Apa Saja Guyonan Bahasa Jawa yang Bisa Mengocok Perut?

Dilihat 1 • Ditanyakan kurang dari 1 menit lalu


Ada begitu banyak cara agar bisa membuat orang tertawa. Bisa dengan cara melawak, menggelitiki orang lain hingga membuat kata-kata lucu yang akhirnya mangundang banyak tawa. Nah, pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan kumpulan kata-kata lucu bahasa Jawa yang akan membuat perut menjadi ngakak.

Jika kamu adalah orang jawa dan fasih dalam berbahasa Jawa maka dengan memilih kata-kata berbahasa Jawa sebagai bahan untuk membuat orang lain tertawa ini memiiki nilai tersendiri. Rasanya lebih cocok dan bisa menggambarkan sesuatu yang terjadi.

Gimana gaes udah penasaran belum? Oke, ngga usah lama-lama intronya biar ngga buang-buang waktu. Langsung saja kita masuk pada pembahasan inti pada artikel mimin kali ini. Yuk simak langsung.


1. Dikacangin

“Jenenge kacang iku gurih, tapi yen dikacangin yo rasane perih”.

Wahai para pecinta kacang gurih! Apakah kamu sekalian pernah merasakan hal yang persis seperti yang disebutkan oleh kutipan kalaimat lucu bahasa Jawa tersebut di atas alias dikacangin? Jika iya, slow jangan sedih.

Daripada tambah ngenes dikacangin, ada baiknya kamu mengibarkan bendera putih alias pergi menyingkir. Sembari berdiam diri bersemedi, kamu bisa menikmati kacang favoritmu. Kegiatan yang indah, bukan?


2. Bukan Pom Bensin

“konco kok moro yen butuh tok. Anggite aku SPBU?

Punya teman yang ndeketin kamu di saat pas lagi butuh aja? Jika benar, coba tegur dia dengan sindiran plus mem-posting kutipan kalimat lucu bahasa Jawa tersebut. Artinya sendiri kurang lebihnya ialah, “Temen kok datangnya pas lagi butuh doang, dikira aku pom bensin!”

Kamu harus inget benar-benar, kalau temen yang modelnya seperti ini ndeketin kamu lagi, segera kasih dia bacaan doa dan ayat kursi. Lalu timpuk pakai batu 3x (Hehehe udah kayak ngadepin setan aja!).


3. Ojo Dumeh

“Yen ngomong iku ojo duwur-duwur. Ngko lambemu kesampluk pesawat”.

Selain diuber-uber anjing liar, ndengerin orang angkuh bin sombong yang lagi “mendongeng” iaalah hal yang sangat menyebalkan. Semakin banyak dan lebih lama dia ndongeng, aura negatif bak siluman semakin menjadi-jadi. Bikin kita semakin pengen bersegera mungkin nutup mulutnya pakai sekop.

Namun apalah daya, kita nggak pernah bener-bener bisa mewujudkan fantasi liar yang mulia tersebut. Namun, ada solusi yang masih bisa kita lakukan kok, kita bisa nyindir si Fulan. Dan, kutipan kalimat lucu berbahasa Jawa ini bisa membantu merealisasikan fantasimu itu, lho. Artinya kurang lebih itu, “Kalau bicara ya jangan tinggi-tinggi. Ntar mulutmu kesrempet pesawat lho!”


4. Kok Nyolot Banget Sih!

“koyone koe bar mangan aspal? Omonganmu atos”.

Pernah ngerasain punya temen yang tiba-tiba bicaranya nyolot sama kamu tanpa alasan yang begitu jelas? Nggak ada angin, nggak ada badai, nggak ada topan apalagi halilintar, eh tau-tau dia ngomongnya nge-gas kayak motor balap yang remnya blonggg. Momen kayak gitu itu nyebelin banget, iya nggak sih?

Dia marah-marah sama orang lain, kita yang tak berdosa dan tak tau apa-apa bagai Tinkerbell ini jadi sasarannya. Biar cepet tobat, jangan kamu bacain mantera jampa jampi. Lebih baik kutip aja kalimat di atas yang jika di translate ke bahasa Indonesia artinya, “Ngomongmu kok keras (nyolot), abis makan aspal, ya?”

5. Aku Gendut Karena...

“Ojo dipaido yen ketemu wong gendut. Asline gendut kui montok, mung kebablasen.

Pada dasarnya, ngga pernah ada pasal yang mengatur terkait persoalan berat badan. Yang ada juga soal negara, pemerintahan, keamanan negara, keuangan, pertanian, dan lain-lain. Tapi entah kenapa, orang gendut itu kebanyakan dimana-mana selalu dibuat bersalah dengan keadaan tubuh yang mereka miliki.


Nah, kalau kamu juga diejek gendut oleh temanmu, bilang aja kalau gendut itu sebenarnya montok yang berlebihan. Kayak yang diungkapin sama kutipan di atas itu lho.

Tak hanya kata-kata lucu, ada beberapa hal laiin yang menarik didalam bahasa Jawa ini. Salah satunya ialah pidato bahasa jawa yang unik dan bikin penasaran. Ngga usah bingung-bingung kalau mau ngepoin banyak hal tentang bahasa Jawa. Kamu bisa langsung kunjungi https://ilhamteguh.com sebagai sumber referensi.

Jadilah yang pertama untuk menjawab!
Tulis jawaban sekarang