain:

  • Cetakan disemprotkan dengan pelicin dan ditutup. Pelicin tersebut membantu mengontrol temperatur die casting dan membantu saat pelepasan dari pengecoran.
  • Logam yang telah dicetak kemudian disuntikan pada die di bawah tekanan tinggi. Tekanan tinggi membuat pengecoran setepat dan sehalus adonan. 
  • Setelah rongga terisi temperatur dijaga sampai pengecoran menjadi solid (dalam proses ini waktu diperpendek menggunakan air pendingin).
  • Kemudian die dibuka dan pengecoran Injeksi dilakukan dengan kecepatan tinggi agar seluruh rongga terisi sebelum ada bagian yang mengeras, meskipun desainnya  sangat sulit untuk mampu mengisi bagian yang sangat tebal.
  • Seringkali dilakukan operasi memisahkan pengecoran dari sisa-sisanya, dengan menggunakan trim die dengan power press atau hidrolik press. Hal ini agar hasilnya sesuai dengan desain yang diinginkan.

teknik die casting

Keuntungan dari die casting sendiri adalah:

  • Lubang dapat dibuat langsung pada onderdil. 
  • dapat membuat cetakan tembaga, seng, dan alumunium memiliki sifat mengantarkan panas. Alumunium merupakan konduktor alami dari barang elektrik. 
  • Bahan seng, tembaga, dan  alumunium merupakan bahan yang ramah lingkungan dan dapat dengan mudah di daur ulang setelah selesai digunakan. Semua logam campuran alumunium (360, 380, 383, dan 413) dibuat dari bahan daur ulang. 
  • Lebih tahan lama dibandingkan pelastik.
mesin die casting


2. Tehnik Injection Molding

Injection molding adalah mesin yang digunakan untuk mencetak plastik dengan sistem cetakan injeksi.

proses dari injection molding antara lain:

  • Pengapitan, proses ini dilakukan untuk memegang kedua cetakan secara bersama-sama. Pengapitan merupakan pemegang cetakan yang mengalami tekanan selama proses penyuntikan dan pendinginan.
  • penyuntikan, pada saat penyuntikan material plastik biasanya berbentuk butiran atau pellet, kemudian diisi dalam satu wadah saluran tuang atau hoper yang terdapat pada bagian atas unit mesin. Butiran ini dimasukkan kedalam slinder untuk dipanaskan hingga mencair. Didalam slinder (barel) terdapat mesin screw (berputar) yang mencampur bahan butiran cair dan mendorong campuran kebagian ujung slinder. Setelah material sudah terkumpul pada ujung screw sudah cukup maka dilakukan proses penyuntikan. Plastik yang dicairkan dimasukkan ke dalam cetakan nozzie injector, tekanan dan kecepatannya diatur oleh screw tersebut.

injection moulding
  • Penenangan, setelah dilakukan penyuntikan maka perlu dilakukan penenangan sesaat agar plastik yang telah disuntikan ke dalam cetakan dilakukan penekanan kemudian ditahan untuk meyakinkan segala sisi rongga cetakan telah terisi secara sempurna.
  • Pendinginan, plastik didinginkan didalam cetakan untuk mendapatkan bentuk padatnya didalam cetakan. Pada proses ini sekaligus pengisian ulang bahan plastik dari happer ke dalam barel dengan screw yang berputar. 
  • Cetakan dibuka, unit pengapit dibuka yang memisahkan kedua belah cetakan, kemudian dilakukan pengeluaran dengan pena dan plat injektor yang mendorong dan mengeluarkan hasil cetakan.

desain injection moulding


Banyak peralatan yang dihasilkan oleh mesin injection molding adalah berupa alat-alat rumah tangga, bagian kendaraan mobil (dasbor dan bodi), dan peralatan listrik.

Secara garis besar cara kerja mesin die casting dan injection molding terdapat perbedaan yaitu dilihat dari mesin yang digunakan dan juga bahan meterial yang digunakan perbeda. Persamaannya kedua mesin ini menggunakan metode injeksi yang sama-sama menghasilkan catakan benda yang didesain sesuai dengan kebutuhan.

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang