Apa rasanya tinggal di papua barat?

Dilihat 666 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Papua Barat adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di ujung barat Pulau Papua. Ibukota Papua Barat adalah Manokwari. Nama provinsi ini sebelumnya adalah Irian Jaya Barat yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999. Papua Barat itu besar sekali dengan suku-suku di Papua yang beragam-ragam. Papua Barat memperoleh status otonomi khusus dan mempunyai KPUD sendiri dan menyelenggarakan pemilu untuk pertama kalinya pada 5 April 2004. Potensi Papua Barat sangat luar biasa dilihat dari letak geografisnya terdapat banyak tempat-tempat wisata yang terkenal di mancanegara. Salah satunya adalah di kota Monokwari yang mempunyai pemandangan alam dengan pantai dan pegunungan yang menakjubkan. Keindahan alam kota Monokwari tidak diragukan lagi banyak turis asing yang singgah untuk berwisata. Kekayaan alam  di daerah Papua cukup banyak dan menyimpan misteri kekayaan alam yang belum terungkap semua masih dalam penelitian.


Kehidupan Dan Potensi di Papua Barat

Masih banyak orang yang berpikir kalau Papua Barat itu tempat yang sangat terbelakang. Ada juga yang mengatakan Papua itu adalah sebuah koloni. Tapi, sebenarnya tidak. Mau tahu seperti apa Papua Barat sebenarnya?

Ibu kota Papua Barat Monokwari merupakan propensi yang sangat berpotensi karena banyak sekali kekayaan alam yang terpendam yang belum digali. Pembangunan di Papua Barat semakin meningkat taraf kehidupan masyarakatnya sudah banyak mengalami kemajuan. Walaupun di Papua Barat masih banyak suku di papua tapi kerukunan antar suku terjalin dengan baik. 

Pembangunan di segala bidang terealisasi dengan banyaknya tempat-tempat fasilitas umum yang tersedia. Pertokoan di Monokwari semakin banyak karena adanya program UKM yang berjalan dengan lancar. Kehidupan masyarakat di ibu kota Papua Barat sangat sederhana dan menyenangkan. Masyarakat di sana sangat ramah tidak seperti yang banyak dbicarakan orang. 

Banyaknya Potensi dari Papua Barat antara lain:

1. Kekayaan alam yang berlimpah

kekayaan alam yang cukup banyak terdapat di sektor pertambangan, pertanian, wisata dan kelautan. Banyak bahan tambang yang tersdia di sana yang belum sepenuhnya di gali termasuk batu bara dan bahan tambang lainnya. 

2. Keindahan alamnya yang mempesona

banyaknya tempat-tempat wisata yang terkenal antara lain:

  • Di kabupaten Raja Ampat merupakan tujuan wisata terutama untuk penyelam yang tertarik akan keindahan bawah lautnya yang terkenal.Raja Ampat seperi surga bagi para penyelam dunia karena merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site diseluruh dunia.
raja ampat


  • Taman nasional teluk Cendrawasih yang terdapat di Propensi Papua Barat merupakan perwakilan ekosistem trumbu karang yang cukup banyak. Keindahan lautnya yang memiliki banyaknya jenis trumbu karang yang terdapat disana dan juga  jenis ikan yang sangat banyak. Terdapat 4 jenis penyu yang terkenal di sana penyu lirik, penyu lekang, penyu hijau, dan penyu sisik.Di Teluk Cendrawasih juga terdapat gua alam peninggalan dari jaman purba dan gua air sedalam 100 meter di Tanjung Manguar.
papua barat


  • Taman Nasional Lorenz terletak di propensi Papua Barat yang merupakan taman nasional yang memiliki ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Pasifik. Taman yang membentang dari kawasan yang diselimuti oleh salju pada ketinggian yang cukup tinggi hingga membujur ke arah pesisir pantai dengan hutan bakau perairan Arafura.
  • Salju abadi dipuncak Gunung Jayawijaya yang terkenal dengan gunung tertinggi di Indonesia dan merupakan pemandangan yang menakjubkan karena puncak gunung di selimuti salju.
gunung jayawijaya


  • Teluk Triton merupakan teluk yang berada di kabupaten kaimana di Propensi Papua Barat yang mempunyai keindahan alam yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Pantainya merupakan pantai pasir putih yang indah.
teluk triton


Kota-kota yang ada di Papua Barat

Manokwari sebagai ibu kota Papua Barat berkembang dengan pesat banyaknya hotel-hotel yang tekenal dibangun disana sebagai tempat untuk menginapa para wisata mancanegara. Banyaknya toko yang menjual cendramata yang banyak di datangi oleh turis asing. Banykanya gedung Bank yang berdiri di sana menandakan perekonomian semakin maju dan berkembang.


monokwari


Sorong adalah kota terbesar kedua dan terletak di ujung Barat dari Papua (sedangkan Jayapura ada di ujung Timur). Tinggal di kota ini rasanya sedikit di bawah standar dari Jayapura. Jika anda pernah tinggal di kota tingkat tiga manapun di Indonesia, yah, rasanya seperti itu. Sorong memiliki mall dan banyak para pengemudi sembarangan di jalan raya. Tapi kotanya sendiri kotor dan kumuh. Masyarakat membuang sampah dimana-mana. Ditambah lagi "angkot" kesana-kemari dengan kecepatan tinggi di jalanan utama. Setiap kapal yang akan mengirim barang-barang ke Papua Barat akan berhenti pertama kali di Sorong karena Sorong adalah kota yang terletak di bagian paling barat. Hal itu membuat harga barang-barang disini lebih murah daripada daerah lainnya di Papua.

Di penghujung malam, muda-mudi Sorong suka berkumpul di dekat tembok-laut (sebagai lelucon disebut juga 'Tembok Berlin'). Dibanding yang ada di Jayapura, para pemuda Sorong tampaknya kurang tertarik dalam politik dan sepakbola.


sorong


Wamena oke, saya rasa satu-satunya kota yang terletak di dataran tinggi tengah dengan pemandangan menakjubkan pegunungan di sekitarnya. Ada mall, beberapa hotel, dan kebanggaan atas klub sepakbolanya. Yang unik adalah di Wamena ditandai dengan adanya becak yang dioperasikan oleh penduduk lokal (ada aturan disini bahwa penarik becak harus penduduk asli Papua, jadi orang dari luar tak bisa mengambil pekerjaan mereka).


Fak-Fak
fak-fak


Kota yang perlu penataan yang lebih baik lagi, masyarakat yang ditinggal disini cukup menyenangkan dan ramah. Kota yang terkenal dengan perikanannya karena sebagian penduduknya nelayan.


Waisai


Sepuluh tahun yang lalu, tak ada seorangpun yang pernah mendengar Waisai. Tapi hari ini popularitas Waisai meningkat tajam. Terima kasih pada Raja Ampat. Waisai adalah kota terbesar di Raja Ampat. Setiap wisatawan yang mengunjungi situs penyelaman, akan berhenti di kota ini Raja Ampat merupakan surga terakhir di bumi

Kota ini kekurangan fasilitas, tapi yang membuat saya senang tentang kota ini (setelah popularitasnya yang meningkat) adalah mereka tampaknya merencanakan kota ini di masa depan. Meski Waisai masih kosong, kotanya telah terbelah dua oleh jalan raya yang lebar dan lurus. Mereka telah membagi kotanya menjadi beberapa distrik, dan merencanakan akses menuju tiap ujung kotanya. Saya melihat keinginan kuat bahwa pemerintahannya melakukan hal ini untuk masa depan (yang tak pernah saya lihat di kota-kota Papua lainnya, biasanya mereka membiarkan kotanya tumbuh tanpa rencana). Dengan kecepatan pengembangan infrastruktur di kota ini, saya pikir Waisai bisa menjadi terkenal pada beberapa tahun mendatang. 


Merauke


Merauke dikenal sebagai titik paling timur dari Indonesia (yang tidak sepenuhnya benar, karena masih sekitar 50km untuk menuju arah timur mencapai perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini). Anda bisa menemukan banyak sekali hewan kanguru disini. Merauke memiliki beberapa hotel yang lumayan, seperti Swiss Belhotel Merauke, begitu juga satu Universitas Musamus.

Bagaimana hidup di Indonesia terutama di propensi Papua Barat Secara garis besar propensi di Papua Barat lebih mandiri dibandingkan dengan propensi lainnya walaupun banyak suku di Papua tapi kehidupannya tidak tertinggal justru tingkat perekonomianya semakin meningkat  karena adanya peran serta dari kepala suku yang dapat memajukan taraf kehidupan masyarakat di sana. Objek wisata yang dikelola cukup baik terdapat tempat-tempat wisata yang sangat menyenangkan keindahan alam yang mempesona dan masyarakat yang ramah. Rasanya tinggal di Papua Barat sungguh menyenangkan dan damai dan tak banyak yang perlu dikhawatirkan 


Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang