Apa perbedaan musik pop punk dan musik punk rock?

Dilihat 6,96 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali jenis musik yang terkenal diseluruh dunia, sebut saja musik pop, jazz, hip hop, rock, indie, metal, punk, dan masih banyak jenis musik yang lainnya. Setiap jenis musik biasanya mempunyai karakteristik dan juga latar belakang yang berbeda, ada yang karakternya lembut dan menenangkan seperti musik pop atau klasik. 


Terdapat juga beberapa musik yang beraliran keras seperti musik metal, punk, dan rock. Namun kedua jenis musik ini tetap memiliki penggemarnya tersendiri, yang merasa bisa mengekspresikan perasaan mereka lewat musik. 

Perkembangan jenis musik ini memang tidak semulus seperti kesuksesan musik pop di dunia, kadang musik ini juga disebut musik yang kontroversial tetapi tetap lestari dan bertahan hingga sekarang. 


Salah satu jenis musik yang memiliki aliran keras adalah musik punk. Musik ini memiliki karakteristik yang sama dengan musik metal ataupun musik rock namun lebih sederhana dari kedua jenis musik tersebut. Musik metal dan rock lebih mengutamakan teknik bermain musik yang rumit, sedangkan musik punk lebih mengandalkan lirik yang mendalam. 


Untuk itu sebagian orang sangat menyukai jenis musik punk karena isi dalam liriknya dianggap mampu mewakili perasaan dan kehidupan mereka.


musik punk rock



Sejarah Musik Punk di Dunia


Sejarah musik punk sering dikaitkan dengan gaya hidup anak punk yang mendapatkan pengaruh dari Negara Inggris. Sejarah musik punk dimulai di era tahun 1970-an. The Clash adalah grup band dari Inggris yang merupakan grup band pertama yang mengusung aliran musik ini. Mulai dari sanalah musik punk mulai menyebar keseluruh penjuru dunia bersamaan dengan pengaruh gaya hidupnya yang dianggap menuai kontroversi. 


Namun jangan anggap remeh para komunitas punk ini, buktinya mereka bisa mencurahkan apa yang mereka rasakan melalui musik punk yang mereka ciptakan sendiri. Ternyata mereka juga cukup cerdas dalam berkarya melalui musik untuk mencurahkan kehidupan mereka sebagai orang pinggiran. 


sejarah musik punk rock


Pada tahun 1990 beberapa grup musik di Indonesia mulai terbentuk dan banyak disukai oleh masyarakat terutama anak-anak muda. Diantaranya seperti band Marjinal yang terbentuk pada tahun 1997, lagu-lagu mereka terkadang bertemakan tentang cinta tetapi lebih banyak mengusung tema-tema politik, kritik pemerintah, dan juga kehidupan orang pinggiran. 


Selain band Marjinal terdapat juga grup band punk rock asal Indonesia yang tidak kalah terkenal yaitu band Superman is Dead, walau nama dari band ini sangat aneh namun mereka banyak mendapatkan penghargaan musik dari dari hasil karya mereka.


band punk rock



Perbedaan Musik Pop Punk dengan Punk Rock


Banyak orang yang merasa kebingungan dengan perbedaan antara musik punk rock dan juga pop punk, padahal keduanya memang saling berkaitan dan memiliki sedikit sekali perbedaan dalam hal musik dan juga liriknya. Musik punk rock adalah sebutan umum untuk aliran musik yang termasuk cabang dari genre musik rock yang dikenal pada era 70-an. Musik punk rock hadir setelah beberapa album produksi musik beraliran rock pada era 60-an dikomersilkan. 


Musik punk rock lebih mengutamakan pelampiasan hati atau curhatan hati melalui liriknya daripada teknik bermusik yang umumnya ada pada jenis musik rock. Sehingga mudah membedakan musik punk rock dengan musik rock, musik punk rock lebih menggunakan struktur musik yang sederhana meniru garade rock yang muncul pada tahun 1960-an. 


konser musik punk rock


Musik punk rock cukup mudah diterima masyarakat dunia sebagai bagian dari khasanah musik yang penggemarnya didominasi kaum muda. Musik punk rock menjadi naungan bagi berbagai aliran musik lainnya termasuk menjadi asal mula munculnya jenis musik pop punk. Untuk itu memang sulit membedakan keduanya jika anda memang tidak mengetahui tentang karakteristik musik yang mendahuluinya. 


Dari namanya kita bisa simpulkan bahwa musik punk rock masih menggunakan beberapa teknik bermain musik tetapi tidak serumit yang terdapat dalam musik rock dan juga metal. Sedangkan musik pop punk adalah jenis musik yang murni mengandalkan musik sederhana dan monoton yang memang dikenal sebagai karakteristik musik pop. 


Perbedaannya, dalam musik pop punk lebih mengandalkan lirik musik yang mengungkapkan isi hati mereka seperti kritikan terhadap pemerintah, persahatan, kehidupan masyarakat pinggiran, cinta, dan yang lainnya.


Bagaimana? Apakah anda masih bingung dengan perbedaan antara pop punk dan juga punk rock? Mereka memang saling berhubungan, tepatnya pop rock merupakan salah satu hasil dari munculnya jenis musik punk rock. 


Namun seiring berjalannya waktu, dengan terus mendalami tentang perbedaan setiap karakter jenis musik, anda pasti akan dengan mudah membedakan keduanya. 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang