Apa perbedaan dari bir, wine, liquor, alkohol, wiski, rum, vodka, bourbon, stout, scotch, feni, champange, tequila, dan gin?

Dilihat 209 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Minuman alkohol merupakan minuman yang mengandung sejumlah besar etanol yang mengandung bahan psikoaktif, apabila diminum dalam jumlah tertentu maka akan mengakibatkan penurunan kesadaran.


Minuman alkohol biasanya dibagi menjadi tiga kelas yaitu bir, anggur, dan spirit dan biasanya mengandung kadar alkohol (ABV) antara 3% sampai dengan 40%. Minuman beralkohol jika diminum secara berlebihan akan menimbulkan gangguan mental organik (MGO), yaitu gangguan pada pola pikir merasakan, dan perilaku sehingga kesadaran tidak terkontrol atau mabuk. 


Perilaku yang demikian akan menimbulkan tindak kekerasan, tidak menilai realita yang ada, berbicara tidak terkontrol, berhalusinasi, mata merah, dan mudah tersinggung. Pada kasus yang parah pada peminum berat akan menyebabkan kematian karena terjadi keracunan pada tubuh.


Minuman beralkohol di berbagai negara dibatasi peredarannya hanya untuk batas usia tertentu atau dewasa. Terutama di Indonesia, minuman ini dilarang dan harus mendapatkan ijin dari aparat berwajib. Hal ini dikarenakan minuman beralkohol mempunyai efek samping yang dapat membahayakan bagi kesehatan dan juga bisa membuat orang untuk bertindak kriminal.





Macam-Macam Minuman Beralkohol


Minuman alkohol terbuat dari bermacam-macam buah atau biji-bijian dan sudah dikenal orang dari jaman dulu, minuman ini bisa untuk menghangatkan tubuh jika udara dingin terutama bagi negara yang mempunyai musim salju. 

Alkohol adalah minuman yang jika diminum secara berlebihan akan memabukkan dan hilang kesadarannya. Dilihat dari kandungan alkoholnya, fermentasinya, distilasinya, dan bahan yang digunakan, terdapat beberapa macam di antaranya:


minuman bir


  • Bir merupakan minuman alkohol yang dibuat secara spesifik dengan menggunakan campuran malt dan hops serta bahan tambahan lainnya. Minuman ini jika dicampur dengan wiski sangat berbahaya. Bir termasuk minuman yang memiliki kandungan alkohol rendah, jadi sebagai minuman beralkohol mereka tidak termasuk dalam definisi umum minuman keras. Stout merupakan salah satu jenis bir yang berwarna gelap hasil fermentasi dari jelai panggang.
  • Anggur atau wine (kadar alkohol 9-16% ABV) adalah minuman beralkohol hasil fermentasi anggur, dan kadang-kadang buah-buahan. Sama halnya dengan bir, anggur juga termasuk dalam minuman dengan kadar alkohol rendah. Champagne adalah salah satu jenis anggur yang dihasilkan dari dua kali proses fermentasi, sehingga anggur terlihat berkarbonasi, yang akhirnya disebut sparkling. Nama champagne sendiri berasal dari sebuah daerah di Perancis yang bernama Champagne.

minuman wine

  • Minuman alkohol yang termasuk kedalam golongan spirit (alias minuman keras atau minuman suling) adalah minuman yang dibuat melalui proses distilasi. Distilasi adalah proses lanjutan dari proses fermentasi minuman untuk memurnikan dan menghapus komponen seperti air. Hal ini membuat tingkat kadar alkohol mereka menjadi lebih tinggi sampai 40%. Yang termasuk kedalam minuman spirit adalah wiski, rum, brendi, vodka, dan tequila. 
  • Wiski merupakan minuman yang dibuat dari penyulingan gandum tumbuk yang telah difermentasi atau campuran biji-bijian (biasanya mengandung jelai, gandum, gandum hitam). Minuman seperti wiski dapat mengandung hingga 40% ABV. Dalam kata yang lebih sederhana, anda dapat berpikir spirit suling sebagai hasil yang lebih halus mengimbangi hasil minuman fermentasi yang lebih keras.
wiski


  • Bourbon minuman beralkohol yang merupakan variasi wiski berasal dari Amerika Serikat yang merupakan hasil distilasi dari biji jagung dan dipendam lama di dalam barel. 
  • Scotch merupakan variasi wiski yang berasal dari Skotlandia dimana dia mendapatkan nama itu. Scotch terbuat dari malt bahan dasar  jelai atau gandum yang direndam air dan biji-bijian. Grains bahan dasar gandum, gandum hitam, dan jagung. Scotch dapat berupa single malt (glenmorangie), malt campuran (chival regal), single grains dan grains campuran.
minuman alkohol

  • Rum merupakan minuman beralkohol hasil dari fermentasi dan distilasi dari molase (tetes tebu) atau air tebu.dari. Penyulingan dari air tetes tebu atau air tebu yang merupakan hasil distilasi dari cairan yang berwarna bening dan biasanya disimpan untuk mengalami pematangan di dalam tong yang dibuat dari kayu.
  • Vodka minuman beralkohol tinggi yang termasuk dalam golongan spirit biasanya dibuat dari penyulingan pati atau gula dari biji-bijian (gandum hitam, gandum, jagung) dan juga kentang. Namun ada beberapa jenis vodka yang terbuat dari buah-buahan, tetes gula, dan bahkan dari gula yang dikristalisasi yang difermentasi oleh ragi.
  • Gin adalah salah satu jenis minuman spirit yang bercita rasa buah juniper. Gin dibuat dari hasil penyulingan gandum tumbuk yang kemudian disuling kembali dengan rempah-rempah dan buah pohon juniper. Kadang bahan perasa ditambahkan untuk menambah rasa gin tersebut.
minuman alkohol

  • Feni merupakan minuman alkohol lokal yang berasal dari daerah Goa, India, yang terbuat dari kacang mete dan kelapa. Bahan dasarnya yang akan menentukan jenis feni tersebut (feni kacang mete atau feni kelapa).
  • Tequila adalah minuman alkohol yang berasal dari Meksiko. Minuman hasil distilasi ini terbuat dari hasil fermentasi tanaman agave biru yang tumbuh secara eksklusif di Meksiko. Tingkat kadar alkohol minuman ini biasanya berkisar antara 33% - 51% ABV. Biasanya Tequila disajikan dengan sepotong jeruk limau dan sedikit garam. Tequila juga merupakan bahan dasar dari minuman cocktails, seperti Margarita.
                 minuman alkohol


Secara umum, perbedaan yang paling mendasar dari setiap jenis minuman yang mengandung alkohol adalah pada produk mentahnya, dan proses fermentasi untuk mendapatkan alkoholnya. Fermentasi merupakan proses metabolisme yang mengubah gula pati menjadi asam, gas atau alkohol. Alkohol adalah minuman yang dapat menyebabkan kecanduan namun, jika anda tahu batasannya dan tidak mengkonsumsi terlalu berlebihan hal ini tidak terjadi.


Jangan biarkan alkohol mengendalikan Anda. Ingat, alkohol dimaksudkan untuk dikonsumsi oleh manusia, bukan sebaliknya. Jangan biarkan mereka yang mengonsumsi Anda. Kuncinya di sini adalah sikap yang tidak berlebih-lebihan.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang