Apa saja pilihan karir setelah lulus dari sekolah farmasi?

Dilihat 1,48 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Secara umum saya akan menempatkan peluang yang potensial dalam dua kategori :

Kategori 1 : Pendidikan yang lebih tinggi

Kategori 2 : Karir profesional


Kategori 1 - Kalau kamu mau melanjutkan pendidikanmu, maka di bawah ini adalah beberapa pilihan yang dapat kamu pertimbangkan:


  • M Pharm - Kalau kamu ingin meningkatkan pemahaman dan ketrampilanmu dalam bidang farmasi, maka kamu bisa melanjutkan S2. S2 akan sangat berguna jika kamu ingin berkarir dalam bidang penelitian karena kamu akan mendapatkan gambaran yang lebih luas. Pertimbangan rasio resiko dan keuntungan ketika kamu merencakan untuk memlih suatu universitas.
  • Pharm D - Kalau kamu berencana untuk berkarir di luar negeri, ambillah Pharm D sebagai sebuah kurikulum yang dirancing untuk memenuhi kebutuhan dapat pendidikan farmasi pada banyak negara. Lulusan Farm D memegang peranan penting dalam sistem kesehatan.
  • MBA - Kalau kamu tidak ingin membatasi kesempatanmu hanya pada bidang farmasi dan ingin mempercepat perkambangan karirmu, maka MBA bisa menjadi pilihan yang tepat. Saran saya jangan mengabil MBA hanya demi uang atau karena teman atau kakak kelasmu sudah menyelesaikan MBA. Cobalah untuk memiliki gambaran mengenai apa yang ingin kamu capai di masa depan lalu putuskan. 
  • PHD - Kalau kamu benar - benar ingin berkecimpung dalam bidang penelitian, maka kamu juga bisa mengambil PHD setelah kamu lulus S1. PHD juga akan memberikanmu keunggulan dibanding orang lain ketika kamu sudah mencapai posisi senior dalam karirmu.

Kategori 2 - Kalau kamu tidak ingin melanjutkan pendidikanmu lagi dan ingin memulai karir profesional, maka kamu memiliki pilihan - pilihan berikut:


  • Pekerjaan di bidang industri farmasi/organisasi penelitian klinis/perusahaan bioteknologi - Sebagai sarjana farmasi kamu akan memiliki kesempatan untuk bekerja pada bagian - bagian seperti produksi, penelitian dan pengembangan, dll.
  • Pekerjaan pemasaran - Kalau kamu memiliki kemampuan untuk meyakinkan orang lain, maka pemasaran merupakan pilihan yang sangat baik. Penjualan merupakan bagian yang sangat penting dari perusahaan farmasi dan kamu akan memiliki peluang yang bagi di ini.
  • Apoteker di rumah sakit - Kamu memiliki kesempatan untuk menjadi apoteker di rumah sakit swasta ataupun rumah sakit milik pemerintah.
  • Bisnis farmasi - Kalau kamu dapat menilai pelanggan dengan baik, maka sebaiknya kamu membuka apotekmu sendiri. Meskipun keuntungannya agak menurun setelah adanya pembatasan keuntungan obat - obatan di tahun 2015, tapi usaha ini masih memiliki potensi penghasilan yang bagus.
  • Mengajar - Kalua kamu suka mengajar, saya yakin menjadi pekerjaan sebagai dosen bukan pekerjaan yang sulit. Tapi kamu akan membutuhkan gelas S2, S3, dll untuk memperkuat karirmu.

Sebenarnya banyak sekali kemungkinan mengenai apa yang bisa kamu lakukan setelah kamu lulus. Sekarang tergantung yang mana yang ingin kamu tekuni.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang