Apa perbedaan antara tumor, kanker dan karsinoma?

Dilihat 19,3 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1


Bukan rahasia umum bahwa kanker sudah menjadi fenomena baru yang menakutkan karena merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, setiap tahun jumlah penderita kanker di dunia bertambah 6,25 juta orang. Dalam 10 tahun mendatang diperkirakan 9 juta orang akan meninggal setiap tahun akibat kanker.

Selain kanker, ada juga penyakit lain yang diagnosisnya sama sekali tak ingin Anda dengar dari dokter, yaitu Tumor dan Karsinoma.  Banyak pertanyaan dari masyarakat terkait dengan perbedaan tumor dan kanker serta karsinoma. Lalu, samakah penyakit kanker dengan Tumor atau Karsinoma? Ataukah ketiga penyakit  tersebut adalah berbeda? 


Perbedaan Tumor, Kanker, dan Karsinoma

Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis tumor ganas. Kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel- sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker akan berkembang dengan cepat, tidak terkendali, dan akan terus membelah diri, selanjutnya menyusup kejaringan disekitarnya (invasive) dan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta saraf tulang belakang (Mangan, 2003).

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, tidak semua tumor disebut kanker. Perbedaan tumor dan kanker terletak pada sifat selnya. Tumor merupakan satu sel liar yang berada di bagian tubuh dan terus membesar di bagian yang tetap atau tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain. Oleh karena itu, jika tumor tidak segera diatasi, maka sel tumor bisa menjadi kanker.

Sedangkan karsinoma adalah termasuk salah satu dari jenis kanker. Karsinoma merupakan jenis penyakit kanker kulit yang paling banyak diderita. Kanker jenis ini tidak mengalami penyebaran (metastasis) kebagian tubuh lainnya, tetapi sel kanker dapat berkembang dan menyebabkan kerusakan jaringan kulit sekitarnya. Contoh karsinoma yang umum terdapat pada paru-paru, payudara, kulit, serviks, usus besar, dan rektum.



Tumor 


  • Gejala
Tumor berbentuk benjolan yang mempunyai selaput atau kantung yang menyelimutinya.


  • Sifat sel

Pertumbuhan sel tumor jinak relatif lambat. Sel tumor memiliki bentuk yang sama seperti sel pada awalnya. Dalam keadaan normal, sel hanya akan membelah diri bila tubuh membutuhkannya seperti mengganti sel-sel yang rusak atau mati. Sehingga sel tumor tidak merusak jaringan lainnya, namun hanya saja dapat bertambah besar


  • Cara penanganannya

Tumor jinak dapat diatasi dengan melakukan operasi pengangkatan tumor dan biasanya langsung sembuh.




Kanker 

                         


  • Gejala

Terdapat benjolan namun tidak berselaput.


  • Sifat sel

Perkembangan atau penyebarannya sangat cepat. Sel kanker memiliki bentuk yang berbeda dengan sel awalnya. Berbeda dengan tumor, Sebaliknya, sel kanker akan membelah diri meskipun tidak dibutuhkan sehingga terjadi kelebihan sel-sel baru. Kanker dapat tumbuh di semua sel jaringan tubuh, seperti sel kulit, sel hati, sel darah, sel otak, sel lambung, sel usus, sel paru, sel saluran kencing, dan berbagai macam sel tubuh lainnya. Itulah mkenapa pada kanker ganas penanganannya menjadi lebih sulit dan harus segera diobati


  • Cara Pengobatan

Pada pengobatan kanker membutuhkan waktu perawatan yang lama meliputi operasi, kemoterapi, terapi radiasi karena sel kanker sulit mati.



Karsinoma


                          


  • Gejala

Memiliki gejala yang berbeda- beda tergantung jenis karsinoma. Pada karsinoma sel squamosa, gejala ditandai adanya Koreng yang  kemudian tumbuh menjadi benjolan mirip kutil yang terkadang bisa berdarah. Pada Karsinoma nasofaring, Terdapat benjolan di hidung atau leher disertai Sakit tenggorokan. 


  • Sifat sel

Seperti kanker pada umumnya, kanker karsinoma juga memiliki sifat  sel yang berkembang di luar kendali dan menginvasi jaringan di sekitarnya  yang kemudian dapat menyebar ke bagian tubuh lain (metastase). Penyebab mutasi gen ini belum diketahui hingga saat ini.


  • Cara Pengobatan

Cara pengobatan yang biasa digunakan ahli untuk penyakit karsinoma adalah: Terapi Radiasi, pengobatan standar awal Operasi atau pembedahan Obat biologis, peningkatkan sistem daya tahan tubuh untuk membunuh sel kanker contohnya Bevacizumab Kemoterapi, dan penggunaan obat yang membunuh sel-sel kanker.


Itulah pemaparan tentang perbedaan antara kanker, tumor, dan karsinoma. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat. Terima kasih..



Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang