Apa resep kue sederhana yang bisa dibuat oleh pemula?

Dilihat 281 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Tergantung peralatan yang mau digunakan. Saya punya mixer Kitchenaid, dan saya bisa membuat berbagai macam kue. Kue pertama yang pernah saya buat dan resep kuenya masih saya pakai sampai dengan hari ini adalah roti prancis. Bahan - bahannya tidak sulit dicari dan resep nya juga mudah untuk dibuat, tapi membutuhkan sedikit kesabaran untuk membuatnya.


Begini cara membuatnya :


  1. Siapkan dua cangkir air hangat. Masukan 1 sdt gula ke dalam salah satu cangkir. 
  2. Masukan 1 sdm ragi ke dalam air gula dan aduk perlahan. Biarkan selama 8 menit agar ragi bereaksi
  3. Sementara menunggu, campur 6 cangkir tepung, 5 sdm minyak kanola, 3 sdt garam dan gula ke dalam mangkuk mixer dan masukan secangkir air hangat. 
  4. Setelah ragi bereaksi, campur semua bahan dan aduk menggunakan mixer pada kecepatan rendah selama 8 menit. Tambahkan sedikit tepung, (sekitar setengah cangkir) ketika mengaduk adonan untuk mendapatkan adonan yang tidak terlalu lengket. 
  5. Setelah selesai mengaduk adonan , bentuk adonan menjadi bulat dan letakkan di atas wadah yang sudah diberikan tepung di atasnya lalu tutup dengan handuk yang kering dan bersih selama kurang lebih 3 menit.
  6. Masukan bola - bola adonan ke dalam mangkuk yang sudah diberikan minyak. Mangkuk besarnya harus paling tidak 4 kali dari adonan agar adonan bisa mengembang. 
  7. Tutup adonan dengan plastik. Plastik akan menjaga permukaannya tetap kering dan menjaga panas dan kelembaban di dalam mangkuk. Biasanya saya akan meletakkan mangkuk di tempat yang panas dan membiarkan adonan mengembang selama satu jam.
  8. Setelah adonan mengembang, buka tutupnya dan tinju adonan. 
  9. Bagi adonan menjadi dua bagian yang sama besar. 
  10. Bentuk adonan di atas permukaan yang sudah diolesi tepung. Giling adonan memanjang. Jepit bagian ujung dari adonan agar lapisan tidak terbuka.
  11. Tutup adonan dengan handuk bersih selama 30 menit.
  12. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat (C)
  13. Kocok putih telur (yang sudah dipisahkan dari kuningnya) di dalam mangkuk
  14. Setelah 30 menit, ambil sebuah pisau dan tiga buat irisan dengan jarak yang sma di atas adonan sepanjang 1 cm.
  15. Oleskan putih telur di atas setiap adonan. Kamu juga bisa menaburkan biji wijen di atasnya, tapi saya sendiri tidak menggunakannya. 
  16. Masak dalam overn seluruh 30 - 35 menit. 
  17. Keluarkan dari oven dan biarkan selama 5 - 10 menit lalu potong roti sesuai dengan yang diinginkan. 

Selamat mencoba!



Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang