Apa saja makanan yang biasanya dimakan ketika tahun baru imlek?

Dilihat 310 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Kalau kita membicarakan hidangan tradisional yang paling populer ketika tahun baru imlekjawabannya tentu adalah Jiaozi. Sejarah dan resep di balik masakan cina yang menggiurkanbebek Peking yang lezat (北京烤鸭běi jīng kǎo yā), sup pedas manis yang enak (酸辣汤suān là tāng), Ayam lemon dengan bumbu jeruk yang nikmat (陈皮鸡chén pí jī). 


Masakan cina memang disukai oleh orang - orang di berbagai belahan dunia, tapi dari banyak masakah cina yang terkenal, satu yang benar - benar tidak tertandingi adalah dumpling yang sederhana. Dumpling atau jiǎozi (饺子), tersebar di seluruh daerah di cina, sama seperti kembang api dan warna merah. Disukai oleh berbagai kalangan mulai dari anak - anak sampai orang tua dan disajikan di hampir seluruh toko di Cina. Bisa dibilang bahwa dumpling adalah makanan pokok orang cina. 


Tapi darimana sesungguhnya dumpling berasal? Bagaimana dumpling menjadi begitu terkenal? Dan sebenarnya apa hubungannya dumpling dengan tahun baru imlek? Cerita mengenai dumpling bermulai di Cina pada tahun 225 masehi. Tapi coba kita lihat 2600 tahun sebelumnya, yaitu di masa Confusius, masa penulisan catatan hak - hak. Ditulis pada masa dinasti Zhou (1056 - 256 SM), dimana disebutkan mengenai resep pertama dumpling: "Ambil dua bagian nasi dan satu bagian daging, campur keduanya, lalu goreng". 


Para sejarawan tidak bisa memastikan kapan resepr pertama dumpling diciptakan, tapi hampir semuanya setuju bahwa dumpling berasal dari Cina. Kalau kita lihat di jaman sekarang, mudah sekali menemukan makanan kecil yang lezat ini di seluruh penjuru Cina (cukup mengagumkan bahwa resep dumpling tidak lapuk setelah 3000 tahun!). 

Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung, rasa yang renyah, kulit yang lengket dan tampilan yang lezat, daging pedas membuat dumpling menjadi makanan yang sangat semputna dimakan di siang hari. Dan meskipun ada banyak sekali jenis makanan barat yang masuk ke Cina (begitu juga sebaliknya), berbagai jenis dumpling tetap tersedia sebagai makan pokok di Cina. 


Pada tahun baru imlek, keberadaan dumpling sangat penting. Pada perayaan tahun baru implek, atau festival musin semi (chūnjié, 春节) seluruh anggota keluarga berkumpul bersama untuk menyiapkan isi dumpling dan bersama - sama membuatnya. Setelah menguras tenaga seluruh anggota keluarga, dumpling - dumpling tersebut akan dimakan di tengah malam ketika tahun baru imlek atau di hari ke lima belas yang disebut festival lentera, ketika lentera kertas dinyalakan dan diterbangkan ke langit.

Dumpling juga dianggap sebagai lambang batangan emas yang menandakan kesejahteraan untuk tahun yang akan datang di Cina bagian utara, tapi umumnya disajikan agar seluruh anggota keluarga berkumpul bersama (Memang ada saja anggota keluarga yang mengacaukan acara makan dumpling ini. Jadi jangan lupa untuk menghitung jumlah dumpling yang sudah kamu makan!). Lagipula, apa cara yang lebih baik dalam menyambut festival lentera daripada membuat dumpling mu sendiri?


Kamu bisa mengikuti resep dumpling yang ada di internet atau mencoba berkreasi dan membuat isi dumplingmu sendiri :makarani dan keju sangat menarik. Selain itu dumpling apel manis pedas juga sangat lezat.




Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang