Apa saja gejala-gejala kanker payudara?

Dilihat 479 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Yah...ada banyak tipe kanker payudara yang berbeda-beda jadi saya kurang mengetahui yang mana yang anda tanyakan, tapi biar saya jelaskan yang saya tahu;

  • Ductal carcinoma in situ (DCIS) - kondisi yang banyak dianggap para dokter sebagai kanker payudara pada tahap yang paling awal. Itu adalah kanker yang ada di dalam pembuluh susu dengan tingkat bertahan hidup yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, yakni 10%.
  • Infiltrating ductal carcinoma - kanker yang naik ke jaringan pembuluh susu dan menginfiltrasi jaringan sekitar payudara & 80% terjadi pada semua kasus kanker payudara
  • Inflammatory carcinoma - dalam tipe kanker ini, sebuah tumor tumbuh dalam jaringan pembuluh susu & sebagaimana ia tumbuh maka ia makin menyumbat pembuluh darah & pembuluh getah bening. Kulit memerah & menjadi tebal & payudara menjadi sangat lembut & tampak terinfeksi & menyebar sangat cepat akibat banyaknya suplai dari pembuluh darah & getah bening terkait reaksi peradangannya.
  • Intraductal carcinoma in situ - ini adalah tipe kanker terlokalisasi yang tidak menyebar
  • Lobular carcinoma - terjadi pada kedua payudara sekaligus & tumbuh di dalam lobus, terjadi sekitar 9% pada kanker payudara.
  • Penyakit Paget Puting. Jenis kanker ini terjadi saat sel-sel dari tumor kanker utama bermigrasi ke puting. Gejalanya adalah gatal-gatal, kemerahan dan rasa sakit pada puting.

NB! Penyakit Paget memberi sinyal adanya ductal carcinoma primer di tempat lain pada jaringan payudara.

NB! Mamogram bisa menyebabkan sel-sel kanker untuk bermetastasis akibat tekanan pada payudara yang menyebabkan ductal carcinoma.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang