Bagaimana cara menghilangkan lendir dan dahak di tenggorokan?

Dilihat 27,8 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Tidak banyak yang mengetahui bahwa lendir di dalam tubuh sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan kita, yaitu sebagai pelicin yang dapat melindungi tubuh dari bakteri atau kuman yang menyebabkan infeksi dan penyakit. Lendir terdapat pada sistem pernapasan, pecernaan, urogenital, dan organ tubuh yang lain. 


Tetapi lendir yang terlalu berlebihan juga tentu kurang baik bagi kita dan pasti rasanya tidak nyaman, apalagi jika kita memiliki tenggorokan berlendir. Bagian organ dalam tubuh yang terkena bakteri atau virus biasanya akan menghasilkan lendir yang berlebihan dan harus ada penanganan khusus untuk mengatasi hal tersebut. 


Pada umumnya, orang berpikir bahwa lendir di tenggorokan dan dahak adalah hal yang serupa, namun sebenarnya keduanya sangat berbeda. Lendir dan dahak memiliki fungsi dan penyebab yang berbeda, maka penanganan yang harus dilakukan pun juga berbeda.


Lalu, seperti  apakah perbedaan antara lendir dan dahak? Bagaimana cara mengobati batuk berdahak dan lendir di tenggorokan?


beda dahak dan lendir



Perbedaan Lendir dan Dahak



Terdapat perbedaan yang signifikan antara dahak dan lendir.


Lendir merupakan sekresi kental yang dihasilkan oleh kelenjar membran lendir. Lendir mengandung banyak enzim yang sangat penting bagi tubuh, seperti lisozim, immunoglobulin, garam anorganik, dan beberapa protein seperti lactoferin juga ditemukan dalam cairan ini. Selain itu, lendir juga mengandung glikoprotein dan enzim.


Produksi lendir terjadi di tubuh seluruh makhluk hidup, termasuk ikan dan amfibi. Kelenjar lendir dapat ditemukan di lapisan dinding pencernaan, saluran urogenital, sistem pendengaran, sistem pernapasan, hingga sistem penglihatan. 


Pada umumnya lendir berguna untuk menjaga tubuh dari penyakit, dari infeksi jamur, virus, dan bakteri. Dan pada tenggorokan manusia, lendir berfungsi untuk melembabkan tenggorokan dan menangkar benda asing yang masuk ke saluran pernafasan. Jika ada sesuatu (kotoran atau virus dan bakteri) yang masuk ke dalam tenggorokanmu, kelenjar ini kan aktif dan hal inilah yang membuat tenggorokan berlendir.


Sementara itu, dahak adalah sekresi yang dihasilkan oleh selaput lendir. Dahak diproduksi oleh selaput lendir berjajar pada sistem pernapasan dari mamalia. Dahak tidak diproduksi dalam rongga hidung dari sistem pernapasan, tetapi dalam tabung trakea dan gelembung yang dihasilkan dari dahak yang dikeluarkan melalui batuk. 

Batuk inilah yang kemudian diketahui sebagai batuk berdahak.  Ketika benda asing masuk ke dalam trakea, dahak dikeluarkan dan mencoba membunuh atau menolak kuman sebagai mekanisme perlindungan. 


Sama seperti lendir, dahak juga bersifat kental dan licin. Warna dahak dapat bervariasi mulai dari pucat, kuning, hijau, bahkan coklat. 


penyebab munculnya dahak

 

Dalam pelayanan kesehatan, kita mengambil spesimen dahak. Bagi pasien rawat jalan, kami mengambil spesimen tersebut dengan meminta sang pasien untuk batuk yang dalam sehingga kami bisa mendapatkan sebagian yang dikeluarkan dan memasukkannya ke dalam sebuah kontainer spesimen dahak dan mengirimnya ke laboratorium untuk diuji. 


Sampel yang bagus adalah yang diambil dari paru-paru dan saluran udara yang lebih besar, serta mengandung air liur dengan jumlah minimum. Bagi pasien yang terlalu parah dan tidak bisa mengeluarkan dahaknya, kami menggunakan sebuah kateter hisap untuk mengambil sampel dari saluran pernapasan mereka yang lebih besar. 


Memasukkan kateter akan menyebabkan pasien tersebut batuk, dan kami menggunakan hisapannya untuk mengambil apa yang dikeluarkan saat ia batuk ke dalam sebuah kontainer spesimen. Kami menyebutnya sebuah spesimen dahak.


cara mengobati batuk berdahak


Cara Mengobati Dahak dan Lendir di Tenggorokan


Untuk mengobati atau menghilangkan lendir di tenggorokan bisa dilakukan dengan beberapa cara alami, dan beberapa di antaranya secara umum juga efektif sebagai cara mengobati batuk berdahak dan menghilangkan kuman dari tenggorokan. 


Berikut ini adalah cara-cara untuk mengobati tenggorokan berlendir:


1.  Berkumur dengan air garam

Campurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakanlah larutan ini untuk berkumur di pangkal tenggorokanmu, tapi tidak perlu ditelan.


2   Perbanyak asupan cairan setiap hari


Pebanyaklah minum air apabila kau merasa tenggorokanmu tidak nyaman. Teh hangat yang dicampur dengan madu dan lemon juga ampuh untuk membantu melegakan tenggorokan, karena campuran tersebut berfungsi untuk mengencerkan lendir. Selain itu, kau juga bisa mengonsumsi sup hangat dengan kaldu yang encer, yang paling favorit untuk dikonsumsi biasanya adalah sup ayam.


3.  Perbanyak konsumsi makanan pedas


Jika kebetulan kau adalah penggemar kuliner pedas, maka cara satu ini bisa dicoba karena makanan pedas seperti cabai, bawang, dan jahe juga bisa membantu menghilangkan lendir dari tenggorokan.


4.  Menghindari produk yang terbuat dari kedelai dan susu


Dikatakan bahwa susu dapat meningkatkan produksi lendir karena kandungan lemaknya yang tinggu, namun hal ini masih merupakan sebuah opini dan belum ada penelitian sah yang menyatakan hal tersebut. Namun, tidak demikian dengan kedelai. Meskipun kedelai mengandung banyak protein dan vitamin, kedelai bisa meningkatkan kekentalan lendir dan menyebabkan lendir menumpuk di dada.


5.  Berhenti merokok


Apabila anda merupakan perokok aktif, maka rokok mungkin merupakan alasan utama dari tenggorokan anda yang berlendir. Rokok dan terpapar asap terus menerus dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan, memperburuk fungsi pernafasan, menginfeksi paru-paru, dan menyumbat hidung anda. Berhenti merokok juga merupakan salah satu cara mengobati batuk berdahak, sekali lagi apabila anda adalah perokok aktif.



Batuk dan Tenggorokan Berdahak


Batuk adalah hal alamiah tubuh kita sebagai bentuk pertahanan untuk mengeluarkan benda asing yang mengganggu atau masuk ke dalam sistem pernapasan kita bersama dahak.  Ada banyak cara untuk mengatasi tenggorokan dan batuk berdahak, mulai dari cara yang alami ataupun menggunakan obat-obatan. 


Cara mengobati tenggorokan berdahak secara alami antara lain:


1.  Minyak Eukaliptus


Dengan mengusapkannya di dada, kau akan merasa lebih lega, namun ada cara lain untuk menggunakan minyak ini. Teteskan minyak ini ke dalam sebaskom air panas dan hirup uapnya selama 10-15 menit. 


2.  Jeruk nipis dan kecap


Ramuan turunan orang tua ini masih banyak dilakukan hingga saat ini, dan caranya pun sangat mudah. Campurkan air perasan jeruk nipis dan kecap di sebuah sendok dan minum. Lakukan secara rutin selama beberapa hari hingga kau merasa lebih baik.


obat alami untuk batuk


3.  Madu dan jahe


Jahe dengan rasanya yang pedas memang sangat berguna untuk melegakan tenggorokan dan meminimalkan gejala flu dan batuk, apalagi bila ditambah madu yang memang kaya akan vitamin. 


Ramuan ini dibuat dengan menggunakan 100 gram jahe yang telah dicuci dan dikupas bersih, lalu haluskan bersama dua sendok makan madu murni (bukan madu dengan tambahan pemanis). Campurkan dua sendok ramuan tersebut dengan segelas belimbing air panas, minum dua kali sehari. Lakukan rutin selama beberapa hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


4.  Madu hitam dan propolis


Madu hitam dan propolis adalah dua hal yang paling direkomendasikan untuk pengobatan berbagai penyakit. Meskipun rasanya agak pait dan getir di lidah, namun hasil yang akan kau dapatkan tidak akan mengecewakan. Selain itu, kedua produk herbal ini juga akan membuat tubuhmu lebih sehat dan bugar.


5.  Daun Sirih


Daun sirih memang terkenal dengan kemampuannya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit luar maupun dalam. Sirih yang paling banyak ditemukan adalah sirih biasa yang berwarna hijau, namun sebenarnya sirih yang lebih manjur untuk pengobatan adalah sirih merah. Kau bisa menggunakan jenis sirih yang mana saja untuk meredakan batuk. 


Caranya, rebus beberapa lembar daun sirih, kemudian campurkan rebusan air ini dengan potongan jahe dan minumlah sehari sekali. 

Apabila kau menggunakan sirih merah, sebaiknya rendam saja dengan air panas mendidih, karena rasanya akan sangat pahit jika direbus.



Selain cara-cara alami yang telah disebutkan di atas, kau juga bisa menggunakan antibiotik. Yang perlu diingat adalah, batuk memang diperlukan untuk mengeluarkan dahak, maka penggunaan obat untuk meredakan batuk sangat tidak disarankan. 


Obat yang perlu dikonsumsi adalah obat pengencer dahak yang biasa disebut dengan ekspektoran. Konsumsilah obat yang mengandung guaiphenesin atau bromhexine. Kedua bahan tersebut dapat meredakan tenggorokan berdahak dengan efektif dan juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil. 


Tenggorokan berdahak bisa diatasi dengan meminum obat yang tersedia di pasaran, namun tetap ada beberapa hal yang perlu diwaspadai. Misalnya jika anda memiliki kondisi tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, gangguan pernafasan atau gangguan tiroid dan alergi terhadap bahan tertentu.  Dalam hal ini, anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan resep obat batuk berdahak yang tepat


Biasanya batuk akan hilang dalam waktu 2-3 minggu. Jika setelah periode tersebut batukmu masih belum hilang juga, maka sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter untuk mengantisipasi kemungkinan adanya penyakit yang menyebabkan batuk berdahakmu tidak kunjung sembuh. Dalam hal ini, mengunjungi dokter merupakan cara yang terbaik agar kau mendapatkan pemeriksaan yang menyeluruh.

.

tenggorokan berlendir


Demikianlah cara-cara yang bisa kau lakukan untuk mengatasi lendir dan dahak yang sangat mengganggu di tenggorokan. Sebaiknya selalu jaga kesehatan, karena kedua hal tersebut pada dasarnya merupakan penanda bahwa kondisi tubuhmu sedang tidak fit atau terlalu lelah. 


Usahakan untuk terhindar dari paparan asap dan debu dengan selalu menggunakan masker ketika berkendara menggunakan motor atau kendaraan umum. Semoga bermanfaat!

Terjawab hampir 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang