Apa perbedaan antara usaha baru dan SME (Small Medium Enterprise) ?

Dilihat 22,9 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Mempunyai usaha merupakan keinginan banyak orang. Namun membangun suatu bisnis  tidaklah mudah, kemampuan anda dalam mengatur  jalannya bisnis menjadi faktor kesuksesan bisnis tersebut.


cara memulai usaha baru

Saat seseorang memutuskan untuk memiliki bisnis,  tentunya dia akan memulai untuk membuat usaha baru  terlebih dahulu. Usaha baru dan small medium enterprise mungkin terlihat mirip karena dalam hal pendapatan serta banyaknya staf yang dimiliki, sama-sama berada dalam  skala kecil, akan tetapi sebenarnya mereka memiliki model bisnis yang berbeda, yaitu dalam hal : maksud, fungsi, dan keuangan. Lalu pertanyaannya apa perbedaan antara kedua entitas tersebut ?

Bagi anda yang berniat untuk membuka usaha,  ada baiknya anda menyimak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih jelas perbedaan di antara keduanya,  yang dapat  anda jadikan referensi:



Definisi Usaha Baru dan Small Medium Enterprise

  • Usaha baru,

Menurut Steve Blank,  "Usaha baru adalah organisasi sementara yang dirancang untuk mencari model bisnis berulang dan terukur. "

Sebuah perusahaan baru sangat berbeda dengan perusahaan besar. Perusahaan  baru dapat memaksimalkan waktu yang mereka miliki untuk  mencari model bisnis  yang tepat, yang  dapat membantu mengidentifikasi jenis produk, orientasi pelanggan serta pangsa pasar  secara cepat dan efektif. 

  • Small Medium Enterprise

Menurut U.S Small Business Administration (SBA)  small medium enterprise adalah “Usaha yang dimiliki dan dijalankan secara mandiri,  didirikan  untuk meraih keuntungan dan tidak dominan di bidangnya serta menjual produk yang dihasilkan  ke pelanggan di pasar  lokal."

Masing-masing  negara memiliki definisi yang berbeda mengenai small medium enterprise. Menurut  UU No. 20 Tahun 2008, usaha jenis ini dibagi  dalam dua pengertian yakni:

  1. Usaha Kecil, merupakan entitas usaha yang memiliki kekayaan bersih lebih dari  lima puluh juta rupiah sampai dengan paling banyak lima ratus juta rupiah tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha dan  memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari tiga ratus juta rupiah sampai dengan paling banyak dua milyar lima ratus juta rupiah.
  2. Usaha Menengah, merupakan  entitas usaha yang memiliki kekayaan bersih lebih dari  lima ratus juta rupiah sampai dengan paling banyak  sepuluh milyar rupiah tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha dan  memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari dua milyar lima ratus juta rupiah sampai dengan paling banyak lima puluh milyar rupiah.


Maksud Usaha Baru dan Small Medium Enterprise


perbedaan usaha baru dengan usaha kecil


  • Usaha Baru

Pemiliki usaha baru bermaksud untuk mengembangkan usahanya menjadi perusahaan yang lebih  besar yang memiliki dampak yang signifikan terhadap pasar yang ada  dan bahkan mungkin dapat menciptakan pangsa pasar baru.  Dalam menghadapi persaingan dunia usaha yang semakin ketat, para pengusaha  dituntut untuk dapat mengembangkan usahanya agar dapat  menjadi lebih maju dan besar serta menjadi pengusaha yang sukses. Pengembangan usaha itu sendiri  terdiri dari sejumlah tugas dan proses yang pada umumnya bertujuan untuk  mengembangkan dan mengimplementasikan peluang pertumbuhan. Sehingga pemilik masih berfokus pada  besarnya pendapatan top-end (tertinggi dan terendah)  dan potensi pertumbuhan.

 
  • Small Medium Enterprise

Pemilik small medium enterprise bermaksud untuk menjadi bos bagi diri mereka sendiri dan merasa aman secara finansial di pasar lokal, sehingga usaha ini merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu daerah. perusahaan memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian masyarakat karena memiliki fleksibilitas yang tinggi dibandingkan dengan usaha yang berkapasitas lebih besar serta sangat membantu pemerintah dalam hal penciptaan lapangan kerja baru. Perusahaan ini   terbentuk karena dorongan serta  keinginan pemiliknya  untuk mendapatkan  keuntungan dan menciptakan  bisnis yang menawarkan nilai  jangka panjang yang stabil.



Fungsi Usaha Baru dan Small Medium Enterprise


tips memulai usaha baru


  • Usaha Baru

Fungsi utama usaha baru adalah mencari model bisnis yang berulang dan terukur. Pemilik perusahaan  akan “keluar” dari fase pemula dan menjadi  pebisnis yang sukses atau gagal dalam mencari model bisnis yang akan digunakan oleh perusahaan. Setelah  model bisnis yang tepat ditemukan, perusahaan   akan berubah  menjadi perusahaan yang fokus pada pelaksanaan  model bisnis tersebut  sehingga tercipta sebuah  organisasi yang lebih terstruktur dan fokus kepada  rencana pengembangannya.


  • Small Medium Enterprise

Dimulai dari organisasi terstruktur yang fokus  pada nilai pelanggan. Perusahaan jenis ini, selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi nasional juga berperan  dalam perekonomian tradisional. Hal ini dapat dilihat dari kontribusinya terhadap lapangan kerja, pemerataan pendapatan, pembangunan ekonomi pedesaan,  penggerak  ekspor manufaktur atau nonmigas serta pendistribusian hasil-hasil pembangunan,  sehingga organisasi ini  tidak perlu untuk mengganti struktur organisasi yang dimilikinya.



Keuangan Usaha Baru dan Small Medium Interprise

  • Usaha baru

Untuk berkembang menjadi perusahaan yang besar, perusahaan  mencari dana tambahan dengan cara diluted equity (membagikan keuntungan dengan investor lain).

  • Small Medium Enterprise

Keuangan merupakan kendala utama bagi pertumbuhan perusahaan jenis ini, sehingga banyak  yang merana dan stagnan. Perusahaan cenderung sulit untuk memperoleh pinjaman bank dibanding perusahaan besar, sehingga banyak dari mereka  yang mengandalkan dana internal organisasi maupun  "pribadi" untuk memulai usaha mereka. Kurangnya permodalan yang dimiliki, karena pada umumnya usaha kecil dan menengah merupakan usaha perorangan atau perusahaan yang sifatnya tertutup.


peluang usaha baru

Namun sebenarnya cara untuk memulai usaha baru sangatlah mudah. Yang dibutuhkan hanya dengan mempunyai impian. Karena dengan impian kita dapat menciptakan ide bisnis yang luar biasa, hingga akhirnya idetersebut direalisasikan menjadi sebuah peluang usaha  yang menguntungkan. Apapun bisnis anda baik skala kecil maupun skala besar pastilah membutuhkan cara agar bisnis yang dijalankan tidak merugi. Berbagai macam pilihan untuk menjadi pengusaha sukses datang dari ide kreatif yang belum terlalu popular. Tugas anda sebagai pengusaha adalah mengenalkan bagaimana produk tersebut laku di pasaran. Ide baru terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi  seorang pengusaha.


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang