Apa saja latihan yang bisa dilakukan dengan satu barbel?

Dilihat 328 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan latihan fitness  merupakan suatu aktifitas yang menyenangkan, terlebih lagi beragam manfaat yang akan kita peroleh setelahnya. Selain menyehatkan tubuh, latihan fitness berguna untuk memperindah penampilan seseorang, sehingga bisa terlihat lebih seksi, indah dan menarik. 

Berbicara mengenai alat olahraga, barbel (dumbbell) adalah alat yang sangat mudah ditemukan. Penggunaannya yang sangat simpel bisa dikombinasikan dengan berbagaimacam gerakan yang fleksible, dan juga memudahkannya untuk digunakan dimanapun dan kapanpun. Melakukan latihan angkat barbel secara rutin bisa meningkatkan power lengan dan juga memperbesar otot bisep orang yang melakukannya.




Latihan Fitness Yang Bisa Dilakukan Dengan Satu Barbel

Banyak sekali versi latihan yang bisa dilakukan dengan hanya menggunakan satu barbel. Tidak hanya sekedar melakukan angkat barbel menggunakan satu tangan, namun hampir semua latihan barbel bisa dilakukan dengan satu barbel juga. adapun beberepa jenis latihan tersebut adalah sebagai berikut :


  • Concentration Curl, cara melakukannya adalah dengan mengambil posisi duduk, buka kaki lebar sejajar dengan lantai, salah satu siku bertumpu pada paha, salah satu lengan memegang dumbell dan angkat dumbbel tanpa menggerakan siku.



  • Overhead Dumbbell Extension, cara melakukannya adalah dengan mengambil posisi duduk atau berdiri, genggamlah dumbble di atas kepala, turunkan dumbble ke belakang kepala sehingga siku anda menghadap ke atas, lalu angkat dumbbell ke atas kepala dan luruskan lengan anda.

                               


  • Tricep Kick Back, ambil posisi dengan menekuk salah satu lutut, gerakan tangan yang memegang dumbell ke belakang dan ke depan, lakukan sebanyak 20 kali dalam 4 set.
                             

  • One Arm Dumbbell Row, latihan ini merupakan variasi dan juga gabungan dari latihan otot punggung lainnya, latihan ini mudah untuk dipraktekkan, caranya busungkan tubuh kedepan dan satu kaki kanan di tekuk dikursi jika anda menarik dumbell dari tangan sebelah kiri begitu juga sebaliknya, usahakan punggung tegak rata dan tidak membungkuk (untuk menghindari cidera), dan pandangan anda tetap lurus ke depan kemudian tarik ke belakang dan turunkan kembali.


Demikian beberapa teknik latihan fitness yang bisa digunakan dengan satu barbel. Mengingat latihan tersebut cukup berat untuk dilakukan, maka jangan lupa melakukan peregangan dan pemanasan sebelum memulainya serta cukupi kebutuhan kalori dan nutrisi anda dengan seimbang.


Selamat mencoba!

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang