Apa saja gejala-gejala awal kanker?

Dilihat 488 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kanker dapat muncul pada jaringan manapun dalam tubuh, dan gejala yang kamu rasakan dapat bervarisasi tergantung jaringan mana yang terkena. Sayangnya, dalam banyak kasus, ketika kamu merasakan gejala - gejala tertentu, biasanya kanker sudah berada pada pada stadium lanjut. 


Biasanya kanker dimulai dengan timbulnya benjolan - padat, tidak bergeser - geser, benjolan yang berada pada tempat yang tidak seharusnya. Jika benjolan tersebut tumbuh pada tempat yang dapat dirasakan, seperti pada kelenjar getah bening di leher, atau benjolan pada alat kelamin, maka kamu mungkin akan menyadarinya.


Ada kesalahpahaman mengenai benjolan yang mengatakan bahwa benjolan tersebut terasa sakit, tapi biasanya benjolan kanker tidak terasa sakit. Benjolan yang terasa sakit biasanya disebabkan karena adanya infeksi, bukan kanker.


Pada kebanyakan kasus, tumor biasanya muncul di lokasi - lokasi yang tidak terlihat, misalnya di otak, indung telur, atau pankreas. Akibatnya tumor pada daerah - daerah tersebut biasanya akan terus tumbuh menjadi semakin besar sebelum akhirnya menimbulkan gejala - gejala. 


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada kasus - kasus ini, ketika akhirny timbul gejala kemungkinan kanker sudah masuk ke stadium lanjut yang membuat resiko kematian semakin tinggi. Gejala - gejala kanker yang mungkin akan dirasakan antara lain, rasa lelah yang teramat sangat, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, hilangnya nafsu makan dan berkeringat di malam hari. Gejala - gejala tersebut merupaakn gejala umum dan biasanya muncul ketika kanker sudah berada pada stadium lanjut.



Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang