Apa olahraga rutin yang baik untuk dilakukan di gym jika ingin berlatih selama 6 hari dalam seminggu?

Dilihat 2,84 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu

Sebagai informasi, saya sedang membangun kekuatan tubuh dan sedang meningkatkan keterampilan berolahraga

1 Jawaban 1

                

Melakukan olahraga kini memang menjadi kebutuhan bagi masyarakat modern yang ingin hidup sehat. Banyak orang yang merasakan manfaat dari ber olahraga dan jika dilakukan secara rutin, maka tubuh akan menjadi sehat. Bahkan dengan berolahraga secara teratur, juga dapat menjaga berat badan agar lebih ideal.

Walaupun kita sudah menyadari tentang pentingnya melakukan aktifitas olahraga, akan tetapi kita juga perlu mengetahui bahwa melakukan olahraga secara berlebihan bukanlah sesuatu yang baik. Apalagi jika hal itu dilakukan oleh pemula.

Memang betul olahraga harus rutin dilakukan minimal 30 menit setiap hari untuk menjaga tubuh tetap sehat. Tetapi olahraga setiap hari bukan patokan baku karena sah-sah saja berolahraga dua atau tiga kali dalam seminggu. Sebuah studi menyebutkan, frekuensi olahraga bersifat fleksibel tergantung pada tujuan yang ingin dicapai, tidak penting seberapa sering anda berolahraga asalkan dalam seminggu tercapai total waktu 150 menit atau paling tidak setengah sampai satu jam sebanyak 3 kali dalam seminggu

Jadi bagaimana sebaiknya olah raga rutin yang baik itu? Dan apa akibat buruk dari olahraga berlebihan? Nah, untuk memahaminya lebih jauh, terus simak artikel dibawah ini sampai habis ya, yuk kita lihat:


Jadwal Olahraga Rutin


    


Para dokter menganjurkan bahwa olah raga rutin sebaiknya dilakukan antara setengah sampai satu jam sebanyak 3 kali dalam seminggu. Saya sedikit heran mengapa anda memutuskan untuk berlatih 6 hari dalam seminggu sebelum anda benar-benar memutuskan apa yang sebenarnya akan anda lakukan di gym, tampaknya hal ini sedikit terbalik dengan saya. Maka jika anda bertanya olah raga rutin apa yang baik dilakukan selama 6 hari dalam seminggu, maka saya tidak akan menganjurkannya.  

Jika anda sedang membangun kekuatan tubuh dan meningkatkan keterampilan maka jadwal olahraga yang terbaik untuk anda adalah sebagai berikut :

  • Hari ke 1: squat, bench press, barbell row
  • Hari ke 2: istirahat
  • Hari ke 3: squat, military press, deadlift
  • Hari ke 4: istirahat
  • Hari ke 5: squat, bench press, barbell row
  • Hari ke 6: istirahat 

Kemudian istirahat lagi keesokan harinya, lalu ulangi latihan dari hari ke 3. Anda mungkin bisa melakukan beberapa pull-up pada akhir latihan hari selanjutnya.  

Saya serius, semuanya itulah yang anda butuhkan. Jangan terlalu berlebihan melakukan olahraga, fokuskan saja pada membangun kekuatan tubuh, makan dengan baik (dan cukup) dan anda akan melihat hasilnya. Jika anda tidak selingi dengan beristirahat, tubuh anda tidak akan pulih, dan anda akan sama saja menghabiskan waktu dengan sia-sia ketika anda benar-benar berada di gym.


Dampak Olahraga Berlebihan

   


Olahraga dapat dikatakan berlebihan jika dilakukan terlalu sering, misalnya hampir setiap hari, yang mana sebenarnya tiga kali dalam seminggu sudah mencukupi. Demikian juga jika olahraga dilakukan dengan terlalu lama, hingga berjam-jam dalam setiap harinya, maka ini juga tidak baik.  

Olahraga yang dilakukan dengan berlebihan, selain mengakibatkan tubuh nyeri, bahkan sampai cedera fisik dan otot, juga dapat mengakibatkan terjadinya dehidrasi pada tubuh.

Berikut tanda seseorang yang sudah berlebihan berolahraga :

  1. Mengalami kelelahan berlebihan ketika melakukan suatu aktifitas, hal itu karena tubuh yang terlalu dipaksa untuk berolahraga secara berlebihan, mengakibatkan waktu untuk tubuh dapat pulih kembali menjadi sangat lama. 
  2. Tubuh bukannya bertambah bugar, justru tampak mengalami "jiwa yang tidak semangat" dan terlihat tidak bertenaga (mudah lelah).
  3. Orang yang kecanduan berolahraga (secara berlebihan) maka secara psikologis akan mengalami rasa selalu bersalah jika tidak berolahraga, hal ini tidaklah baik karena merasa salah tidak pada tempatnya. 
  4. Terlihat memaksakan diri untuk olahraga yang berat, padahal sudah dalam keadaan lelah dan bahkan sudah mengalami pegal-pegal, atau bahkan nyeri otot.
  5. Mengalami cedera atau nyeri otot dalam waktu yang terlalu lama.
  6. Jika pada wanita, maka mengalami gangguan menstruasi.
  7. Mengalami susah tidur.
  8. Peningkatan denyut jantung sangat cepat ketika dalam keadaan normal, ini bukanlah hal yang baik.
  9. Sering mengalami sakit kepala.
  10. Mood menjadi gampang berubah, dan juga cepat merasa emosi.
  11. Nafsu makan menjadi menurun. 

Dengan mengetahui beberapa hal buruk dari berolahraga secara berlebihan, artinya janganlah memaksakan diri untuk terus berolahraga ketika tubuh sudah kelelahan. Dan apabila timbul nyeri dan cedera ringan maka segera berhenti dari berolahraga.


Jadi, dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa jika anda berlatih (berolahraga) untuk sesuatu yang spesifik atau anda memang sudah sangat ahli, berolahraga setiap hari akan baik untuk anda, akan tetapi jika anda masih pemula, olahraga dengan durasi terlalu panjang belum tentu bisa membantu kita mencapai target kebugaran. Untuk tujuan tersebut latihan (olahraga) harus dilakukan secara rutin dalam durasi lebih pendek. 

Janganlah membuat kesalahan seperti pemula yang lainnya, dimana mereka berpikir lebih banyak berolahraga lebih baik. Yang pasti pemikiran seperti itu adalah salah. Intinya olahraga harus dilakukan dengan tepat dan juga waktu serta intensitas yang cukup, sehingga anda memperoleh manfaat dan terhindar dari bahaya akibat dari olahraga berlebihan.(Baca: Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga?)

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang