Apa perbedaan utama antara motor balap dan motor biasa, padahal sama-sama memiliki CC mesin yang sama?

Dilihat 672 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Perkembangan teknologi otomotif khususnya mesin motor, telah menggeser trend dan kebiasaan masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia umumnya, karena kemajuan teknologi maka terciptalah motor-mptor balap yang kecepatannya lebih cepat dari motor biasa. Munculnya sepeda motor balap dapat memberikan kepuasan bagi penggemar motor balap sehingga mereka dapat melakukan kegiatan balapan yang selama ini digandrunginya.

Berbeda dengan sekarang yang masyarakatnya telah beralih untuk balapan dengan menggunakan mesin motor balap. Mereka menggunakan mesin tersebut yang memang dirancang oleh pabrik atau produsen untuk balapan, seperti Motor GP dan World Super Bike. Ada juga mereka yang mengubah dari mesin motor biasa menjadi mesin motor untuk balapan, seperti motor road race di Indonesia.

Produsen atau pabrikan motor yang ikut bersaing di pasaran Indonesia cukup banyak, dengan menawarkan berbagai jenis dan bentuk sepeda motor, sehingga sangat diminati oleh semua kalangan baik tua, muda, ataupun remaja. 

Dengan adanya berbagai jenis dan bentuk sepeda motor, bagi para penggemar otomotif dan balapan, menjadi hal yang sangat menarik bagi mereka untuk memodifikasi motor biasa sesuai kebutuhan jenis balapan, baik untuk di jalanan yang rata atau pun di jalan yang terjal bahkan di lumpur sekalipun. 

Berkenaan dengan hal tersebut, apakah perbedaan dari motor biasa dengan motor yang memang diproduksi sebagai motor balap?



balapan motor




Apa Perbedaan Utama Antara Motor Balap dan Motor Biasa?



Perbedaan utama antara sepeda motor balap dan motor biasa walaupun memiliki besar cc yang sama antara lain adalah: 


  • Tentunya sepeda motor balap harus menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar dan putaran yang jauh lebih tinggi karena motor balap membutuhkan kecepatan agar tarikannya kencang.
  • Motor biasa atau motor harian harus menghasilkan kenyamanan, karena hasil perpaduan dari tarikan mesin dan tenaga sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama dengan tidak banyak melakukan tekanan yang tinggi, dan tidak cepat panas.
  • Motor balap mempunyai lubang klep yang lebih lebar dan pendek sehingga putarannya lebih cepat dan pembukaan katup yang dapat menyediakan aliran bensin yang lebih cepat untuk pembakaran, karena memang sepeda motor balap harus banyak melakukan pekerjaaan dibanding motor biasa dalam rentang waktu yang sama dan juga perpindahan gigi pada motor balap jauh lebih dekat.
  • Motor yang biasa bisa memiliki lubang yang jauh lebih panjang dan sempit, sehingga menghasilkan tarikan mesin yang lebih baik serta katup keluar masuk yang lebih kecil, hal ini bertujuan untuk mengirit bahan bakar. 
  • Mesin motor balap biasanya akan cepat rusak karena sistem kerjanya sangat cepat sehinggga mesin akan cepat terkikis dan akhirnya rusak. 

Demikian perbedaan utama dari sepeda motor balap dengan motor biasa, kamu bisa memilih kendaraan mana yang lebih baik digunakan dan hal ini tentunya sesuai dengan kebutuhannya.


motor biasa


Macam-macam Jenis Kejuaraan Sepeda Motor


Balap motor biasanya dilakukan di jalan yang lurus, banyak belokan, dan jalan lumpur. Jenis-jenis kejuaraan sepeda motor yang dilombakan adalah sebagai berikut:

  • Road Racing, balapan ini dikenal dengan balapan jalanan pada awalnya dilakukan di jalanan umum dan merupakan balapan yang sangat digemari oleh para remaja, Peserta melakukan start di belakang garis start yang menggunakan tanda start dengan nyala lampu. Ketika lampu menyala, maka para pembalap memacu motornya dengan kencang untuk sampai garis finish dalam waktu yang cepat, sehingga siapa di antara pembalap yang memerlukan waktu paling sedikit untuk mencapai garis finish dialah yang keluar sebagai pemenangnya.
  • Land speed merupakan balapan tunggal yang dilakukan oleh seorang pembalap tunggal dengan mengendarai motornya dengan trek yang lurus dengan jarak satu hingga tiga mil, umumnya dilakukan di sebuah danau yang kering. Balapan ini juga mengandalkan kecepatan untuk melewati lintasan tersebut agar mendapat waktu tercepat dan dapat melewati catatan rekor sebelumnya. 
  • Drag Race, dikenal dengan balap motor cepat, biasanya sepeda motor balap ini menggunakan mesin motor biasa yang telah diberi sedikit modifikasi agar sepeda motornya dapat melesat saat dipacu. Balapan ini terdiri dari dua peserta dengan start di belakang sebuah garis, dan tanda start menggunakan cahaya lampu. Lintasan yang digunakan biasanya sepanjang seperempat mil atau 400 meter. 

motor balap


  • Hill Climb  balapan ini menggunakan motor yang dimodifikasi khusus dengan swing arm yang lebih panjang dan ban khusus setelan motocross. Lintasan yang digunakan biasanya menaiki bukit yang berlumpur, dan pemenangnya adalah peserta yang dapat mencapai puncak tertinggi, atau yang tercepat sampai di bukit. Balapan ini termasuk perlombaan yang cukup menantang. 
  • Balap Motor Enduro. Balap motor jenis ini lebih fokus pada pengumpulan nilai yang harus diraih oleh pembalap tanpa memperhatikan waktu tempuh. Hal ini dikarenakan balapan tersebut memerlukan waktu yang lama hingga beberapa hari karena lintasannya sangat jauh, bisa mencapai hingga ribuan mil. Pemenang balapan ini adalah peserta yang mampu mencapai tempat tujuan pada waktu yang telah ditentukan. Event Balapan Enduro seperti ini biasa diadakan oleh The Iron Butt Association. 
  • Sirkuit racing atau balapan sirkuit merupakan balapan yang dilakukan dengan motor-motor produksi massal yang dirancang khusus untuk balapan. Seperti balapan motor World Super Bike (WSB), menggunakan motor produksi massal yang dijual bebas dan mendapatkan modifikasi sesuai ketentuan. . 

arena balap


  • Balapan Motocross, balapan yang satu ini sangat menarik untuk ditonton karena menggunakan lintasan yang sangat menantang, yaitu medan yang berlumpur dengan beberapa tanjakan yang ketinggiannya yang bervariasi, sehingga motor para pembalap bisa seolah terbang saat melewati tanjakan. 
  • Balapan Supermoto,  balapan jenis ini merupakan gabungan balapan antara balapan jalanan dan motocross. Motor balapan ini biasanya menggunakan motor jenis motocross, namun dengan menggunakan ban jenis ban balap motor jalanan. Lintasannya pun perpaduan antara jalanan dan trek tanah yang berlumpur.  
  • Balapan Motor Trial. Balapan motor trial merupakan balapan yang menggunakan motor rancangan khusus dengan bobot yang ringan dan shockbreaker yang lentur dan fleksibel. Pembalap harus mampu melintasi berbagai macam rintangan yang sengaja dibuat seperti tumpukan ban, tumpukan drum, kotak, atau lainnya. Selain rintangan buatan, balapan ini juga menggunakan rintangan alam seperti rintangan batuan cadas atau jalanan menanjak terjal dan berbahaya. Pembalap yang mampu melewati rintangan-rintangan dengan paling sedikit kesalahan akan keluar sebagai juaranya. 

Itulah beberapa jenis balapan sepeda motor yang menggunakan sepeda motor hasil modifikasi atau rancangan khusus untuk balapan. 



Kesimpulannya, perbedaan utama antara motor balap dengan motor biasa walaupun memiliki cc yang sama dapat dilihat dari perbedaan mesin yang digunakan dan jangka waktu pemakaiannya yang berbeda. Biasanya, motor biasa digunakan pada waktu yang lama sehingga tidak memerlukan kecepatan tinggi dan yang terpenting kenyamanannya, sedangkan motor balap membutuhkan kecepatan tinggi agar selalu di depan dan biasanya mesin motor balap memerlukan perbaikan dan perawatan yang terus menerus.


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang