Apa ringkasan dari sejarah Indonesia ?

Dilihat 1,94 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Orang Indonesia akan melakukan keadilan yang lebih baik dengan meringkas sejarahnya. Dalam postingan ini, saya akan meringkas sejarah Indonesia, mencari dari kaca orang India. Jadi, dalam postingan saya akan menceritakan sejarah sementara membandingkan kesamaan mendalam antara India dan Indonesia dan menggambarkan paralel pentingnya. Indonesia merupakan salah satu tempat yang paling awal dihuni. Hominid awal mungkin menghuni daerah pada awal 1.5 juta tahun sebelum sekarang. Sebuah kunci penemuan pada tahun 1891 dari fosil diistilahkan sebagai manusia jawa telah berpengaruh dalam pemahaman evolusi manusia. Sejarah Indonesia berjalan secara mendalam bercampur dengan India. Tidak hanya sebelum Hindu, sejarah Indonesia telah dikenal. Epik Ramayana orang India menyebutkan daerah, yang mengarah pada spekulasi bahwa memiliki perkembangan budaya sejak awal 300 SM.

Karena masa prasejarah tersebut tidak sepenuhnya digali, saya akan melompat maju tepat beberapa ratus ribu tahun pada sekitar 1600 tahun yang lalu. Kenaikan sejarah kekaisaran dikenal dimulai pada abad ke 4 masehi dengan kerajaan Hindu Tarumanegara yang memiliki hubungan yang kuat dengan dinasti Pallava dari India selatan. Ada juga berbagai kerajaan Hindu seperti Kerajaan Kalingga [menyerupai kerajaan India bersejarah dari Kalingga pada hari Odisha modern]. Ada juga berbagai kesamaan artistik dengan Kerajaan Gupta India Utara. Terlepas dari Kalingga ada banyak Kerajaan Asia Tenggara yang mencerminkan nama-nama Kerajaan India. Ini termasuk Kerajaan Panjala dari Malaysia (Kerajaan Kediri), Kerajaan Kamboja dari Kamboja dan Kerajaan Ayutthya dari Thailand yang mengambil nama dari epik sansekerta. Sebuah momen penting dalam sejarah Asia Tenggara datang dengan munculnya Kerajaan Sriwijaya pada abad ke 7 yang mendominasi perdagangan di wilayah tersebut.

Setelah sekitar abad ke 4, kekaisaran mulai menurun setelah konflik dengan Kerajaan Chola India selatan. Chola yang juga memiliki kekuatan angkatan laut yang kuat dan bersaing untuk supremasi perdagangan di Samudra India. Kerajaan besar lainnya dari catatan termasuk Singhasari dan Kerajaan Kediri. Kejatuhan kekaisaran setelah abad ke 12, kerajaan India selanjutnya mengalami penurunan dengan jatuhnya banyak kerajaan regional utama seperti Chola dan Palas. Itu yang pada periode ini ketika kerajaan islam mulai memerintah India. Ini juga dicerminkan di Indonesia. Satu abad setelah Delhi jatuh ke penguasa Islam, Kesultanan Malaka didirikan pada abad ke 15 salah satu Kerajaan Islam pertama di Asia Tenggara. Kesultanan yang didirikan oleh Raja Parameswara seorang Hindu penguasa Kerajaan Singapura [Singapure modern] yang diduga masuk Islam melalui salah satu istrinya. Bahkan setelah munculnya Malacca Sultanate, banyak di Indonesia terus memiliki kerajaan Majapahit Hindu-Budha sampai abad ke 16.

Kerajaan jatuh ke Kesultanan Islam Demak. Ini adalam momen penting dalam sejarah Indonesia yang menyebabkan konversi dari sejumlah besar penduduk setempat pada Islam (penyebaran Islam di Indonesia). Era koloni sementara Islam menyebar pada abad ke 16 dan abad ke 17 dengan pembentukan banyak kesultanan di wilayah seperti kesultanan Mataram, ada kekuatan baru di wilayah tersebut. Dua puluh tahun setelah mendarat di Indonesia pada 1512. Ekspedisi ini lebih lanjut akan mendorong Hindu dari wilayah dengan kolonisasi yang terakhir dari wilayah utama kerajaan Hindu, Kerajaan Sunda. Seperti di India, kekuatan Portugal terbatas pada beberapa wilayah pesisir seperti Timor. [Terisnpirasi dari Nehru 1961 pada invasi Koloni Portugis dari Goa, Suharto akan melakukan sesuatu yang mirip dengan koloni Portugis Timor Timur pada tahun 1975. Namun, itu tidak terintegrasi dengan baik memimpin koloni untuk mendapatkan kemerdekaannya pada tahun 1999]. Seperti India, Indonesia akan diperintah oleh perusahaan India Utara, dengan perbedaannya bahwa India diperintah Perusahaan Inggris India Utara, sementara Indonesia diperintah oleh Perusahaan Hindia belanda India Timur.

Sementara perusahaan Hindia Belanda pergi ke dalam kebankrutan terkemuka pengambilan negara Belanda dari Indonesia pada 1800, Perusahaan Inggris India Timur yang rusak diperbaiki dalam perang pertama kemerdekaan pada tahun 1857, yang mengarah pada pengambilalihan Inggris terhadap India pada tahun 1857. Sementara kedua negara mempunyai beberapa infrastruktur yang dibangun di bawah kekuasaan kolonial, tetapi negara lebih menderita. Kelaparan dan kematian massa menjadi cukup umum. Berjuang untuk kemerdekaan sama seperti kasus India, Indonesia memiliki gerakan kemerdekaan nasional besar-besaran dari awal abad ke 20. Kebangkitan Nasional Indonesia. Satu perbedaan utama adalah pergerakan Indonesia lebih memilih komunis dasar dan dengan demikian metode yang menyimpang dengan gerakan Kongres di India. Pilar uatama dari gerakan kemerdekaan adalah Soekarno, yang berbagi banyak kesamaan dengan Nehru. Keduanya lahir di keluarga aristokrat, dengan kecenderungan untuk melakukan metode modern dan mencari visi yang jauh. Keduanya menghabiskan banyak waktu mengasah ide-ide mereka di penjara. Beberapa dekade kemudian, keduanya bergandengan tangan untuk menemukan Gerakan Non-Blok untuk mengurangi ketegangan perang dingin antara Amerika dan Uni Soviet. Kunci perbedaan di India dan gerakan nasional Indonesia adalah saat datangnya Perang Dunia Kedua.

Indonesia diduduki oleh Jepang [penduduk Jepang dari Hindia Belanda] dengan campuran positif dan negatif untuk gerakan kebebasan. Seperti pendudukan Jepang di tempat lainnya, itu ditandai oleh penyiksaan, kebrutalan dan kejahatan lainnya. Namun, juga membantu mengakhiri gerakan kolonial sebagai pemimpin Jepang mendorong sentimen anti-Eropa. Ini membantu Indonesia mendapatkan hak kemerdekaan setelah akhir perang. Pada tanggal 17 agustus 1945, Soekarno menyatakan kemerdekaan. [Sementara beberapa pemimpin India yang dipimpin oleh Subash Chandra Bose, mencoba rute yang sama untuk India, mereka tidak memerintahkan mayoritas dukungan]. Namun, Belanda dan Inggris tidak mengakui kebebasan Indonesia dan akan berjuang untuk mendapatkan kembali koloni Belanda.

Belanda bahkan mengambil kontrol dari sebagian Indonesia sampai serangan gerilya pasukan yang dipimpin oleh Sudirman dan dibantu oleh Komanda seperti Abdul Haris Nasution membuat mustahil untuk memerintah sebagai koloni. Pada bulan Desember 1994, Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia. Pendeknya, Indonesia memenangkan kemerdekaannya secara de facto dua tahun sebelum India dan de jure kemerdekaan dua tahun setelah India. Perjuangan untuk Demokrasi seperti India, Indonesia dimulai sebagai sebuah negara Demekrasi. Kedua Konstitusi datang pada kekuatan pada tahun 1950 (sementara konstitusi 1950). Namun, Soekarno menderita pengaturan koalisi memimpin dia kehilangan kesabaran dengan penyiapan demokrasi sejati. Pada tahun 1957, Indonesia pindah ke diktator sebuah pengaturan yang disebut demokrasi terpimpin.

Pada tahun 1965 datang seorang mayor kudeta Gerakan 30 September yang mengakibatkan pembunuhan 6 jenderal utama dari tentara Indonesia. Penyalahan pada komunis dan mereka dibersihkan dengan represi brutal. Jenderal Soeharto diduga mengatur besar-besaran anti-Soekarno, dengan alasan Soekarno mendukung kaum kiri. Pada tahun 1966, Soeharto mengambil alih pemerintahan mengendarai sentimen rakyat melawan kaum kiri. Soeharto disebut dengan Orde Baru untuk membedakan diri dari metode Soekarno. Soeharto juga diduga bertentangan dengan Islam konservatif dan dia mempekerjakan banyak jenderal Kristen seperti Moerdani dan Syaefi di negara mayoritas muslim.

Soeharto pergi dengan kesenangan ekspansi mengambil alih sejumlah wilayah [termasuk Timor Timur yang telah disebutkan sebelumnya] dan secara peralel melembagakan reformasi pasar yang pertumbuhannya mengaktifkan ekonomi Indonesia sebagai kekuatan regional. Pada tahun 1997, Asia terjebak dalam krisis keuangan besar. Revolusi biasanya bermunculan dari krisis tersebut. Indonesia mengalami revolusi tersendiri yang digulingkan aturan tiga dekade Suharto dan membawa demokrasi setelah empat dekade. Putri Soekarno, Megawati Soekarnoputri adalan kunci pemimpin dalam gerakan anti-Soeharto ini dan berkuasa pada tahun 2001.

Sebagaimana semua negara demokrasi besar, sangat bising dan ada juga ketegangan di beberapa provinsi dengan beberapa ektrimis setelah ditekan oleh Soeharto dalam waktu yang lama. Peristiwa sporadis terus menantang Indonesia itu tidak seperti India. Pada tahun 2014, Indonesia memilih reformasi yang memiliki pemimpin berpikiran kuat, yang mulai terkenal sebagai gubernur salah satu provinsi utama, pencerminan kebangkitan India Narendra Modi. Pada 2015, Indonesia adalah domokrasi hidup, yang tersebar di dunia Islam dan di Asia Tenggara. Hal ini diberkahi dengan sejarah panjang dengan barbagai pengaruh Hindu, Budha, Islam dan Kriten tradisional yang berdampak pada budayanya. Itu merupakan peluang dan tantangan yang mencerminkan orang India. 

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang