Apa perbedaan umum antara lukisan pemandangan romantis Inggris dan Jerman?

Dilihat 779 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pergerakan romantisisme itu sendiri sebenarnya berawal di Jerman ketika para seniman menunjukkan minat yang tinggi atas apa yang terjadi di masa lalu. Ide-ide mengenai abad pertengahan ini banyak menampilkan keselarasan antara manusia dengan lingkungan sekitar. Seni lukis romantisme Jerman banyak mengangkat tema pemandangan seperti wilayah pedesaaan, pegunungan, dan juga motif-motif kesedihan yang digambarkan dalam bentuk reruntuhan ranting dan dedaunan.


Tema romantisme Jerman secara umum sangat relijius di mana manusia terus-menerus diingatkan secara tersirat akan dunia yang fana ini. Dalam perkembangannya, seni romantisme Jerman mempengaruhi kemunculan pergerakan seni romantis di Spanyol. 


Salah satu tokoh utamanya adalah Francisco d Goya yang ide-idenya lebih menonjolkan suatu teror alih-alih rasional, fantastis dan imajinatif. Lukisan romantisme sampai sekarang mendapat tempat yang istimewa di tangan para kolektor dan museum-museum besar di seluruh dunia.


lukisan romantisme 1

Sementara itu aliran romantisme mengalami perkembangan pesat di Inggris sejak William Turner mempopulerkan pemilihan warna dan sapuan kuas yang unik. Salah satu masterpiece-nya berjudul "Snowstorm: Steam Boat off a Harbour’s Mouth” memberi pengaruh yang luar biasa pada aliran seni lukis abstrak modern. 


Dibandingkan dengan lukisan-lukisan Inggris, lukisan Jerman nampak lebih muram dan dramatis dengan pesan-pesan kebangsaan dan keagamaan yang sangat kuat. Di Inggris sendiri lukisan-lukisan yang mengarah ke suasana mistik nampak lebih populer.


Akhir abad 18 ditandai oleh banyak peristiwa besar antara lain revolusi budaya, ekonomi, dan politik sehingga ketegangan di masa itu membuat beberapa seniman berupaya menghidupkan kembali apa yang disebut sebagai gerakan romantisme. Aliran romantisme muncul karena berbagai faktor sosial budaya yang melatarbelakanginya. Kejenuhan akan fokus yang berlebihan terhadap logika dan sains membuat para seniman ini lebih memperhatikan pada perasaan, imajinasi dan keunikan ide dari setiap individu.


lukisan romantisme 2

Lukisan Pemandangan dan Lukisan Romantis dari Jerman dan Inggris


Lukisan era klasik atau romantis di Jerman dan Inggris menunjukkan kemajuan yang sangat pesat dan sekaligus ada perbedaan mendasar di antara keduanya. Baik seni lukis aliran romantisme Jerman dan Inggris sama-sama memberi pengaruh yang cukup besar bagi perkembangan seni lukis di negara-negara lain seperti Perancis dan Spanyol. Seperti disebutkan di atas, seni lukis Romantis Jerman dengan nuansa gotik saling mempengaruhi sementara kemunculan seni lukis abstrak sangat dipengaruhi oleh lukisan-lukisan dari ranah Inggris.


Masa-masa romantisme boleh jadi merupakan masa yang sangat kompleks karena di sini pembauran yang sebenarnya antara pemikiran klasik, mistis, ide-ide keagamaan dan juga ide-ide rasionalisme menemukan tempatnya. 

Kompleksitas inilah yang membuat para kritikus dan pengamat seni lukis baik di Jerman maupun di Inggris kesulitan menentukan definisi yang tepat untuk kata romantisme itu sendiri. Aliran romantisme bagaimanapun berpengaruh besar terhadap kemunculan dan perkembangan aliran-aliran lain sejak abad 18.


Ketertarikan pada hal-hal yang bersifat aneh dan eksotik menjadi ide sentral pada perkembangan seni lukis romantis Jerman. Alam yang dianggap berbahaya mencoba ditaklukkan dan dipersepsi secara emosional melalui sapuan kuas dan pemilihan warna, sehingga memberikan hasil lukisan pemandangan yang indah dan mengesankan. Lukisan romantisme di masa-masa awalnya menjadi bentuk pelarian yang menyenangkan dari kejenuhan orang-orang Eropa atas situasi ekonomi, politik dan budaya di sana sebagai akibat dari revolusi.


lukisan romantisme 3



Perbedaan Lukisan Potret, Lukisan Pemandangan, dan Lukisan Romantis



Seni lukis terus berkembang dari masa ke masa. Lukisan potret bertujuan menggambarkan subyek lukisan secara visual dan dalam perkembangannya banyak diterapkan pada berbagai media antara lain fotografi, media digital, etsa, dan litografi. Di masa lalu, lukisan potret menjadi sesuatu yang sangat mahal dan mewah karena hanya orang-orang kaya dan berstatus sosial tinggi saja yang mampu menjangkau harga lukisan-lukisan potret.


Namun seperti apakah perbedaan lukisan potret dan pemandangan, serta lukisan romantis?


Lukisan potret yang menitikberatkan pada fokus individual atau unik ini tentu berbeda dari lukisan pemandangan. Di dalam lukisan pemandangan, sebuah landskap diambil untuk mendapatkan visual yang lebih utuh atas sebuah panorama alam ataupun sebuah pemandangan sosial. Tantangan di dalam melukis potret adalah menampilkan detail struktur secara teliti dan unik sehingga emosi pada setiap guratan atau sapuan kuasnya bisa terasa.


Sementara itu lukisan romantisme memberi kesan yang mendalam atas suatu nostalgia di masa yang jauh di mana emosi bisa begitu terasa pada setiap pemilihan warna dan sapuan kuasnya. Lukisan romantis berusaha menghadirkan satu suasana utuh di masa lalu sebagai bentuk yang diidealkan.


lukisan romantisme  4



Bagaimanakah perbedaannya dengan lukisan Cina?


Seni lukis di Cina sudah berkembang selama ribuan tahun bahkan jauh lebih tua dibandingkan dengan perkembangan seni lukis di Eropa. Keunikan ide dalam lukisan Cina adalah penekanan pada harmoni antara manusia dan kosmos serta terganggunya suatu dinamika di alam semesta. 


Lukisan Cina umumnya mengekspresikan pergerakan internal suatu makhluk secara unik dan indah. Subyek lukisan Cina antara lain masyarakat, pemandangan, mamalia, burung dan bunga, bambu, arsitektur dan lain-lain.


Poin-poin penting di dalam seni lukis Cina antara lain susunan secara umum dan arah baik itu turun, naik, tersokong dan lain-lain. Kemudian kepadatan dan pertemuan menjadi pakem tersendiri terutama bagi para pendukung aliran seni lukis pemandangan Cina klasik. Selanjutnya adalah vakum, vakum ini bisa merepresentasikan unsur-unsur penting seperti tanah, air, awan, dan langit. Keberadaan vakum memungkinkan penonton mendapatkan proyeksi dunia yang luas dan bahkan tak terbatas dengan tanah lapang untuk mendukung imajinasi. 

 

Tak lupa setiap lukisan memiliki judul atau prasasti sekaligus tanda khusus dari sang pelukis. Berbeda dari lukisan-lukisan Inggris maupun Jerman, lukisan pemandangan Cina kerap disertai dengan kaligrafi yang indah. Lukisan-lukisan pemandangan baik di Jerman maupun di Inggris nampak lebih real dan pada perkembangan selanjutnya menunjukkan kecenderungan yang lebih abstrak lagi.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang