Bagaimana rasanya terbang menggunakan pesawat tempur?

Dilihat 2,52 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

         di dalam pesawat tempur

Saya yakin, anda tidak akan membayangkan apa yang sebenarnya dirasakan oleh pilot yang menerbangkan pesawat tempur. Pengalaman terbang di udara menggunakan pesawat tempur itu sangat berbeda dengan apa yang ada di dalam film-film hollywood atau karya serupa. Jadi, disini saya mau menjelaskan mulai dari apa yang saya rasakan saat saya mulai duduk di cockpit sampai bagaimana saya melakukan manuver.


Pengalaman saya secara umum menerbangkan Pesawat Tempur


Saya dulu adalah penerbang pesawat tempur di Angkatan Udara Australia dan pernah mempunyai kesempatan untuk menerbangkan pesawat tempur F/A-18B. Seperti yang David Collette katakan, bagi saya perbedaan yang mencolok saat terbang dalam pesawat tempur yaitu suasana ketika anda sedang duduk di ruang cockpit daripada saat di dalamnya saja. Simulator pesawat tempur dengan pesawat biasa tentunya sangat berbeda. Anda biasanya dikelilingi oleh kokpit di bawahnya yang tingginya sekitar sepinggang. Saya merasa rentan dan terpapar luar biasa; rasanya saya ingin lebih masuk lagi kedalam kokpit. Power to weight ratio sangat jelas berbeda,  juga seperti yang pernah disinggung oleh David. Perbedaannya mungkin hampir sama seperti laju kecepatan mobil kecil saya yaitu ; "700cc Daewoo Matiz"  versus kecepatan sebuah mobil sport.


pesawat tempur

Kekuatan landasan pesawat tempur, membuat anda seperti tidak terkalahkan.  Memakai baju anti gravitasi (G-Suit) adalah benar-benar sebuah pengalaman hebat. Secara efektif, anda memakai gelang di sekitar paha yang menyerupai alat tensi darah. Ketika pesawat menimbulkan gaya G (gravitasi), secara otomatis regulated air memompa udara ke G-Suit sehingga mencegah darah mengalir ke kaki, yang mana bila hal itu terjadi  dapat menimbulkan hypoxia / kekurangan oksigen ( atau kehilangan kesadaran/pingsan ).


Pesawat komersial dirancang untuk stabilitas,  sebaliknya pesawat tempur sengaja  dirancang untuk tidak stabil, tetapi dirancang untuk kemampuan manuver. Sering dibilang mereka "melayang seperti batu",  yaitu perubahan yang cepat dalam orientasi spatial yang mana saya bayangkan agak mirip dengan permainan ekstrim di taman hiburan. Saya berkata "membayangkan", karena sebenarnya saya benci dengan permainan ekstrim di taman hiburan. Saya bukanlah seorang  pecinta adrenalin untuk semua  bidang. Ironisnya, saya telah diberi sebuah  kesempatan menerbangkan pesawat tempur, yang mana banyak orang akan senang jika mendapatkannya - tetapi saya agak enggan terbang di dalam  sebuah pesawat tempur, saya hanya terbang dan menggangap itu adalah sebuah "ritual" di dalam pekerjaan saya. Saya sangat bangga bahwa saya tidak sampai muntah, dan saya gembira karena penerbangan saya  memakan waktu 53 menit lamanya bukan 54 menit.


Sangat berbeda bukan, dengan apa yang digambarkan di banyak film mengenai pesawat tempur? Jika anda benar-benar ingin merasakan bagaimana rasanya menaiki pesawat tempur, maka saya sarankan anda berjalan-jalan dan mengunjungi markas angkatan udara di negara anda sebagai pengunjung. Jika anda beruntung, anda akan mendapatkan kesempatan dan diperbolehkan  untuk mengendarai pesawat tempur.

 

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang