Apa saja tips kesehatan terbaik bagi pria pada rentang usia 24-30?

Dilihat 850 • Ditanyakan hampir 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Jaman sekarang, kehidupan pada rentang usia 22 - 32 tahun dapat menjadi sangat sibuk dan penuh dengan tekanan  (tekanan pekerjaan, pacar, atau pasangan, teman, keluarga, serta atasan di tempat kerja). Kalau kamu tidak menjaga menjaga kesehatan pikiran dan tubuhmu, kemungkinan besar tubuhmu juga tidak akan menjaga kamu dan kamu akan memiliki kesehatan yang buruk, gampang terkena penyakit, dan mengalami masalah dengan pasangan atau keluarga. Berapapun usiamu, menjalani pola hidup sehat merupakan hal yang penting. Kalau kamu mulai menjaga kesehatan tubuhmu, hidupmu juga akan menjagamu.


Di bawah ini adalah beberapa tips kesehatan yang bisa kamu lakukan:


  • Bangunlah  sebelum matahari terbit. Kamu akan merasa luar biasa saat kamu bangun di pagi hari. Kamu bisa menghirup udara yang segar (bebas dari polusi serta kebisingan kendaraan bermotor), merasakan suasana yang menenangkan, mendengar kicau burung dan merasakan ketenangan dan kedamaian. Pagi hari adalah waktu dimana tubuhmu menjadi sangat produktif dan kamu sebaiknya menghabiskan waktu sekitar 15 menit untuk duduk tenang di taman di bawah pepohonan dan menikmati matahari terbit dan segala hal yang terjadi di sekitarmu. Bangun di pagi hari merupakan awal dari hari yang produktif.
  • Bermeditasi, berolaharag, menari, berolahragalah di gym. Habiskan waktu dari jam 5 - 8 pagi untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiranmu. Bermeditasikan selama paling tidak 15 menit untuk mencapai ketenangan pikiran sebelum memulai harimu. Lanjutkan dengan lari pagi, bersepeda atau berolahraga di tempat gym untuk membentuk tubuh dan meningkatkan kepercayaan diri. Meskipun seandainya kamu tidak suk menari, cobalah menari selama 15 menit karena menari dapat membuat kamu lebih semangat dan percaya diri atau lakukan hal - hal lain yang kamu senangi. 
  • Makanlah makanan sehat dan hindari makanan cepat saji. Makanan cepat saji tidak baik bagi tubuhmu dan hanya akan membuat perutmu menjadi buncit serta tubuhmu menjadi gemuk. Pada akhirnya kamu akan kesulitan untuk sekedar berdiri dan akhirnya menjadi malas berolahraga dan menjadi cepat lelah. Sebagian besar orang memiliki pekerjaan kantoran dimana mereka duduk di depan komputer sepanjang hari dan tidak ada pembakan kalori. Karena itu, makanlah lebih banyak sayuran, buah - buaha, dan hindari makanan olahan. Makanlah dalam porsi kecil sebanyak  5 - 6 kali sehari untuk memperlancar metabolisme tubuh yang akan membantu dalam pembakaran kalori. 
  • Minumlah paling tidak 2 liter air putih setiap hari. Saya bahkan minum sampai 4 liter sehari. Air putih sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kamu bisa tidak makan selama 75 hari tapi kamu tidak akan bertahan hidup kalau harus tidak minum selama 4 hari. Air putih bermanfaat bagi kesehatan kulit, rambut, memperbaiki suasana hati, meningkatkan metabolisme dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mengkonsumsi banyak air putih dalam mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh.
  • Berhentilah merokok. Merokok merupakan pintu dari berbagai masalah kesehatan (kanker paru, penyakit jantung, asthma, dll). Pada awalnya meroko mungkin kelihatan keren, tapi kalau kamu sudah ketagihan akan sangat sulit untuk berhenti. Merokok tidak ada hubungannya dengan mengurangi stress atau memperbaiki suasana hati. Tapi kebanyakan orang meyakinkan diri mereka mengenai mitos itu. Nikotin menggantikan hormon endorfin yang mengurangi stress, tapi begitu juga dengan tertawa. Jadi kenapa kamu tidak tertawa saja ketika kamu sedang stress (tertawa itu obat yang paling baik). 
  • Minum alkohol di akhir pekan mungkin bisa membuat kamu merasa nyaman, tapi dampaknya sangat buruk untuk hatimu dan perutmu juga bisa jadi buncit. Jadi sebisa mungkin hindari minuman beralkohol. Tinggalkan segala maca tekanan pekerjaan di kantor. Jangan biarkan tekanan pekerjaan mempengaruhi hubunganmu dengan pasangan dan keluarga. Seandainya kamu memang merasa perlu untuk mencemaskan pekerjaanmu, buatlah jadwal tersendiri untuk mencemaskan pekerjaanmu. Jangan biarkan kecemasan tersebut mempengaruhi hari - harimu.
  • Dengarkan musik. Musik merupakan obat untuk setiap masalah (mungkin memang tidak bisa memberimu solusi, tapi bisa memberimu ketenangan). Dengarkan musik kapanpun kamu bisa, saat sedang olahraga, saat sedang sedih, bahagia, jalan - jalan, dsb.


Kesehatanmu tidak hanya diukur dari tubuhmu tapi dari kombinasi pikiran dan tubuhmu. Jadi luangkanlah waktu untuk mendengarkan musik yang kamu suka (kamu juga bisa mendengarkan musik instrumental yang memberikan efek menenangkan). Kalau kamu bisa mengaplikasikan seluruh hal di atas dalam hidupmu, kamu bukan hanya akan mendapatkan kesehatan yang lebih baik, tapi juga kehidupan yang lebih baik.

Terjawab hampir 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang