Apa saja gejala-gejala awal dari diabetes?

Dilihat 440 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Diabetes bisa disebabkan karena genetik, oleh karenanya, ia bisa dilacak dari gen famili tertentu. Jika anda memiliki riwayat keluarga penderita diabetes, maka anda perlu berhati-hati dan ekstra waspada dalam mengenali gejala-gejala awal diabetes. Dengan mampu menangkap gejala-gejala awal diabetes anda bisa menentukan apakah diabetes anda itu parah atau dapat dikendalikan dengan obat-obatan dan diet ketat.

Ada ras yang lebih rentan terhadap diabetes dibandingkan dengan ras yang lain. Bagi mereka yang memiliki darah Amerika asli, Afrika-Amerika, Latin dan keturunan penduduk Pulau Pasifik rentan terhadap diabetes. Berat badan, gaya hidup, usia, dan gen adalah diantara faktor-faktor yang bisa memicu diabetes seorang individu. Sebuah riwayat keluarga penderita diabetes bisa menjadi alasan mengapa banyak orang selalu melakukan check-up untuk melihat fungsi-fungsi tubuhnya bekerja normal.


Apa saja gejala awal diabetes?

Diantara banyak gejala awalnya antara lain penglihatan kabur, sering kencing, rasa haus yang berlebihan, mudah marah, rasa lapar ekstrim, kelelahan dan penurunan berat badan seketika. Itu semua adalah gejala-gejala awal diabetes yang perlu segera dikenali sebelum seseorang mengalami peningkatan dari tahap prediabetes menuju tahap diabetes penuh. Gejala yang lain adalah sering mengalami infeksi kulit atau jamur. Karena jamur suka tumbuh pada gula, dapat dipahami bahwa hal ini akan terjadi pada orang yang mengeluarkan kencing dan keringat yang manis. Orang-orang penderita diabetes mungkin juga seringkali merasa kantuk atau lelah. Saat mereka duduk menonton TV atau membaca, mereka cenderung cukup mudah untuk tertidur.

Untungnya, gejala-gejala awal diabetes merupakan lampu peringatan yang membantu kita mengetahui bahwa kita memiliki penyakit itu. Tanpa gejala tersebut, kita sudah pasti akan langsung menderita diabetes penuh tanpa mengetahui suatu hal apapun. Oleh sebab itu, penting untuk selalu waspada dan perhatian terhadap perubahan dalam fungsi tubuh kita serta gaya hidup kita. Lebih baik menghindari makan karbohidrat terlalu banyak untuk mengurangi peluang risiko terkena diabetes.


Apa yang anda lakukan jika anda diduga terkena diabetes

Jika anda mengalami gejala-gejala diabetes tersebut, lakukan analisa darah di klinik kesehatan. Ini adalah satu cara mudah untuk mengetahui apakah anda terkena penyakitnya atau tidak. Dokter anda bisa membantu mendiagnosa gejala-gejala anda serta memberikan bantuan profesional pada anda, jika diperlukan.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang