Apa program antivirus terbaik untuk Macintosh?

Dilihat 1,12 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Versi terbaru dari Mac 10 sudah memiliki antivirus di dalamnya. Kamu tidak secara langsung menjalankannya, tapi program tersebut mengecek file - file yang kamu download. Cara kerjanya adalah, filesystem akan menandari sebuah file sebagai "dikarantina" sampai kamu melakukan sesuatu terhadap file tersebut. Aku rasa software antivirus tambahan tidak diperlukan pada Macs. (Selain itu menurut saya, Windows Defender yang merupakan aplikasi bawaan dari Windows 8 juga sudah cukup untuk melindungi komputer Windows).


Satu - satunya hal terpenting yang perlu kamu lakukan untuk melindungi komputermu adalah terus memperbaharui sistem operasi dan software pada komputermu. Pada sistem operasi Macs, klik System Preference => App Store. Lalu centang pilihan "Automatically check for updates", "Download newly available update", dan "Install system data files and security updates". Pada sistem operasi Windows, kamu bisa mengatur Windows update untuk melakukan pembaharuan secara otomatis (tapi saya tidak tahu langkah - langkahnya secara spesific).


Hal kedua yang paling penting adalah jangan sembarangan meng install software pada komputermu. Sebelum menginstall sebuah software, pastikan dulu bahwa software tersebut tidak berbahaya bagi komputermu. Pada komputer Mac, yang harus dilakukan adalah menggunakan fitus yang disebut Gatekeeper. Pada System Preferences => Security & Privacy di tab General pilih "allow apps downloaded from" menjadi "Mac App Store dan identified developers". Jangan pilih "Anywhere". Kamu masih bisa tetap mendownload dan menjalankan aplikasi yang tidak dipercaya, tapi kamu harus melewati beberapa tahapan ketika pertama kali menjalankannya. 

Dengan melakukan cara ini, akan lebih kecil kemungkinan kamu menjalankan software yang berbahaya yang menyamar sebagai sesuatu yang bermanfaat. Memastikan bahwa sistem operasimu diperbaharui secara berkala adn tidak mendownload software dari sumber yang tidak terpercaya merupakan cara yang lebih baik daripada menggunakan software pihak ketiga. 

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang