Apa perbedaan dari lampu UV dan lampu LED untuk kuku?

Dilihat 1,39 rb • Ditanyakan 11 bulan lalu
1 Jawaban 1

Selama ini, kita ketahui bahwa fungsi utama lampu adalah sebagai penerangan. Ada banyak jenis lampu seperti lampu pijar, lampu halogen, lampu LED serta lampu UV. Semua jenis lampu tersebut mempunya fungsi utama sebagai penerangan, namun tidak untuk lampu LED dan UV. Tahukah anda kalau jenis lampu LED dan lampu UV bisa digunakan untuk kuku?    

Kedua jenis lampu ini mempunyai banyak kegunaan dan salah satunya dalam bidang kecantikan, khususnya untuk kuku. Dalam kehidupan sehari-hari, kita ketahui jenis lampu LED digunakan sebagai penerangan rumah, sebagai lampu penerangan jalan, serta digunakan sebagai backlight LCD (pada TV, display handphone dan monitor). Sedangkan lampu uv yang menghasilkan sinar ultra violet ini banyak digunakan sebagai sterilisasi untuk proses disenfectant pada penyaringan air untuk menjaga agar air tetap bersih dan steril.

Bagaimana dengan kegunaan kedua jenis lampu ini untuk kuku?

Kedua jenis lampu ini digunakan untuk mengeringkan gel manicure agar kuku yang sudah dipercantik bertahan lebih lama dari nail polish reguler (yang normalnya hanya bertahan selama 2-4 minggu dari goresan). Meskipun sama-sama berfungsi untuk mempercepat proses pengeringan gel manicure, ada perbedaan terhadap kedua jenis lampu yang digunakan untuk perawatan kecantikan kuku tersebut. Maka dari itu, biar saya jelaskan bagaimana perbedaan lampu UV dan Lampu LED yang digunakan untuk perawatan kuku.


Perbedaan Jenis Lampu LED dan Lampu UV Untuk Kuku


Kebanyakan produsen gel pemoles menjual lampu yang sesuai dengan produk mereka, dan biasanya anda akan mendapat hasil terbaik saat memakai lampu yang disediakan oleh produsen. Jika anda seperti saya, saya suka mencoba beragam merk, jadi saya lebih suka lampu-lampu berpenerangan besar yang akan cocok dengan kebanyakan merk. Seperti yang sudah disebutkan di atas, tidak semua pemoles diformulasikan untuk lampu LED, jadi anda harus mencocokkan dengan produsen pemoles untuk menentukan mana yang paling pas. Kebanyakan merk kini menawarkan produk yang mampu mengobati dengan lampu LED, dan ini menandakan adanya masa depan bagi gel pemoles yang dapat meresap. 


Perbedaan Utama Lampu Kuku UV dengan LED


  1. Lampu kuku UV itu bisa untuk semua merk cat gel, sedangkan lampu LED hanya untuk merk cat gel tertentu
  2. Lampu LED itu lebih cepat daripada lampu UV (LED 30 detik vs UV 2 menit)
  3. Lampu LED lebih mahal
  4. Bohlam lampu LED itu bertahan jauh lebih lama daripada lampu UV 


Kenapa UV dan LED Berbeda?


Cat kuku gel itu dirawat dengan gelombang ultraviolet (UV) yang mengenai molekul yang disebut photoinitiator dalam gel dan mengaktifkan mereka. Lampu UV mengeluarkan gelombang UV yang luas, karena itu lampu UV memakan waktu lebih lama dari LED walaupun bekerja untuk semua gel. Teknologi LED menggunakan gelombang UV yang lebih sempit yang mensasarkan photoinitiator tertentu dalam cat kuku gel supaya dirawat dengan lebih cepat.


Seberapa Aman Lampu UV dan LED Untuk Kuku?


Banyak orang yang mengkhawatirkan tentang potensi kerusakan atau efek samping dari penggunaan lampu UV. Kenyataannya, lampu UV di lampu kuku itu lebih minim dibandingkan aktivitas luar lainnya seperti berjalan kaki diluar, melakukan tanning di pantai, dll. Mayoritas dari lampu UV yang dimiliki lampu kuku adalah UV-A yang lebih aman untuk kulit anda daripada UV-B. Karena ada kekhawatiran tentang paparan sinar UV, lampu LED jadi dianggap lebih aman daripada lampu UV karena mereka membutuhkan waktu yang lebih sedikit – karena itu paparan sinar UV nya juga lebih sedikit. Perlu diingat kalau Lampu LED untuk kuku dengan Lampu LED untuk meja itu berbeda, karena lampu LED meja itu dikatakan dapat berbahaya untuk mata. Ada juga tindakan pencegahan keamanan yang bisa anda pakai dirumah dengan menggunakan lotion sunscreen d atas tangan anda, atau Sarung Tangan Anti-UV spesial seharga Rp 80.000,- harga yang termasuk murah untuk melindungi kulit anda! Masih ada banyak cara-cara lainnya untuk melindungi kulit anda dari paparan sinar UV.


                               


Saya lebih suka menggunakan lampu LED untuk proses penyembuhan yang lebih cepat. Saya juga selalu siap menyimpan lampu UV untuk sedikit gel pemoles yang tidak cocok dengan lampu LED, tapi saya nyaris tak perlu menggunakannya lagi. 

Dibawah ini ada beberapa rekomendasi lampu. Saya pribadi lebih suka lampu yang pas di tangan dan tidak di jari saja, karena menyembuhkan jari-jari secara terpisah membutuhkan waktu lebih lama. Saya juga merekomendasikan lampu yang memiliki jumlah watt karena bisa menyembuhkan dengan lebih cepat dan lebih baik. Lampu mini bertenaga 6-watt yang rendah yang ada di dalam starter kit biasanya tidak menyembuhkan dengan baik.  

Lebih jelasnya, kunjungi Apa perbedaan antara Lampu UV dengan LED untuk kuku?

Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang