Apa saja kategori pesawat tempur berdasarkan peran mereka masing-masing?

Dilihat 486 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Bagi sebuah negara yang berdaulat, kekuatan militer adalah suatu kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi dan diprioritaskan dalam pembangungan dan pengembangannya. Sebuah negara dipandang lemah atau kuat oleh negara lain karena berbagai macam aspek, namun salah satu faktor yang pa,ling menentukan adalah dari sisi kekuatan militer. Negara yang memiliki tubuh militer yang kuat lebih disegani oleh publik internasional daripada negara yang memiliki kekuatan militer yang lebih lemah, karena berpotensi untuk menjadi sekutu apabila peperangan pecah di waktu yang tak terduga. Maka, masing-masing negara berlomba-lomba dalam membangun kekuatan tentara dan juga alutsistanya seperti tank, meriam, roket dan pesawat jet tempur untuk menjadi negara dengan kekuatan militer yang tidak bisa diremehkan.


Militer dapat diartikan sebagai kelompok yang memegang senjata dan merupakan organisasi kekerasan fisik yang sah untuk mengamankan negara dari ancaman luar negeri maupun dalam negeri. Atau bisa dikatakan militer adalah sebuah institusi bukan sipil yang mempunyai tugas dalam bidang pertahanan dan keamanan, dalam hal ini militer merupakan suatu lembaga, bukan individu yang menduduki posisi dalam organisasi militer. Menurut fungsinya, militer berperan sebagai alat negara yang menjunjung tinggi supremasi sipil. Kekuatan militer juga dapat didefinisikan sebagai sebuah kemampuan organisasi yang diberi wewenang oleh negara untuk menggunakan kekuatan termasuk menggunakan senjata, dalam mempertahankan bangsanya ataupun untuk menyerang negara lain.


Dalam sebuah negara, memiliki kekuatan militer merupakan harga mati. Kekuatan militer adalah ujung tombak negara dalam menjaga kedaulatan negara yang bersangkutan. Mulai dari belahan bumi bagian utara hingga yang bagian selatan pun, berlomba-lomba membangun kemampuan militer mereka baik dari sisi jumlah personil pasukan, teknologi militer, maupun alutsistanya. Militer juga disebut sebagai harga diri suatu bangsa sebagai pertahanan terakhir. Suatu negara yang memiliki kekuatan militer yang kuat, cenderung memiliki pengaruh yang kuat pula di mata dunia. Bukan hanya mampu menggertak dunia, namun juga disegani dan mampu membela negaranya jikalau sampai pihak asing berani mengintervensi atau menginjak-injak kehormatan negaranya.


Kekuatan militer sebuah negara tidak hanya terletak pada jumlah pasukannya saja. Perhitungan mengenai ALUTSISTA (alat utama sistem pertahanan) organisasi militer sebuah negara mampu menjadikan suatu perbandingan yang signifikan pada grafik kekuatan militer antar negara. Terlebih lagi pada sebuah negara kepulauan seperti Republik Indonesia ini, mempunyai ALUTSISTA yang canggih sangat dibutuhkan untuk menjaga stabilitas keamanan negara.



Jika di darat darat memiliki Artileri tempur dan di laut memiliki kapal perang, maka di udara kita juga membentengi diri dengan TNI-AU dan pesawat tempur mereka. Dengan kecanggihan teknologi yang tercipta di era modern ini, berbagai jenis pesawat jet tempur telah dibuat dan dirancang sesuai dengan peran dan tujuan yang berbeda.


Pesawat Tempur Tercanggih dan Kegunaannya


Banyak pertanyaan mengenai apa saja jenis-jenis pesawat tempur dan kegunaannya dalam perang atau pertahanan negara. Berikut ini adalah hasil analisis kami yang didasarkan pada skor gabungan stealthiness, persenjataan, kecepatan, jangkauan, manuver, dan teknologi.


Semua pesawat yang disebutkan di sini sangat kuat dan berkekuatan untuk menghancurkan, namun tidak satupun dari pesawat tempur ini yang pernah terlibat pertempuran melawan satu sama lain selama operasi militer. Analisis kami didasarkan pada spesifikasi, data yang tersedia dan perbandingan teknis. Pelatihan pilot juga penting, karena kinerja pesawat sebenarnya tergantung dari kinerja pilot. Dan di dalam daftar tidak kami menyebutkan pesawat yang saat ini sedang dikembangkan dari tahap prototipe. Ini hanya mencakup pesawat tempur operasional saja.


Adapun beberapa jenis pesawat tempur tercanggih di dunia adalah sebagai berikut :


  • F-22 Raptor pesawat tempur superioritas udara hampir tidak terlihat oleh radar. Pesawat ini membawa persenjataan array yang kuat, Ini adalah jenis pesawat tempur paling canggih dan paling mahal sampai saat ini. Sensor dan avionik pesawat ini masih banyak yang dirahasiakan. 

                  

  • Super Hornet adalah pesawat jet tempur multi-peran angkatan laut yang paling canggih. Hal ini didasarkan pada kapal induk yang dapat menyerang sasaran-sasaran yang muncul diudara dan permukaan. 

                   


  • Pada tahun 1986 konsorsium Eurofighter dibentuk oleh Jerman, Italia, Inggris dan, Spanyol, untuk mengembangkan pesawat tempur multi-peran baru, pesawat ini dioptimalkan sebagai pencegat serangan darat sekunder. Pesawat ini membawa maju Eropa dengan rancangan rudal dan dilengkapi dengan paket avionik yang sangat modern dan lengkap.

                   

  • Rafale adalah pesawat tempur terbaik Angkatan Udara dan Angkatan Laut Prancis. Pesawat tempur multi-peran ini memiliki beberapa sistem avionik yang sangat terbaru. Rafale dapat melacak 40 target  di empat sasaran secara bersamaan.
  • Su-27 atau sukhoi dikembangkan terutama untuk pencegat pertahanan udara pasukan Soviet . persenjataan berat dan sensor modern, mampu menyaingi F-15 milik AS. Persenjataan berat dari 10 peluru kendali pesawat canggih ini dapat memberikan tenaga tempur yang sangat baik untuk melahap musuhnya. Dan Pesawat ini di sebut - sebut sebagai ancaman paling mematikan bagi barat.

                   

  • F-15 Eagle adalah jenis pesawat tempur superioritas udara yang dirancang untuk menembus pertahanan musuh. Pesawat ini mesin pembunuh paling sukses di  era perang dingin. F-15 dilengkapi dengan persenjataan dan elektronik, memungkinkan untuk mendeteksi , melacak dan menyerang pesawat musuh, pesawat ini membawa berbagai macam peluru kendali udara dan sangat bermanuver. Melalui modifikasi dan upgrade F-15 telah terus-menerus diperbaiki dan ditingkatkan kemampuannya. Pesawat ini telah diekspor ke Israel, Jepang, dan Arab Saudi.
  • MiG-31  untuk melengkapi pertahanan udara Soviet dengan kemampuan menghalau ancaman yang ditimbulkan oleh NATO. Pesawat Pencegat ini memiliki kecepatan tinggi dan Menggunakan rudal jarak jauh untuk menembak musuh-musuhnya.
  • J-10 adalah jenis pesawat tempur yang dikembangkan oleh Cina, pesawat ini memiliki kecanggihan yang hampir sama dengan Barat dalam hal kinerja dan kemampuan. J-10 juga dimaksudkan untuk melawan ancaman  pesawat canggih Soviet yaitu  MiG-29 dan Su-27.

       

Persaingan negara adidaya dalam industri militer menuntut mereka untuk terus berinovasi menciptakan senjata tercanggih. Penciptaan senjata yang bertujuan untuk menjaga kedaulatan suatu negara. Kebutuhan akan rasa keamanan setiap warga negara menuntut para elit pemerintahannya berfikir lebih dalam menciptakan berbagaimacam inovasi tekhnologi persenjataan. Dengan tujuan keamanan untuk mencegah serangan dari luar negara, memiliki senjata yang paling mutahir adalah hal yang mutlak dimiliki sebuah negara adidaya di era moderen ini.


Namun pada ahirnya, setiap senjata adalah alat penghancur yang mampu membahayakan keamanan alam dan kehidupan didalamnya. Superioritas tehnologi persenjataan menjadikan pemiliknya seringkali menjadi arogan dan memicu pertempuran di muka bumi. Untuk itu mari kita tingkatkan rasa kepedulian kita kepada sesama dan saling bertoleransi terhadap segala jenis perbedaan di muka bumi ini. Agar anak cucu kita kelak masih akan bisa merasakan betapa indahnya perdamaian dan nikmatnya kesejahteraan hidup yang telah diberikan oleh Tuhan.


Demikian informasi mengenai jenis dan funsi pesawat tempur tercanggih di dunia. Semoga dapat menambah wawasan kita mengenai perkembangan teknologi militer dunia. Dan semoga negara tempat kita tinggal tetap terjaga kedaulatannya agar anak cucu kita tetap bisa hidup dengan aman, damai dan sejahtera.


Terjawab hampir 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang