Apa rencana olahraga gym 3 hari/minggu yang terbaik?

Dilihat 753 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1


Mempunyai bentuk tubuh yang langsing dan indah tentunya merupakan dambaan kaum wanita. Namun belakangan, tidak hanya kaum wanita saja yang mendambakan bentuk tubuh ideal, tapi kaum pria pun juga menginginkannya, tentunya dengan cara yang berbeda. Kebanyakan kaum pria menginginkan bentuk tubuh yang berotot sehingga tampak macho. 


Tak heran, kini banyak yang melakukan olahraga yang dapat membentuk tubuh sesuai yang diinginkannya, salah satunya adalah dengan mendatangi tempat-tempat fitness di gym yang mempunyai peralatan yang lengkap dan memadai. Tempat-tempat fitness sekarang ini sudah mulai menjamur di berbagai daerah, tidak hanya di kota-kota besar saja. Secara tidak langsung, hal ini menunjukkan bahwa telah banyak yang menyadari akan pentingnya olahraga untuk kesehatan.


Untuk para pelaku fitness pemula, biasanya akan merasa bingung ketika mendatangi tempat gym karena peralatan yang lengkap dan banyak jenisnya. Maka dari itu, jangan malu bertanya pada pemandu mengenai fungsi dan kegunaan alat fitness yang ada di tempat gym. Hal ini penting, agar tidak terjadi cidera karena salah menggunakan alat atau kurang menguasai alat tersebut. Lakukan sesuai dengan instruksi pemandu secara perlahan-lahan dan cobalah alat-alat yang sederhana terlebih dahulu. 


Kamu perlu melakukan latihan dasar seperti aerobik dan pembentukan otot secara maksimal sehingga akan mendapatkan manfaat fitness di gym dengan baik. Jika cara membentuk badan dengan olahraga fitness di gym dilakukan dengan teratur dan tepat, maka tentu akan bermanfaat bagi kesehatan dan kamu akan mendapatkan bentuk tubuh yang kamu inginkan. Rasa percaya dirimu akan muncul karena di tempat ini lingkungannya terstruktur dengan baik, dan diharapkan dapat memotivasimu agar lebih bersemangat dalam melakukan olahraga. 


Untuk melakukan olahraga fitness di gym tentunya memerlukan biaya untuk masuk menjadi anggota. Tapi harga yang dibayarkan tentu sebanding dengan peralatan yang lengkap dan kamu bisa mencoba semua fasilitas olahraga di sana sesuka hati. 

Melakukan olahraga di gym akan menjadikanmu lebih fokus daripada melakukan olahraga sendiri di rumah, karena di sana banyak orang lain yang juga sedang berolahraga, sehingga kamu akan lebih bersemangat. 



olagraga di gym


Melakukan Olahraga di Gym


Sebagai pelaku fitness pemula, kamu harus mengenal alat olahraga yang beragam yang ada di tempat gym serta fasilitas pendukung lainnya, seperti adanya instruktur pribadi yang bisa memandumu dalam menggunakan peralatan sehingga akan mencapai tujuan olahraga yang kamu inginkan. Kamu juga akan diajari menggunakan aplikasi fitness dari ponsel, sehingga akan mempermudahmu dalam melakukan olahraga.

Sekali lagi, ada baiknya kamu berhati-hati dalam menggunakan alat olahraga yang ada di gym, tanyakan terlebih dahulu kepada instruktur tentang kegunaan alat-alat yang ada di sana dan perhatikan dengan baik. Jangan mencoba sendiri tanpa didampingi oleh instruktur untuk menghindari terjadinya cedera pada tubuh. 

Ada 5 poin yang harus kamu lakukan agar tidak terjadi cedera saat melakukan olahraga di gym antara lain:


  • Melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas olahraga dan melakukan peregangan otot sebelum dan sesudah melakukan latihan di gym hal ini akan mengurangi cedera dan hal buruk lainnya, lakukan peregangan otot selama 15 detik dan menahannya.
  •  Lakukan dengan cara perlahan-lahan, latihan dengan cara bertahap dengan jadwal yang ada. Sebaiknya untuk fitness pemula, atur jadwal 1-2 hari perminggu selama 30 menit dan jika kamu sudah menguasainya boleh ditambah menjadi 2-3 hari perminggu. 

nge-gym


  • Lakukan olahraga fitness di gym sesuai dengan tujuan yang kamu inginkan, misalnya memperbesar otot atau melangsingkan badan, sehingga latihan kamu akan terfokus pada sasaran yang tepat. Tapi jika kamu ingin memadukan latihan agar tidak bosan dengan menggunakan alat yang lain sebaiknya tanyakan pada intruktur terlebih dahulu. Kamu juga harus mencoba olahraga seperti aerobik, olahraga keseimbangan, olahraga kekuatan, dan olahraga fleksibilitas seperti yoga.
  • Ketahui cara menggunakan alat dan manfaat dari alat tersebut, serta hindari mencoba-coba alat yang belum kamu kuasai. Sebaiknya konsultasikan dan tanyakan pada instruktur atau orang yang sudah berpengalaman. Kamu juga harus mengetahui berat beban suatu alat sebelum menggunakannya. Memang untuk pemula kadang akan merasa bingung dan takut karena banyaknya alat di sana, tapi kamu tidak usah merasa takut dan segera tanyakan saja kepada para instruktur atau petugas di sana, karena itulah tugas mereka.
  • Sebaiknya kamu mempunyai waktu untuk istirahat agar tubuhmu tidak merasa kelelahan dan ototmu tidak tegang. Lakukan istirahat sebentar untuk memulihkan tubuhmu, baru kemudian lakukan latihan kembali. Jangan terlalu memaksakan dirimu karena malah akan berakibat fatal nantinya.

olahraga nge-gym


Apabila kamu merasa sakit atau nyeri yang bukan karena cedera, hal itu merupakan sesuatu yang biasa karena berarti ototmu sudah merasakan efek dari olahraga tersebut. Sebaiknya berhenti terlebih dahulu dan rasa nyeri akan hilang dengan sendirinya. 

Jika kamu memiliki kondisi kesehatan khusus, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter mengenai rencanamu untuk mengikuti latihan di gym dan sebelum memulai, beritahu instrukturmu terlebih dahulu tentang sakit yang diderita agar tidak terjadi hal-hal yang beresiko.


Mendapatkan Tubuh yang Atletis


Cara membentuk badan yang dilakukan dengan olahraga teratur di tempat gym tdak menjamin tubuh kamu menjadi atletis dan bugar dalam waktu singkat, apalagi jika kamu melakukannya dengan asal-asalan. 

Hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan dan lakukan di gym adalah sebagai berikut:


  • Manfaatkan waktu yang ada untuk melakukan latihan, kebanyakan orang datang ke tempat fitness hanya untuk mengisi waktu luang dengan bercanda, ngobrol dengan teman atau hanya sekedar menggoda lawan jenis. Tentunya hal ini harus dihindari jika kamu benar-benar ingin berolahraga untuk mendapatkan bentuk tubuh yang kamu inginkan. Manfaatkanlah waktumu dengan latihan yang serius.
  • Fokus pada latihan. Jika kamu mempunyai masalah pribadi yang pelik, sebaiknya kamu jangan memikirkannya di tempat gym, fokuskan pada latihan-latihanmu.
  • Lakukan latihan yang bisa membakar lemak terlebih dahulu baru kemudian latihan untuk membentuk otot.

nge-gym


  • Lakukan gerakan yang sempurna agar lemak pada tubuhmu dapat terbakar secara optimal. Sebaiknya jangan melakukan gerakan tidak tepat yang akan berakibat cedera. Tanyakan pada instruktur agar kamu dapat melakukan gerakan yang sesuai dengan pembentukan otot yang kamu inginkan.

Sebenarnya melakukan olahraga kebugaran atau fitness tidak hanya di gym saja, kamu bisa melakukan olahraga sendiri di rumah dengan alat yang sederhana dan tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Semua olahraga di tempat manapun jika dilakukan dengan teratur dan terus-menerus tentu akan memberikan hasil yang sesuai.


Kesimpulannya, olahraga yang dilakukan di tempat gym akan lebih efektif karena peralatannya lengkap dan terdapat latihan-latihan dengan kelas-kelas sesuai dengan tingkatannya, namun tentu saja hasilnya akan berbeda bagi masing-masing individu. 

Melakukan rencana olahraga fitness di gym 3 hari dalam seminggu bagi pemula itu sudah cukup baik. Dengan 3 hari tersebut, tubuhmu akan terbiasa dan apabila dilakukan dengan benar dan teratur, niscaya kamu akan mendapatkan bentuk tubuh yang kamu inginkan.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang