Apa contoh naskah pidato singkat yang bagus?

Dilihat 1,13 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Berbicara di depan orang banyak merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi orang yang baru pertama kali melakukannya. Tetapi biasanya seseorang yang memiliki sebuah jabatan sering melakukan pidato di depan banyak orang sehingga berpidato bukanlah hal yang sulit lagi bagi mereka. Pidato adalah ungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada banyak orang dengan tujuan tertentu. 


Namun dalam melakukannya tetap saja harus dipersiapkan secara matang agar pidato tersebut bagus saat disampaikan di depan penonton. Pidato biasanya disampaikan pada acara perpisahan, dalam sebuah acara, sosialisasi, dan lain sebagainya. Tujuan dari pidato sendiri adalah untuk mengajak, mengumumkan, atau merangkul para pendengar untuk melakukan sesuatu melalui pidatonya. 


Kemampuan seseorang dalam berpidato juga tidak hanya dilihat dari isi pidatonya tetapi dari caranya menyampaikan pidato di depan banyak orang. Untuk itu kemampuan seseorang dalam berpidato akan terasah saat orang tersebut memang akrab dengan dunia pidato yang akan membuatnya tidak asing dengan kegiatan ini. 


Pengertian pidato

Langkah-langkah Membuat Pidato Singkat


Dalam membuat pidato terdapat beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Langkah-langkah tersebut penting untuk disusun sebelum kita melakukan pidato. 


Berikut adalah beberapa langkah dalam membuat naskah pidato singkat agar kamu mudah menguasainya secara matang:


1. Menentukan Tema 


Menentukan tema atau topik dalam berpidato adalah hal penting yang akan mendasari pidatomu nantinya. Carilah topik yang bagus untuk pidato singkat yang akan kamu lakukan, biasanya kamu akan mendapat tema setelah mengetahui tujuan acara yang akan menjadi tempat kamu berpidato. 


Misalnya dalam pidato perpisahan sekolah, maka tema yang bisa kamu ambil adalah pidato tentang perpisahan sekolah yang di dalamnya menceritakan tentang kesan saat kamu berada di sekolah tersebut.



2. Mengumpulkan Bahan untuk Berpidato


Mengumpulkan beberapa data yang dibutuhkan seperti berita yang berhubungan dengan pidatomu, ataupun pengetahuan yang berhubungan dengan pidato yang akan kamu sampaikan. 


Bahan ini akan sangat berguna agar pidatomu terlihat lebih berbobot dan pendengar akan berpikir bahwa kamu memiliki pengetahuan yang luas. 


Pidato singkat


4. Membagi Tahapan dalam Pidato


Langkah berikutnya dalam membuat pidato singkat adalah membagi beberapa tahapan dalam pidato. Tahapan dalam pidato seperti pembukaan, ucapan terimakasih, penyampaian tujuan, penyampaian isi, sampai pada tahap penutup. 


Kamu harus segera memutuskan apa yang akan kamu bahas dalam tahapan pidato tersebut secara terperinci agar kamu tidak akan keluar dari tema pembahasan saat kamu berpidato. 



3. Membuat Naskah Pidato


Membuat naskah pidato singkat sebenarnya adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Walaupun kamu yakin bahwa semua yang akan kamu sampaikan sudah ada di dalam pikiranmu, tapi membuat naskah pidato singkat harus tetap dilakukan. 


Lakukanlah dengan tepat seperti menempatkan kata-kata untuk pembukaan, isi, dan penutup dalam pidato. Saat diatas panggung kamu bisa melakukan improvisasi salah satunya dengan memberikan humor dalam pidatomu agar penonton tidak merasa bosan atau jenuh. 


Mengenai pembuatan naskah pidato singkat memang bisa membingungkan bagi sebagian orang yang baru memasuki dunia pidato. Sebenarnya banyak sekali contoh pidato singkat yang berisi humor yang biasanya akan memberikan kesan kepada penonton. 


Selain itu pidato singkat yang paling bagus memiliki isi dan tujuan yang mudah dipahami oleh para penonton. Kita bisa belajar membuat naskah pidato singkat dari beberapa orang-orang besar di negara kita seperti contoh sambutan singkat yang dilakukan oleh presiden, menteri, ataupun tokoh-tokoh penting lainnya. 


Tetapi terkadang contoh sambutan singkat yang baik juga datang dari beberapa orang biasa tetapi memiliki bakat dalam berbicara dengan baik di depan banyak orang. 


Saya akan memberikan contoh pidato singkat yang saya sampaikan dalam sebuah acara sambutan dalam perpisahan tim sepak bola. 


Saat itu saya ditunjuk untuk melakukan pidato sambutan singkat dan ini adalah naskah pidato yang saya sampaikan di depan semua orang:


Contoh naskah pidato singkat

"Salam Sejahtera untuk Semuanya,


Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang membantu saya sampai disini. Terimakasih juga kepada semua pihak yang berhasil menyelenggarakan acara ini demi tim kami. Terimakasih juga atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan sambutan di hari yang bersejarah ini. 


Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan ucapan terimakasih kepada orang-orang yang sangat berjasa dalam kehidupan saya.

 

Pertama-tama saya ingin mengucapkan terimakasih kepada ayah saya, beliau telah meninggal pada tahun 1999. Dia merupakan bagian penting dari karir saya. Dia memberikan saya kebebasan dan mengatakan kepada saya, kejarlah impianmu dan jangan mengambil jalan pintas. Dia juga mengatakan kepada saya untuk menjadi manusia yang baik. 


Kepada Ibu saya, saya tidak tahu bagaimana dia bisa menghadapi seorang anak yang nakal seperti saya selama ini. Dia menjaga saya agar selalu sehat. Dia selalu mendoakan bahkan sebelum saya memulai karir saya dan saya pikir doanya memberikan saya kekuatan. 


Saya juga ingin menyampaikan terimakasih kepada saudara-saudara saya Tina, Aji, dan Avita yang selalu percaya pada saya bahwa saya bisa melakukan sesuatu dengan baik dan bisa mewujudkan impian saya.

 

Hal paling indah yang saya alami terjadi di tahun 1991, ketika saya bertemu dengan istri saja, Rahma. Ketika kami memutuskan untuk membangun sebuah keluarga, dia berkata, "Teruslah bermain sepak bola dan saya akan menjaga keluarga kita". Tanpanya saya rasa saya tidak akan bisa memainkan banyak permainan sepak bola dengan baik. Terima kasih untuk segala hal yang sudah kamu lalukan. Kamu adalah teman hidup terbaik yang pernah saya miliki. 


Karir saya dimulai ketika saya berusia 11 tahun. Saudara laki-laki saya membawa saya ke tuan Artana yang merupakan seorang pelatih sepak bola terbaik dan itu adalah hal terbaik yang pernah saya alami. Saya sangat senang melihat tuan Artana berdiri di depan saya. 


Dia membawa saya dengan motornya jauh ke kota hanya untuk memastikan saya mendapatkan latihan yang cukup. Dia jarang memuji saya agar saya tidak merasa puas diri. 


Terima kasih untuk semua dokter dan pelatih. Tanpa usaha kalian, saya tidak akan cukup sehat untuk terus bermain Sepak bola. 


Saya juga ingin mengucapkan terimakasih atas perhatian dan dukungan yang selalu diberikan oleh teman-teman saya. Di masa-masa sulit,  teman-teman saya selalu hadir dan mengingatkan saya tentang pentingnya berusaha lebih keras lagi. 


Saya tahu dalam kehidupan saya tidak pernah luput dari kesalahan yang saya lakukan. Saya meminta maaf jika selama ini saya melakukan kesalahan yang terkadang tidak saya sadari. Saya akan selalu berdoa untuk kemajuan olahraga sepak bola Indonesia, semoga akan selalu berprestasi dalam mencetak kemenangan atas nama negara kita." 




Itulah salah satu pidato sambutan yang pernah saya sampaikan dalam perpisahan tim sepak bola di kota tempat saya tinggal. Momen tersebut sangat mengharukan bagi saya dan saya merasa bahwa pidato yang saya sampaikan sangat sederhana.

 

Anehnya, teman-teman saya berkata bahwa itu adalah pidato sambutan singkat yang terbaik bagi mereka. Saya rasa itu karena perasaan kita perpadu dengan perasaan haru akibat perpisahan yang akan kita lalui. 


Semoga contoh sambutan pidato tersebut bisa memberikanmu inspirasi untuk membuat pidato versimu sendiri! 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang