Apa Saja Manfaat dari Berbagai Macam Tumbuhan Berikut Ini?

Dilihat 754 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu

Di masa kini, industri obat obatan dan makanan sedang gencar mempopulerkan ”nama” herbal kembali. Kata herbal itu sendiri ialah tanaman atau tumbuhan yang menyimpan zat aktif jadi bisa digunakan untuk obat alternatif tanpa adanya senyawa dari bahan kimia, jadi lebih organik dan asli.  


Disisi lain juga tumbuhan herbal gak memiliki efek samping kalau digunakan sebagai obat, untuk penyembuhan suatu penyakit. Lain hal pada obat kimia yang ada efek samping kalau dikonsumsi terus menerus untuk jangka panjang, bisa jadi penyakit kamu pulih dengan obat obatan kimia, sebaliknya lahir penyakit lain yang didapatkan lantaran obat kimia tersebut yang tidak kamu tau.


Di negara yang punya suhu tropis setiap waktu, kaya akan tanaman herbal tumbuh subur dan banyak. Mulai dari Aceh sampai Papua kita mampu tanami serta manfaatkan tumbuhan herbal tersebut untuk menyembuhkan penyakit.

Apa aja tanam-tanaman herbal tersebut, mari kita simak penjelasan berikut ini:


Tumbuhan Lidah Buaya (Aloe Vera)

Tanaman yang punya nama latin Aloe Vera dan masuk kedalam jenis Liliaceae, tumbuhan ini bersumber dari kawasan tandus Afrika. Gambaran bentuk dari tumbuhan ini yang telah banyak diingat orang adalah gak memiliki daun seperti tumbuhan lainnya.


Mayoritas orang cuma mengenal tumbuhan lidah buaya untuk kesehatan rambut,  menjaga rambut agar ga rontok, menebalkan rambut, dst. Tetapi sedianya tanaman ini dapat mengobati penyakit radang sendi, pencernaan, diabetes dan lain-lain. 


Untuk lebih jelasnya sudah kami ulas di artikel berikut: Manfaat Tanaman Lidah Buaya. Silahkan baca artikel tersebut supaya kamu jadi lebih paham.


Belimbing Wuluh

Tanaman obat lainnya yang dapat kamu tanam sendiri di halaman kamu yakni belimbing wuluh. Biasanya masyarakat kita taunya dengan nama belimbing sayur, karena sering dibuat menjadi campuran untuk makanan, sehingga membuat rasa menjadi lebih nikmat.


Buah belimbing sayur ini juga punya rasa asam yang kuat, maka dari itu tanaman ini mampu dijadikan untuk mengobati segala macam penyakit semacam rematik, gusi berdarah, sariawan dan lain-lain.


Bunga Kumis Kucing

Bunga kumis kucing punya nama ilmiah Orthosiphon Aristatus serta masuk sebagai famili Labiatae, tumbuhan ini termasuk tumbuh subur di Indonesia, sebab suhu tropis yang menyelimuti hampir setiap tahun dan secara asal tumbuhan ini berasal dari daerah Afrika yang bersuhu tropis. Gak heran juga kita menjumpai tumbuhan ini dipinggir pinggir jalan, bagaikan tanaman liar yang tak keurus.


Jarang kita mendengar tumbuhan ini digunakan untuk obat herbal penyebabnya karena pengetahuan kita yang kurang, padahal bunga kumis kucing punya manfaat yang sangat berlimpah, mulai dari menyembuhkan masalah sakit pinggang, batu ginjal, rematik dan seterusnya.

Temulawak

Tanaman ini kayaknya gak asing di telinga masyarakat kita. Dulu kamu mungkin pernah mendengar jamu temulawak. Yess,, tumbuhan dari dahulu udah biasa digunakan sebagai campuran obat herbal untuk pengobatan alternatif.

Tumbuhan yang punya bagian buah di akarnya ini bermanfaat buat menjaga kesehatan tubuh dan sebagainya.


Tanaman Cincau

Tumbuhan obat yang terakhir ialah tanaman cincau. Kita pasti pernah minum cincau bukan? Bahan cincau itu sendiri diperoleh dari daunnya loh. Secara umum daun cincau ada 2 yaitu hijau sama hitam.


Tumbuhan cincau bisa digunakan buat menyembuhkan masalah lambung, flu, demam dan lain-lain. Mantaps ya? Disamping rasanya nikmat dan dapat ngilangin haus, es cincau juga berkhasiat untuk tubuh kita ya Gens.


Demikian 5 tumbuhan herbal yang dapat kamu tanam ditempatmu, andaikan kamu ingin buat obat herbal bahannya tinggal ambil aja, enak bukan?

Semoga bermanfaat :)


Jadilah yang pertama untuk menjawab!
Tulis jawaban sekarang