Apa proses pedikur yang teraman dan tersehat? Apa yang menentukan kebersihan kuku yang baik?

Dilihat 533 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kebanyakan tempat spa kuku memiliki tempat yang bersih, mereka memang harus menjaga kebersihan yang diatur oleh Kebijakan Pengendalian Infeksi. Klinik juga harus memiliki tempat pedikur yang dapat digunakan untuk umum. Biasanya perbedaan pada perawatan kuku terletak pada apa yang biasa dilakukan oleh klinisi dan apa yang dulu mereka pelajari. Beberapa klinisi dilatih lebih baik dari yang lainnya, beberapa dari mereka menggunakan peralatan yang terbaru dan sebagian yang lain memiliki aturan kebersihan yang lebih baik.


Pada beberapa kasus sarung tangan masih jarang digunakan. Kutikula merupakan jaringan yang sangat kecil yang berada tepat di atas kulit dan menyentuk dasar kuku. Kutikula  berfungsi untuk menciptakan segel antara kuku dengan kulit tapi masih memungkinkan kuku untuk tumbuh. Tanpa adanya kutikula, kamu akan lebih rentan menghadapi infeksi yang biasanya disebut infeksi eponychium. Ini tidak selalu terjadi, tapi selalu ada resiko. Kalau kamu menggunakan peralatan untuk melakukannya, ada kemungkinan bahwa peralatan tersebut akan menambahkan infeksi, meskipun hal ini tidak pasti

Hal yang menggangu bagi banyak ahli kesehatan adalah masalah kebersihan dari peralatan yang digunakan dan sejauh apa yang akan dilakukan oleh pada klinisi. Hal ini tergantung dari masing - masing klinisi, tapi klinisi yang baik tahu batasannya. Dalam Kebijakan Pengendalian Infeksi, seharusnya terdapat peraturan yang menyatakan mengenai bagaimana mereka seharusnya membersihkan peralatan dan tempat kerja mereka. Kebanyakan klinik tidak membersihkan kaki - bagaimana mereka akan melakukannya? Apakah mereka mengganti airnya setiap saat? Selain itu, kalau kamu memiliki luka yang terbuka, merendamnya dalam air bersabum tidak akan membantu. Berendam dalam air yang bersabun memang menyenangkan, tapi bisa membuat kakimu lebih kering.


Selain itu, cek juga dispenser setelah mereka mengoleskan krim ke kaki. Dispenser yang didorong membuat tangan tidak perlu menyentuh krimnya. Menyikat peralatan juga bukan hal yang bagus karena itu membuat peralatan terkena mikroorganisme dan menyebar ke setiap peralatan. Seharusnya peralatan - peralatan dibersihkan menggunakan peralatan ultrasonik yang kemudian dicek menggunakan autoclave. Kalau autoclave tidak ada, berarti peralatan belum dibersihkan dengan benar. 

Satu peralatan harus digunakan hanya untuk satu orang, Jika peralatan terjatuh, maka peralatan tersebut tidak bisa digunakan lagi. Beberapa institusi medis saat ini menggunakan peralatan sekali pakai, yang ternyata lebih murah dan mengurangi resiko terjadinya infeksi dari satu pasien ke pasien lain. Ketika jamur berada pada gunting kuku, akan sangat sulit untuk menyingkirkannya. Selain jamur, masalah lainnya adalah darah. Hal ini harus ditangani dengan hati - hati dan peralatan harus dibersihkan dengan sangat baik.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang