Apa saja hal sederhana yang bisa aku lakukan untuk menurunkan tingkat kolesterol?

Dilihat 1,91 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pada umumnya tingkat kolesterol seseorang (dan berat badan) berkaitan dengan konsumsi diet dan keluarnya energi dari tubuh. Untuk memulainya, meningkatkan pengeluaran energi seperti melalui olahraga akan mendorong tubuh untuk menggunakan simpanan sumber energi yang tinggi. Dengan kata lain, tubuh akan mulai membakar lemak. Terkadang memang susah meluangkan waktu untuk melakukan latihan intensif, yang berarti melihat dari rutinitas sehari-hari dan berpikir kapan ada waktu luang. Contohnya, daripada menggunakan waktu istirahat siang selama hari kerja, jalan singkat akan menambah total waktu olahraga Anda. Contoh populer lainnya yaitu berhenti satu atau dua stop lebih awal dari perhentian bis Anda yang seharusnya dan sisanya Anda bisa berjalan, berjalan melalui tangga daripada lift, jalan-jalan saat akhir minggu, dll. Dalam hal diet, diet yang tinggi serat pada umumnya membantu untuk mengatur tingkat kolesterol Anda. Serat membantu untuk mengurangi penyerapan kolesterol pada tubuh. Sebagai contohnya, sarapan dengan havermut adalah alternatif bagus yang bisa dipertimbangkan. Mengkonsumsi beberapa buah segar di pagi hari juga bisa dilakukan. Jika Anda merasa membutuhkan makan siang dengan daging, cobalah untuk menambahkan serat pada menu Anda (misalnya jika Anda ingin makan ayam, cobalah untuk memesan salad ayam). Konsumsi serat dan daging/lemak secara bersamaan akan membantu menghambat penyerapan kolesterol. Anda juga mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengganti tipe asam lemak yang dikonsumsi. Misalnya, daripada makan daging merah dan berlemak, Anda bisa mengkonsumsi ayam dan ikan (salmon adalah contoh bagus yang mengandung asam lemak omega 3, yang juga bisa membantu menjaga pembuluh darah). Menggunakan minyak zaitun pada masakan sehari-hari juga membantu untuk menurunkan tingkat LDL Anda dan menjaga agar level HDL tetap tinggi. Anda harus mewaspadai level LDL. LDL adalah low density lipoprotein yang terkumpul pada pembuluh darah sebagai plak, dan pada akhirnya menyebabkan penyakit jantung koroner. Anggap HDL dan LDL seperti zero-sum game. Anda menginginkan lebih banyak HDL dan lebih sedikit LDL di dalam tubuh. Jadi singkatnya, hal yang perlu diperhatikan dari uraian ini adalah: 1. Berolahragalah/ mulailah untuk bergerak lebih banyak, 2. Diet dengan lemak yang lebih sedikit, 3, Serat yang lebih banyak.

Sedikit catatan, ini bukan berarti Anda tidak bisa makan daging berlemak atau cemilan manis. Kita semua adalah manusia dan kita mencari kepuasan tertentu dari makanan yang kita makan, tapi ini juga berarti Anda harus menentukan ukuran porsi makan Anda. Jadi ambillah secarik kertas, gambarlah lingkaran dan mulai pikirkan pembagian yang proporsional dari diet sehari-hari Anda. Kemudian ubahlah pembagian ini sehingga Anda bisa menambahkan serat dan lebih sedikit lemak/kolesterol atau lebih banyak kolesterol baik dan lebih sedikit kolesterol buruk. 

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang