Apakah cara terbaik bagi koki pemula untuk mengintegrasikan bumbu dan rempah-rempah ke dalam masakan mereka?

Dilihat 4,85 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Memasak merupakan keahlian khusus yang bisa dianggap sepele bagi sebagian orang tapi luar biasa bagi sebagian yang lain, bahkan untuk memasak resep makanan sederhana sekalipun. Selain faktor bakat, kemampuan memasak juga bisa diasah lewat pelatihan dan pendidikan. Itulah alasannya mengapa banyak berdiri sekolah-sekolah dan kursus memasak yang melahirkan banyak koki dan chef.


Cara membuat resep makanan beraneka macam tetapi hampir semua juru masak atau ibu rumah tangga sekalipun memulainya dari resep yang sudah ada sebelumnya. Misalnya saja, untuk memasak rawon kita mengerjakannya dengan menggunakan sekumpulan bumbu dan rempah tertentu dengan teknik pengolahan yang sudah ditetapkan. Lalu variasi bisa dilakukan lagi dengan penambahan beberapa unsur tertentu ke dalam resep tersebut namun tetap tidak merubah pakem.  


resep 1


Kemampuan meramu rempah-rempah menjadi bumbu yang unik merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan seorang koki. Sebenarnya, resep-resep masakan baik tradisional maupun modern telah ada dan mudah didapatkan bahkan lewat internet. Di Nusantara saja kita mengenal ada beraneka masakan Padang, Betawi, Sunda, Jawa, Bali, Madura, Manado dan lain sebagainya yang memberi citarasa khas. Belum lagi masakan Oriental baik dari China, Korea ataupun Jepang, masakan India, Timur Tengah, sampai masakan Western.  


Namun betapapun resep sudah ditulis lengkap berikut petunjuk langkah demi langkahnya, tidak semua orang bisa mencapai hasil yang memuaskan. Ini juga berlaku buat para chef atau juru masak pemula. 


Lalu apa yang harus dilakukan? Jawabannya tentu adalah sering-sering praktik. Bagaimanapun beberapa detail bisa dicermati. Sebagai permulaan kita bisa memikirkan cara membuat masakan sederhana.  


Kunci dari keberhasilan memasak suatu resep adalah kombinasi dari kelengkapan bumbu berikut takarannya dan ketepatan waktu di tiap tahap pengolahannya. Komposisi yang keliru bisa membuat masakan citarasanya tidak proporsional baik itu karena kelebihan atau kekurangan satu elemen tertentu. Jadi, ada baiknya pula kita tahu lebih jauh tentang bumbu dan rempah-rempah yang digunakan dalam suatu resep.  


resep 2

Perbedaan Antara Rempah Herbal dan Bumbu


Meskipun rempah herbal dan bumbu memiliki perbedaan, keduanya berperan sama pentingnya dalam menentukan suatu citarasa masakan. Dengan resep bumbu tertentu kita akan mendapatkan citarasa asin, manis, asam, pedas, gurih dan sebagainya sementara rempah herbal memberi citarasa yang khas dan memperkuat keunikan pada suatu resep masakan. Baik rempah herbal maupun bumbu selain citarasanya juga memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia.  


Koki atau juru masak pemula wajib bermain-main dengan beraneka macam rempah dan bumbu untuk mengenali karakteristik masing-masing, hal ini bisa dijadikannya sebagai latihan cara membuat resep makanan yang lezat. Dengan begitu nantinya diharapkan sang kok dapat membuat resep makanan yang praktis nan lezat. Coba pakai golongan rimpang seperti kunyit, jahe, lengkuas, golongan dedaunan seperti daun salam, serai dan lain sebagainya. Cara terbaik mengenali aroma bumbu adalah dengan menciumnya dan menghafal mana yang kluwek, kemiri, merica, lada, pala dan lain-lain. Ini merupakan langkah dasar yang kelak akan sangat berguna ketika koki atau juru masak ingin berimprovisasi.  


Rempah herbal dan bumbu juga mempengaruhi cara membuat masakan sederhana. Kita bisa mencoba antara lain masakan-masakan tradisional sebelum beralih ke masakan-masakan modern. Sejatinya, masakan modern itu membutuhkan kombinasi bumbu yang lebih ringkas dan efisien karena pertaruhannya ada pada kecepatan waktu pemrosesan. 


Jadi, kita bisa menggunakan beberapa bumbu jadi dan mengandalkan kemampuan kita mengolah masakan dengan durasi dan tempo yang pas.  


resep 3


Cara Menentukan Rempah Dalam Hidangan


Lalu bagaimana cara menentukan rempah untuk membuat sebuah hidangan atau masakan? Kita bisa merujuk pada resep-resep yang kita kerjakan untuk pengaturannya dan bila sudah ahli kita bisa berimprovisasi dengan penempatan yang sifatnya inovatif. 


Tiap budaya dan daerah memiliki rempah-rempah khas dan telah digunakan selama bergenerasi menciptakan keunikan resep tersendiri. Namun, bagi para koki atau juru masak pemula memahami setiap karakter bumbu menjadi bekal yang tak ternilai sampai nanti mereka menciptakan resep spesial mereka sendiri.  


Rempah-rempah di dalam hidangan bisa ditengarai dari rasa ketika menempel di lidah dan juga bau yang tercium dengan tingkat ketajaman dan aromatik yang khas. Demikian pula dengan rempah herbal dan bumbu, maka bersyukur Nusantara memiliki keanekaragaman tanaman bumbu dan rempah yang sudah mendunia. Sebut saja lada, pala, kemiri, ketumbar dan beranekaragam akar-akaran seperti jahe, lengkuas, sereh, dan lain-lain yang menciptakan keunikan tersendiri pada setiap masakan daerah. Cara membuat resep makanan dimulai dari penguasaan yang baik atas resep-resep yang sudah ada sebelumnya.  


Rempah-rempah dalam hidangan memberi citarasa yang kuat pada bahan pokok masakan seperti daging sapi, daging kambing, ikan, udang, kepiting dan lain-lain. Agaknya cara membuat masakan sederhana menjadi hal mendasar yang perlu dikuasai agar kita bisa berlanjut ke masakan-masakan yang lebih rumit.   


resep 4



Cara Menggunakan Rempah dan Bumbu Saat Masak


Nah, sekarang pengaturan komposisi bumbu menjadi sangat penting. Beberapa resep menentukan takaran tertentu untuk menciptakan suatu citarasa yang dikenal. Sebenarnya para juru masak atau koki bisa bereksperimen sendiri untuk menciptakan citarasanya yang khas. Dengan bumbu-bumbu yang ada, mereka bisa menambahi satu elemen tertentu, mengurangi yang lain atau menemukan metode pengolahan tertentu yang menjadi ciri khasnya.  


Beberapa teknik memasak yang umum antara lain perebusan, pemanggangan, penggorengan, dan pembakaran. Untuk setiap teknik ini bumbu-bumbu atau rempah-rempah yang diolah mengalami perubahan rasa, aroma dan juga penampilan sehingga di sinilah para juru masak perlu menggali lebih jauh. 


Cara membuat masakan sederhana sebagaimana yang sudah dikuasai dengan baik akan menjadi bekal penting untuk berinovasi lebih lanjut menggunakan rempah-rempah dan bumbu. Di sinilah nanti seorang juru masak dituntut jiwa seninya dalam menciptakan masakan yang menggugah selera. Pada akhirnya, seorang juru masak sejati akan menemukan cara membuat resep makanan sendiri.  

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang