Apakah perbedaan antara melukis dan memotret?

Dilihat 2,59 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Apa hobimu? Jika ditanya demikian, banyak remaja kekinian yang akan menjawab fotografi sembari memamerkan kamera seharga jutaan yang mungkin hanya digunakan untuk selfie atau memotret 'kopi mahal' mereka. Beberapa remaja lain yang lebih klasik mungkin akan menjawab bahwa mereka senang menggambar atau melukis, baik sekedar doodles (coret-coretan), kaligrafi, komik, atau abstrak luar biasa.


Sebagai salah satu hobi yang paling banyak digemari di dunia, tentu kita bisa mengatakan bahwa melukis dan memotret adalah dua hal yang berbeda, dari segi alat dan cara melakukannya.


Tidak hanya sekedar kanvas dan kamera, ada beberapa hal penting lainnya yang juga bisa dikatakan sebagai pembeda antara seni fotografi dan seni melukis sebagai sebuah aktivitas. Hal-hal ini adalah hal mendasar secara teori yang setidaknya perlu diketahui oleh orang-orang yang baru mulai memasuki dunia lukis dan fotografi.


Apa sajakah hal tersebut? Mari simak penjelasan di bawah ini.




Apa perbedaan mendasar antara seni fotografi dan seni melukis?



Secara harafiah, menggambar atau melukis adalah menorehkan suatu pigmen ke atas sebuah permukaan dengan menggunakan tangan atau alat. Sementara itu fotografi adalah menggunakan sebuah teknologi untuk membuat ulang sesuatu dalam bentuk 2 dimensi.

Dengan demikian, baik melukis maupun memotret, keduanya adalah sebuah kegiatan mengambil gambar dengan cara dan hasil yang berbeda.


Ketika seseorang melukis, ia menggunakan imajinasi dan inspirasinya. Pelukis dapat menciptakan gambar yang serupa dengan objek, misalnya pemandangan atau karikatur wajah. Dengan objek yang sama, pelukis lain dapat menciptakan gambar yang surreal dan abstrak. Namun demikian, mereka bisa menggunakan berbagai aspek seperti ketebalan garis, warna, dan media yang digunakan untuk mengekspresikan emosi dan imajinasi mereka.


Sementara itu, fotografer mendapatkan karyanya dengan menangkap sebuah momen, memanfaatkan cahaya, ketepatan waktu, sudut pengambilan gambar, dan aspek ekstrinsik lainnya untuk mengekspresikan emosi mereka dengan lebih sempurna.


Seorang artis hebat bernama Jay Maisel pernah mengatakan, "Jika kau mengunci seorang pelukis dan alat-alatnya dalam sebuah ruangan kosong, ia akan menciptakan sebuah lukisan. Jika kau kunci seorang fotografer dan kameranya di ruangan kosong, ia tidak bisa melakukan apa-apa."


Seni fotografi mendapatkan ide dan inspirasinya dari luar, sementara itu seni melukis mendapatkan inspirasinya secara murni dari hati dan imajinasi.


Analogi lainnya, melukis itu seperti menulis sebuah cerita fiktif dan penuh imajinasi, dan memotret itu seperti menulis sebuah artikel berita yang didasarkan pada sebuah kenyataan dan fakta.


Meskipun demikian, kedua hal tersebut tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Fotografi tidak mengancam seni lukis, demikian pula sebaliknya.



Perbedaan Fotografi dan Melukis dalam Teknik


1. Seni Fotografi.


Seni itu sendiri adalah suatu kegiatan yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan atau intisari dari kreativitas. Dalam seni fotografi, yang paling utama adalah dilihat dari komposisi kreativitas yang dihasilkan sehingga arti dan makna cerita bisa tersampaikan. 


fotografi

Teknik-teknik seni fotografi agar mengahsilkan gambar yang indah dengan menggunakan kamera DSLR adalah sebagai berikut:


  • Pahami tentang autofokus dengan benar, ada beberapa mode autofokus di antaranya mode single area, mode autofokus continuous, dan mode autofokus hybrid atau mode campuran. Jika ingin memotret benda bergerak gunakan mode continuous. Apabila memotret benda diam gunakan mode single dan jika kamu ingin memotret benda-benda dengan cepat maka gunakan model campuran atau hybrid.
  • Pengaturan shutter speed ini dilakukan dengan cara kecepatan buka dan tutup rana semakin besar angka satuan maka semakin cepat waktu rana dan cahaya yang didapatkan akan lebih sedikit. Misalnya kamu akan mengambil gambar benda bergerak diam maka kamu gunakan pengaturan setting shutter speed yang lebih tinggi. Untuk menghasilkan gambar yang indah, kamu bisa mempelajari shutter speed lambat dan agar gambar tidak kabur, bisa gunakan shutter speed rendah dengan menggunakan camera stand.
  • ISO adalah tingkat kesensitifan dari sensor kamera. Jika semakin tinggi ISO maka semakin sensitif sensor dan gambar yang dihasilkan akan lebih bercahaya. Pengaturan ISO sangat penting untuk menghasilkan gambar yang bagus dan indah sesuai dengan apa yang diinginkan.

cara melukis


Harap diingat, semua jenis kamera bisa digunakan untuk menghasilkan karya yang fantastis jika digunakan dengan tepat dan benar. Kemampuan adalah hal yang terpenting, alat hanyalah penunjang.



2. Seni Melukis 


Banyak yang mengagumi seni melukis karena seni yang satu ini dihasilkan dari imajinasi dan kreativitas tangan dalam mengolah gambar dan warna sehingga lukisan akan tampak benar-benar hidup, sedikit orang yang bisa melakukannya. 

Sama seperti fotografi, teknik dan kemampuan melukis adalah hal yang paling utama. Beberapa teknik melukis paling populer adalah sebagai berikut:


  • Teknik melukis dengan menggunakan cat air atau yang kita kenal dengan aquarel dan sapuan, teknik ini menggunakan warna yang tipis sehingga lukisan yang didapatkan terkesan tembus pandang atau transparan. Agar lukisan terlihat bagus dan indah, sebaiknya gunakan cat air yang bagus, kertas aquarel, dan kuas khusus cat air dari perushaan ternama, misalnya merek pagoda atau merek lain yang setara atau lebih tinggi.

teknik melukis


  • Teknik plakat, yaitu cara melukis dengan menggunakan cat minyak atau akrilik dengan sapuan warna yang tebal dan kental sehingga menghasilkan lukisan yang tampak pekat dan menutupi seluruh media. Teknik lukisan ini biasa digunakan oleh pelukis profesional dengan menghasilkan lukisan yang bernilai ekonomi tinggi.
  • Teknik spray, yaitu melukis dengan cat disemprotkan pada media yang digunakan dengan menggunakan alat sprayer. Hasil lukisannya lebih visual dan lukisan ini biasa digunakan untuk  part mobil, casing handphone, papan reklame, dan sebagainya.
  • Teknik tempra, yaitu melukis pada tembok sehingga menyatu dengan ilmu arsitektur dan menghasilkan gambar atau lukisan yang bagus biasanya digunakan pada hiasan dinding taman atau ruang tamu. 
           teknik mengambil foto


Sebenarnya masih banyak lagi teknik seni melukis yang bisa digunakan, tergantung dari kreativitas dan keinginan pelukis itu sendiri. Media lukis tidak terbatas, semua benda bisa dijadikan kanvas oleh mereka.


Seperti yang kita lihat, satu-satunya perbedaan yang nyata adalah sesuatu yang membuat kebebasan seniman untuk mengekspresikan apa yang dia coba untuk ungkapkan dengan cara yang paling efisien dan efektif. 

Seni fotografi memiliki pasar dan generasinya tersendiri. Di sisi lain, demikian pula dengan seni melukis yang tetap menjadi karya seni bernilai tinggi.

Beberapa ide hanya dapat diungkapkan melalui lukisan, beberapa lainnya hanya melalui fotografi. Setiap seniman memiliki pandangannya masing-masing.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang