Apakah ciri-ciri penyakit campak ?

Dilihat 3,63 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Seorang ibu paling bingung bila anaknya yang masih kecil jatuh sakit. Kadang-kadang si ibu tidak tahu apakah harus ke dokter atau cukup diobati dengan obat yang dapat dibeli tanpa resep. Memang sebagai orangtua harus bisa memperhatikan pola hidup anak. Karena anak-anak memang tidak bisa terhindar dari yang namanya penyakit. Penyakit bisa datang kapan dan dimanapun. Penyebab sakit pada anak pun bisa bermacam-macam, bisa disebabkan oleh virus dan bisa juga disebabkan oleh bakteri.

Bayi dan anak-anak di bawah lima tahun adalah kelompok yang rentan terhadap berbagai penyakit tersebut, karena sistem kekebalan tubuh mereka belum terbangun sempurna. Sebagian besar penyakit anak tidak berbahaya dan hanya menyebabkan ketidaknyamanan sementara, akan tetapi beberapa jenis lainnya sangat berbahaya, bahkan dapat mengancam jiwa.  

Penyakit anak yang berbahaya salah satunya adalah campak. Namun sebenarnya campak bisa dicegah dengan imunisasi. Pemerintah bahkan secara nasional memiliki program imunisasi wajib untuk penyakit tersebut.

Campak dapat dengan mudah disembuhkan, tetapi mematikan jika tidak ditangani.

 Penyakit campak umumnya terjadi pada anak-anak, dan terutama di negara-negara berkembang seperti Afrika dan beberapa di Asia Tenggara.

Namun, bukan hal yang mustahil bagi orang dewasa untuk dapat terserang penyakit ini. Dalam berbagai kasus, penyakit campak pada orang dewasa juga sama berbahayanya, dapat menyebabkan kerusakan otak, kebutaan, dan menjadi rentan terhadap diare dan pneumonia. Sebenarnya apakah campak itu dan seperti apakah ciri-ciri campak secara umum?


Apa itu sakit campak?

Penyakit campak yang disebut juga sebagai morbili, rubeola, atau red measles, adalah infeksi yang sangat menular yang disebabkan oleh virus campak. Campak adalah penyakit udara yang dapat menular dengan mudah melalui batuk dan bersin dari mereka yang terinfeksi. Campak juga bisa menular melalui kontak dengan saliva atau sekresi hidung. Orang biasanya hanya mendapat penyakit ini sekali dalam hidupnya. Pengujian virus di dalam kasus dugaan tertentu adalah penting bagi upaya kesehatan masyarakat. 

   
    

Ciri-Ciri Penyakit Campak

Ciri-ciri campak pada anak-anak dan campak pada orang dewasa kurang lebih sama, tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan. Ciri tersebut adalah :

  • Demam - Ciri-ciri penyakit campak adalah mengalami suhu badan tinggi atau demam seringnya lebih dari 40 °C (104 °F). Kondisi ini dapat ditangani dengan cara istirahat saja atau mengkonsumsi obat penurun demam.
  • Batuk kering
  • Hidung ingusan (Pilek)
  • Mata merah
  • Koplik’s spot - Dua atau tiga hari setelah dimulainya gejala, bintik-bintik berwarna putih kecil mulai terbentuk di dalam mulut, itulah yang dikenal sebagai koplik spot.
  • Ruam berwarna merah - Ruam berwarna merah biasanya dimulai dari wajah dan menyebar ke seluruh tubuh khususnya dimulai tiga sampai lima hari setelah dimulainya gejala.

Gejala tersebut biasanya berkembang 10-12 hari setelah terpapar orang yang terinfeksi dan berakhir 7-10 hari.


Periode Menular

Sembilan dari sepuluh orang yang tidak diimunisasi dan berbagi tempat yang sama dengan orang yang terinfeksi akan tertular. Mereka akan menularkan ke orang lain empat hari sebelum sampai empat hari sesudah dimulainya timbulnya ruam. 


Komplikasi 

Komplikasi akibat penyakit campak terjadi sekitar 30% dan diantaranya yaitu diare, kebutaan, radang otak, dan pneumonia

Rubella (campak jerman) dan roseola adalah penyakit yang berbeda, penyakit tersebut bukan akibat komplikasi dari penyakit campak.


   


Itulah penjelasan umum mengenai penyakit campak. Walaupun pada hakikatnya penyakit campak akan sembuh dengan sendirinya, bukan berarti kita menganggapnya enteng. Kita harus menyadari bahwa kematian pada penyakit campak bukan karena penyakit campaknya itu sendiri, melainkan karena komplikasinya. Karena hal itulah kita harus selalu waspada akan bahaya penyakit campak tersebut. Di samping itu,  kita harus senantiasa menjaga anak-anak dan keluarga terdekat kita agar tidak mudah terpapar berbagai virus penyakit yang semakin menguat di zaman modern ini.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang