Apa resep terbaik dalam mengatasi jerawat?

Dilihat 1,49 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Obat - obatan dapat digunakan untuk mengatasi timbulnya jerawat. Beberapa jenis obat untuk perawatan wajah yang berjerawat tersedia di pasaran. Pengobatan yang dilakukan akan bergantung pada tipe/jenis jerawat yang Anda miliki.


  • Dapsone adalah gel disinfektan topikal yang tersedia dengan resep dokter. Merk untuk obat anti jerawat ini namanya adalah Aczone.
  • Selain itu, tersedia resep dokter untuk Benzoil Peroksida, berbentuk krim, gel, dan sabun pencuci wajah. Semua ini merupakan produk anti bakteri, yang dapat menumpas bakteri hingga 99.9% dengan cepat. Selain itu, penggunaan obat ini juga dapat memberikan efek pengelupasan ringan dan pengeringan sehingga dapat mencegah kembali timbulnya jerawat.
  • Clindamycin adalah antibiotik topikal, yang biasanya berbentuk  gel, sabun, pembersih, larutan (cair), dan harus digunakan dua kali dalam satu hari.
  • Tazorac adalah gel retinoid yang mengandung tazarotene. Retinoid adalah suatu kelompok obat yang merupakan derivat (turunan) vitamin A, yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah kulit (seperti psoriasis) dan terapi jerawat. Obat ini digunakan hanya satu kali dalam satu hari. Bisa berbentuk krim, gel atau pembersih yang diusapkan pada kulit, tetapi untuk pengobatan jerawat, sebaiknya menggunakan produk yang berbentuk gel. Obat ini bekerja dengan cepat selama kurang lebih 36 jam, dan diserap sangat sedikit oleh aliran darah. Akan tetapi, obat ini tidak dapat digunakan oleh mereka yang menderita eksim dan sebaiknya tidak digunakan setelah terbakar matahari. Disamping itu, penggunaan obat ini sebaiknya tidak boleh lebih dari 10 hari.
  • Differin (adapalene) berbentuk krim, gel, losion yang pemakaiannya diaplikasikan langsung pada kulit. Sama seperti tazorac, untuk mengatasi jerawat, sebaiknya menggunakan produk yang berbentuk gel. Obat ini merupakan pilihan tepat bagi mereka yang ingin menjaga kulit wajah tetap bersih, tidak timbul peradangan. 
  • Obat jerawat bebas (yang dapat dibeli tanpa resep dokter), seperti Proactiv yang mengandung Benzoil Peroksida dapat digunakan untuk mengatasi jerawat ringan.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang