Apa saja manfaat dari yoga?

Dilihat 3,04 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik pelakunya. Postur atau rangkaian gerakan dan pernapasan adalah dua komponen utama yoga. Olah tubuh ini telah dipraktikkan sejak 5000 tahun lalu di India dan telah diadaptasi ke dalam berbagai variasi.

macam-macam gerakan yoga

Saya telah melihat, mengalami sendiri, dan membaca tentang manfaat-manfaatnya mulai dari, "Aku bisa melakukan split dan meletakkan kakiku ke belakang kepala!" hingga "itu membantuku mengatasi suasana berduka akibat kematian/perceraian/trauma". Di bawah ini anda akan menemukan daftar singkat manfaat dari yoga yang berfokus pada manfaat fisik yang bisa anda lihat*.

6 Manfaat Fisik Yoga

  1. Persendian Sehat

    manfaat yoga

    Yoga membantu mensirkulasi cairan sinovial dalam persendian anda - cairan ini berada dalam sebuah kapsul yang mengelilingi sendi-sendi sinovial. Sistem ini (kapsul dan komponen cairan) membantu untuk memberi bantalan pada ujung-ujung tulang, membuat mereka dapat bergerak luwes satu sama lain, mengurangi gesekannya.

  2. Menurunkan Tekanan Darah
    teknik melakukan yoga
    Gerakan-gerakannya menurunkan tekanan darah karena sirkulasi dan oksigenasi yang lebih baik. Yoga juga dapat menyembuhkan diabetes dengan baik.

  3. Meningkatkan Fleksibilitas

    gerakan yoga paling mudah

    Gerakan-gerakan yoga dilakukan dengan meregangkan otot-otot, sehingga memudahkan pelakunya bergerak lebih lentur dan tidak mudah merasa lelah. Penelitian menemukan bahwa lebih dari 35 persen orang yang melakukan yoga selama delapan minggu telah merasakan tubuh mereka lebih fleksibel bergerak dan lebih dapat menjaga keseimbangan.

  4. Meningkatkan Kekuatan dan Ketahanan (muskular dan kardiovaskular)

    gerakan yoga

    Yoga menggunakan berat tubuh anda sendiri untuk membangun kekuatan keseluruhan. Kekuatan inti yang terutama penting untuk postur tubuh dan keseimbangan tubuh yang baik. Memiliki inti yang kuat dan tahu bagaimana cara menggunakannya akan membantu mencegah cidera lain baik diatas matras maupun diluar matras yoga anda.

  5. Kesadaran Tubuh
    Berlatih yoga mempertajam kesadaran akan tubuh fisik anda. Dalam prakteknya, murid-murid mengawali dengan melakukan penyesuaian halus secara sadar yang bertujuan untuk mencapai kesejajaran yang benar dalam suatu pose.

  6. Hubungan Pikiran-Tubuh

    keuntungan melakukan yoga

    Praktek rutin mendorong hubungan antara pikiran dan tubuh. Banyak praktisi yoga yang begitu selaras dengan tubuhnya sehingga mereka sadar saat tanda pertama muncul jika sesuatu tidak berfungsi dengan benar. Hal ini membuat respon untuk mengatasi penyakit dan keluhan lainnya menjadi lebih cepat. 

Untuk informasi lebih banyak tentang manfaat-manfaat yoga (terutama manfaat emosional atau psikologis) saya sarankan untuk mengecek website Yoga Journal. Mereka memiliki beberapa artikel-artikel bagus dengan topik itu.

*Catatan: Manfaat-manfaat ini diasumsikan pada tahap praktik rutin.

Tergantung konsistensinya, tingkatannya, dan gaya latihan anda, begitu juga kondisi kesehatan anda sekarang, pengalaman bisa berbeda. Ikuti tips-tips memulai yoga kalau anda ingin memulai yoga dari sekarang!

Namaste :)

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang