Apa rahasia untuk membuat ayam goreng yang enak?

Dilihat 1,61 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ayam goreng merupakan salah satu makanan favorit banyak orang mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa sampai orang tua. Sangat sulit memastikan apakah Anda termasuk orang yang tidak suka ayam goreng. Mendapatkan sepotong paha atau sayap goreng sangat mudah saat ini. Coba perhatikan sekeliling Anda, adakah gerai ayam goreng yang menjadi favorit Anda? 


Mungkin ada beberapa brand internasional semisal KFC, McD, Wendy’s dan lain-lain tetapi beberapa brand lokal bisa jadi menyajikan citarasa yang lebih menarik. Di samping itu cara membuat fried chicken sendiri di rumah banyak ditawarkan dalam berbagai buku resep.


fried chicken KFC

Masing-masing restoran atau warung yang menyajikan ayam goreng pasti memiliki bumbu rahasia agar berbeda dari yang lain. mungkin saat ini Anda juga bisa mendapatkan berbagai resep dari internet atau majalah masakan. Ada banyak tentu saja, tetapi memilih satu atau beberapa resep saja tidak menjamin Anda bisa membuat ayam goreng yang enak dan gurih. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk dapat membuat resep ayam goreng enak.


Salah satu kunci utama dalam membuat ayam goreng yang nikmat dan enak adalah terletak pada kualitas bahan-bahan yang dipilih terutama daging ayam dan resep unik yang dipakai. Daging ayam segar wajib dipilih jika ingin mendapatkan hasil sempurna di samping umur ayam yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua saat disembelih. Sementara resep ayam goreng yang dipilih (sekalipun resep andalan) tidak akan memberi hasil maksimal tanpa banyak praktik.


ayam goreng lengkuas



Pemilihan Bahan dan Bumbu yang Berkualitas


Setelah mendapatkan suatu resep ayam goreng enak, apapun itu bahkan mungkin hanya sekadar ayam goreng tanpa bumbu atau resep ayam goreng mentega misalnya, langkah penting berikutnya adalah mendapatkan daging ayam yang segar. 


Kalau saya sendiri lebih suka memilih ayam kampung yang saya pelihara sendiri di pekarangan belakang rumah. Kesegaran ayam bisa terlihat dari warna dan tekstur dagingnya. 


Kemudian, untuk menjaga kesegaran dan tekstur daging ayam, rendam dulu dengan air plus sedikit garam sampai kita siap untuk mengolahnya. Cara ini sangat penting terutama jika kita ingin menggoreng ayam dengan tepung untuk membuat ayam krispi.  


Selain itu umur ayam yang akan digoreng juga berpengaruh terhadap citarasanya. Saya pribadi lebih menyukai ayam kampung jantan umur sekitar 3 bulan yang dibesarkan secara alami. Artinya, tidak ada pakan penggemuk yang diberikan sehingga tekstur dagingnya cukup pas untuk dibuat ayam panggang ataupun ayam goreng. Semakin tua umur ayam, semakin keras dan kenyal dagingnya.


ayam goreng karaage


Menambahkan beberapa bumbu yang unik akan memberi citarasa yang istimewa. Untuk ayam goreng biasanya ada tahap perendaman ayam ke dalam bumbu sehingga meresap ke bagian terdalam daging. 


Beberapa bumbu yang menambah aroma dan citarasa pada daging ayam antara lain daun salam, buah lemon, daun thyme, madu, bawang putih, lada hitam ataupun garam. Membuat ayam goreng tanpa telur sudah banyak dipraktikkan dan hasilnya adalah rasa daging ayam yang lebih original dan fresh.


Tak jarang metode perendaman ini berlanjut dengan merebus ayam yang sudah dibumbui hingga benar-benar meresap ke dalam daging. Sementara itu sari bumbu dan kaldu yang tersisa bisa dijadikan sebagai saus atau sambal yang lezat. Namun sepertinya semua orang pasti sepakat bahwa memilih daging ayam yang segar dan berkualitas menjadi kunci utama membuat ayam goreng yang enak.


ayam goreng suharti


Pemrosesan yang Tepat Takaran dan Tepat Waktu


Mungkin orang tidak banyak tahu kalau bagian-bagian ayam yang berbeda membutuhkan waktu penggorengan yang berbeda pula untuk mendapatkan citarasa yang pas. 


Tips rahasia cara membuat fried chicken ini kebetulan saya dapatkan dari seorang teman di mana untuk menggoreng bagian paha yang lezat waktunya tak boleh lebih dari 15 menit pada suhu 160 derajat celcius. 

Sedangkan untuk bagian kaki dibutuhkan waktu 8-9 menit pada suhu yang sama. Masih menurut saran teman saya tadi, bagian sayap dan dada perlu digoreng pada suhu 170 derajat celcius selama tak lebih dari 10 menit. 


Agak merepotkan sih, tetapi kalau Anda berminat usaha jual ayam goreng tentu merupakan ide yang bagus karena hasilnya juga tidak mengecewakan.

Untuk resep ayam goreng enak tentu kualitas minyak juga berperan besar. Gunakan hanya minyak goreng yang berkualitas untuk mendapatkan hasil sempurna. Juga wajan atau tempat penggorengan yang dipakai. Untuk mendapatkan hasil yang renyah dan gurih secara menyeluruh pastikan potongan-potongan ayam yang digoreng terendam. 


Jika sudah matang, ayam goreng tersebut warnanya berubah dan mengambang dipermukaan minyak. Jika Anda memasak dengan takaran yang pas, pengaturan suhu dan timing yang pas, maka ayam goreng yang dihasilkan pasti enak dan tidak mengecewakan.


ayam goreng 1

Membuat ayam goreng tepung pedas


Sebagai orang Indonesia barangkali Anda termasuk satu di antara kebanyakan orang yang menyukai masakan pedas bukan? Ternyata berbicara soal ayam goreng pedas kuliner Nusantara memiliki aneka resep ayam goreng rahasia. Kebanyakan memang kunci kelezatan resep terletak pada tepung bumbu yang digunakan sementara untuk ayam biasanya memang dipilih yang segar. 


Selain bumbu dan ayam, minyak goreng juga turut berpengaruh. Minyak paling bagus untuk membuat ayam goreng adalah minyak yang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tinggi baik ditinjau dari segi kesehatan maupun citarasa.  


Tepung bumbu ada banyak beredar di pasaran. Tinggal pergi ke warung terdekat atau ke swalayan kita sudah bisa mendapatkannya. Namun tentu saja rasa yang didapat cuma itu-itu saja. 


Untuk mendapatkan rasa yang pas tidak cukup sekadar membeli tepung bumbu instan. Jadi, kita perlu bereksperimen dengan beberapa elemen lain seperti penambahan lada hitam, merica, keju dan lain-lain. Hanya dengan sering praktik kita bisa mendapatkan resep ayam goreng yang sempurna nan lezat.


Semoga bahasan seputar rahasia membuat ayam goreng yang enak ini mampu memberikan pencerahan. Semakin Anda banyak praktik, hasilnya akan semakin bagus. Di samping itu untuk saran penyajian sebaiknya ayam goreng tidak dikonsumsi terlalu lama jaraknya dari saat penggorengan. 


Hal ini penting untuk menjaga kerenyahan dan citarasa dari ayam goreng tersebut. Cara membuat fried chicken memang bermacam-macam tapi pada akhirnya Anda akan menemukan resep andalan Anda sendiri. Selamat mencoba dan berkreasi.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang