Apa pro dan kontra mengambil program SLE (Structured Liberal Education ) ketika menjadi mahasiswa CS di Stanford?

Dilihat 1,18 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ketika akhir pekan, saya mencoba untuk memutuskan apakah mengambil program SLE (Structured Liberal Education). atau IHUM (Introduction to the Humanities) 

Saya bertukar pikiran dengan mahasiswa SLE dan bertanya pendapat mereka tentang SLE dan IHUM, dan terlihat mereka sangat senang serta sangat menikmati program SLE. Saya juga mencoba berbicara dengan mahasiswa IHUM dan mengajukan pertanyaan yang sama,- apakah saya harus memilih SLE atau IHUM -, dan ternyata para mahasiswa itu banyak yang megeluhkan tentang program IHUM. Karena tidak ada satupun orang yang menyarankan saya untuk tidak mengambil SLE, maka ya saya mantap untuk mengambil program ini. 


Ketika saya di SLE, 30 orang mengambil jurusan CS (termasuk saya). Saya adalah angkatan 2012, jadi jumlah mahasiswa yang mengambil jurusan CS (Computer Science) jauh lebih kecil dibandingkan saat ini. Saya telah mendengar bahwa banyak mahasiswa yang mengikuti program SLE mengambil jurusan CS dan engineering sebagai pilihan mereka ketika di Stanford. Jadi, jangan khawatir kamu akan merasa sendirian sebagai mahasiswa CS ketika mengikuti SLE. Dan juga jangan merasa khawatir bahwa kamu akan ketinggalan mata kuliah di CS, disebabkan karena kamu mengikuti program SLE. Kemungkinan besar kamu harus mengambil kelas program CS106A/B dulu sebagai permulaan. Kemudian kamu harus ambil kelas CS107sebelum berlanjut ke kelas-kelas program sistem berikutnya. Dan mungkin kamu harus ambil kelas program CS103 dan CS161 sebelum mengambil beberapa kelas teori dan juga ikuti kelas program CS109 sebelum melangkah ke kelas diatasnya. Dengan kata lain, sangat kecil sekali adanya peluang/kesempatan di tahun pertama untuk mengambil lebih dari 1 atau 2 kelas sekaligus per kuartal meskipun kamu sangat menginginkannya. (Saya melakukannya, mengambil 1-2 kelas per kuartal. Jika saya mengambil lebih dari dua kelas sekaligus bisa jadi akan ada jadwal yang bersamaan satu sama lain, namun tidak selalu seperti itu ), jadi dapat disimpulkan bahwa sebagai mahasiswa CS, hambatan tidaklah terlalu besar kalau kamu ingin mengikuti program SLE. 


Saya tidak bisa menjelaskan panjang lebar mengenai SLE. SLE adalah salah satu program kemanusiaan yang telah berjalan begitu lama. Ada beberapa program Western Civilization, Western Culture, IHUM, dan sekarang Thinking Matters ( dan sepertinya ada program lain yang mungkin terlewatkan oleh saya ). Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa SLE adalah program yang tetap bertahan walaupun banyak program lainnya yang datang silih berganti. Banyak orang di Universitas yang mengakui bahwa SLE adalah program yang sangat bagus. Banyak mahasiswa SLE yang turut serta mewakili dan bergabung dalam program yang diadakan oleh universitas lain, seperti Sophomore College ( program beasiswa dan penghargaan). Dan jika saya tidak salah, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa memiliki keahlian dalam menulis memberikan dampak yang sangat signifikan pada kesuksesan seorang software engineer, namun masalahnya adalah sebagian besar mahasiswa engineering tidak memiliki ketrampilan dalam menulis. Jadi, jika kamu memang tertarik pada bidang kemanusiaan dan sedang mempertimbangkan untuk mengikuti program SLE maka hal itu sangatlah baik, karena dengan mengikuti program SLE dapat menjadi modal besar untuk mengasah ketrampilan diri sendiri, tidak terkecuali untuk seorang software engineer.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang