Apa saja gejala batu ginjal?

Dilihat 2,07 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

penyebab batu ginjal


Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai fungsi luar biasa pada tubuh manusia. Selain mengeluarkan sisa penyaringan darah yang berupa urine, ginjal juga mengekskresikan zat-zat yang merugikan bagi tubuh seperti urea, asam urat, amoniak, creatinin, garam anorganik, bakteri, dan juga obat-obatan. Jika zat tersebut tidak dikeluarkan maka akan menjadi racun yang dapat membahayakan kesehatan di dalam tubuh.

Penurunan  fungsi ginjal dalam membuang zat-zat sisa dapat mengakibatkan munculnya penyakit ginjal kronis yang dapat menyebabkan pembengkakan di beberapa bagian tubuh, muntah-muntah, dan menurunnya kualitas tidur. Bila tidak segera ditangani, keluhan tersebut bisa berkembang menjadi penyakit yang lebih serius yakni gagal ginjal yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit hingga kematian.


Penyakit ginjal adalah salah satu silent killer, Karena gejalanya tidak begitu terlihat pada awalnya. Artinya penderita terkadang tidak merasakan adanya gejala yang khas selama proses penurunan fungsi ginjal tersebut terjadi sampai organ ginjal benar- benar berhenti bekerja. Namun, beberapa gejala penyakit ginjal masih mungkin mirip dengan gejala-gejala penyakit lain. Sehingga gejala batu ginjal masih dapat diketahui dan diwaspadai sejak dini.  


Gejala Batu Ginjal


1. Ruam, Gatal dan Kering

Ciri-ciri penyakit batu ginjal yang pertama adalah timbulnya ruam, gatal dan kering. Jika Anda sering merasakan gejala seperti ini, ada kemungkinan mengindikasikan adanya ginjal bermasalah di dalam tubuh Anda. Apa penyebab timbulnya gejala-gejala tersebut? Seperti yang sudah Anda ketahui, fungsi ginjal adalah untuk membersihkan aliran darah dari racun-racun atau zat sisa di dalam tubuh. Dan ketika fungsi ginjal terganggu, maka racun dan zat sisa di dalam darah akan menyebabkan ruam, gatal dan kulit yang kering. Pasalnya ginjal tidak bisa membuang zat-zat racun tersebut.


2. Sakit Pinggang


gejala batu ginjal

Sakit pinggang ternyata tidak hanya disebabkan oleh kegiatan dan aktivitas sehari- hari saja, tetapi juga  dapat terjadi akibat dari kondisi penyakit mendasari seperti halnya penyakit batu ginjal. Rasa nyeri ini bisa muncul di satu sisi saja, dan biasanya rasa nyeri ini bisa muncul saat Anda sedang tidur dalam posisi miring.


3. Fungsi Kemih yang Berubah

Ciri ciri ginjal bermasalah juga bisa ditandai dengan fungsi kemih yang tiba-tiba berubah. Jika terjadi sesekali, mungkin bukan menjadi masalah serius. Tapi jika gejala ini terjadi berulang kali, ada kemungkinan itu adalah ciri-ciri penyakit batu ginjal. Perubahan yang terjadi meliputi:

  • peningkatan atau penurunan jumlah urin yang keluar.
  • Bertambah atau berkurangnya frekuensi berkemih, terutama bertambah pada malam hari.
  • Urin berwarna lebih gelap dari biasanya.
  • Merasa ingin buang air kecil tetapi tidak dapat melakukannya ketika sudah berada di kamar kecil.

4. Sering Mengantuk dan Tidak sadarkan diri


penyakit batu ginjal


Bagi Anda yang sering tidak sadarkan diri atau mengalami rasa kantuk yang berat padahal tidak melakukan pekerjaan yang berat sebelumnya, Anda perlu berhati- hati sebab kondisi tersebut bisa saja gejala batu ginjal. Kantuk dan tidak sadarkan diri dapat terjadi karena ginjal mengalami infeksi akibat adanya penumpukan racun yang tidak dapat dibuang melalui urin. 


5. Tubuh mengalami pembengkakan

Fungsi ginjal juga sebagai pengatur kadar air di dalam tubuh. Jika fungsi ginjal tidak lagi optimal, maka ginjal tidak akan lagi bisa membuang kelebihan cairan di dalam tubuh sehingga menimbulkan pembengkakan. Biasanya tanda dari gejala batu ginjal yang satu ini yaitu berupa pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, bengkak pada wajah dan tangan.


pembengkakan akibat batu ginjal

Jika Anda mengalami gejala seperti di atas, segera hubungi dokter untuk mencegah batu ginjal yang lebih serius serta ubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat saat ini juga. Karena sejatinya menjaga kesehatan badan adalah tidak merugikan dan wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semoga bermanfaat.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang