Apa Saja ERP Terbaik yang Cocok untuk Perusahaan Kecil dan Menengah?

Dilihat 2,78 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

ERP adalah sebuah sistem informasi yang ditujukan untuk perusahaan dalam mengelola dan merencanakan sumber daya perusahaan. Mengelola dan mengatur disini meliputui sumber daya manusia, dana, waktu, suku cadang, mesin, material, dan kapasitas dari manajemen atas hingga terbawah selayaknya para operasional perusahaan. Perusahaan-perusahaan memerlukan software ERP untuk menyempurnakan proses-proses pada perusahaan. Contohnya menghapus proses-proses yang tidak perlu, menyederhanakan proses yang rumit, menggabungkan proses yang sama, dan menerapkan proses otomatis pada proses yang masih manual. Bahkan untuk sebuah perusahaan kecil dan menengah sekali pun, tentunya dibutuhkan ERP juga sistem informasi perusahaan yang baik. Jika Anda mencari aplikasi ERP yang cocok untuk usaha kecil dan menengah, saya dapat memberikan beberapa rekomendasi. Berikut saya akan memberikan beberapa aplikasi ERP yang tepat.


7 Aplikasi ERP untuk Sistem Informasi Perusahaan Kecil dan Menengah



1. SAP ERP



Aplikasi ERP ini memiliki tingkat kepuasan konsumen paling bagus dan banyak sekali perusahaan yang menggunakannya, juga dinilai paling sempurna oleh penggunanya. SAP ERP bagus digunakan oleh berbagai jenis perusahaan mulai dari skala kecil hingga besar dalam berbagai bidang. Software sistem informasi perusahaan ini dapat mengatur pengaturan pemasaran, catatan finansial, juga catatan sumber daya serta pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Kelebihan SAP ERP adalah Anda akan merasa perusahaan Anda memiliki staff pemasaran, HRD, keuangan, dan sekretaris yang handal. Kemampuan teknisnya dibangun secara terintegrasi dan langsung terhubung dengan cloud, sehingga pengguna dapat mengakses modul kapan saja dan di mana saja. Anda pun dapat memantau ERP Anda secara real time. Aplikasi ini tersedia dalam berbagai bahasa di dunia juga memiliki standar, kecepatan, dan tools yang mumpuni. Secara umum persyaratan sistem untuk menggunakannya adalah sistem operasi Windows, Mac Os, atau Linux, serta sejenis browser tertentu seperti Chrome dan sejenisnya.


2. Zahir Enterprise Plus

           


Merupakan aplikasi sistem informasi perusahaan buatan pengembang dalam negeri, Zahir Enterprise Plus (ZEP) memiliki harga yang terjangkau dan cocok untuk perusahaan kecil dan menengah. Software ini mampu mengintegrasikan beberapa fungsi bisnis, diantaranya adalah fungsi marketing, fungsi produksi, fungsi logistik, fungsi keuangan, dan fungsi akuntansi. Sangat berguna dalam membantu pihak manajemen untuk mengambil keputusan strategis yang tepat, cepat, dan efisien. Karena semua data terpusat, tidak diperlukan sinkronisasi dan konsolidasi, data selalu terupdate, sehingga dapat diakses di mana saja dan kapan saja, mempermudah untuk mengendalikan proses bisnis dan prosedur operasional. Selain itu, tidak diperlukan instalasi untuk menggunakan aplikasi ini. Penampilannya pun dirancang dengan teliti, sehingga tampilannya menarik dan segar. Tampilannya yang user friendly mampu menyedot minat untuk mengelola bisnis dan membuat laporan keuangan secara mengasyikkan. Modul yang tersedia terdiri dari finance, accounting, interory, warehouse, purchase, management, sales, distribution management, fixed assets, dan production. Untuk proses penerapannya sanga mudah dan cepat, tanpa proses implementasi yang lama.


3. Microsoft Dynamics ERP



Aplikasi sistem informasi perusahaan ini akan memberikan bantuan yang mana sangat dibutuhkan oleh karyawan dalam konektivitas ke seluruh bisnisnya. Di dalamnya terdapat manajemen keuangan dan pasokan bahan baku, sumber daya dan operasional, serta intelligent bisnis dan laporannya. Maka dengan menggunakan software ini, Anda dapat mengambil keputusan cerdas yang paling menguntungkan perusahaan. Dengan memadukan serangkaian layanan ERP, bi, komputasi, infrastruktur, dan basis data, Microsoft Dynamics ERP membantu perusaaan dalam menyesuaikan bisnis dengan pasar yang dinamis dan juga mengelola infrastruktur perusahaan. Software ini mampu membantu perusahaan kecil dan menengah dalam bekerja dan berkembang secara efisien untuk mencapai solusi bisnis.


4. INSYSPRO




INSYSPRO merupakan aplikasi sistem informasi perusahaan yang bagus untuk perusahaan distribusi, manufaktur, retail, dan jasa yang berperan mengintegrasikan dan otomatisasi semua proses bisnis berhubungan dengan aspek produksi, distribusi, penjualan, akuntansi, keuangan, sumber daya manusia, dan proses lainnya. Dikembangkan sejak tahun 2006, software ini merupakan hasil karya pengembang dalam negeri, sehingga sangat  agus untuk pemeliharaan dan biaya tidak semahal aplikasi ERP milik luar negeri. Aplikasi ini dapat digunakan baik secara online maupun offline dan sangat mendukung pengguna terbatas seperti perusahaan kecil dan menengah. Karena Anda bisa mendapatkan lisensi akses dan database secara gratis, Anda dapat menghemat biaya belanja perusahaan Anda.


5. ABAS ERP





Software ini merupakan aplikasi ERP standar yang fleksibel untuk mengoptimalkan proses bisnis Anda mulai dari pembelian, penjualan, produksi, manajemen gudang, akuntansi keuangan, dan sebaginya. ABAS ERP sangat cocok untuk perusahaan kelas menengah dan sudah banyak sekali perusahaan kecil dan menengah yang menggunakan software ini, tercatat 1900 perusahaan menggunakan software sistem informasi perusahaan ini dan untuk setiap perusahaan pengguna, terdiri dari 10 hingga 1000 pekerja. Fitur yang ditawarkan antara lain adalah pembelian, penjualan, manajemen material, penjadwalan, produksi, biaya, evaluasi status, akuntansi aktiva, pengontrolan, sistem informasi, electronic data interchange, aplikasi web, dan lain-lain.


6. SmartERP




SmartERP menggunakan teknologi terkini dan desain yang up to date, namun tetep mengutamakan kemudahan bagi penggunanya. Dengan modular dan fitur yang lengkap dan terintegrasi dengan laporan keuangan, SmartERP akan membuat perusahaan Anda mendapat manfaat maksimal dengan biaya operasional minimal. Software ini dapat diakese di mana saja dan kapan saja secara online. Dengan dukungan multi server dan multi database, aplikasi ini mudah diakses meski oleh banyak user sekaligus di saat yang bersamaan. Bisa juga diintegrasikan dengan software lainnya, Anda dapat dengan mudah memadukannya dengan aplikasi lain seperti data capture, barcode reader, EPS, finger print, dan sebagainya. Laporan akhir disimpan dengan format pdf dan excel dengan fitur multi branch, multi warehouse, dan multi currency. Pengelolaan yang tepusat memberikan efisiensi biaya operasional IT dan pemeliharaan software.


7. BOS-ERP


Berbeda dengan software sistem informasi perusahaan lainnya, aplikasi ini dapat mengintegrasikan seluruh informasi yang ada di dalam perusahaan, di mana front office dan back office dapat ditangani bersamaan. BOS-ERP hadir dengan mengintegrasikan keseluruhan proses bisnis perusahaan dari data operasional hingga data inventori. Software ini mampu mempercepat proses bisnis serta mempermudah akses informasi dan laporan perusahaan secara terstandarisasi. Aplikasi ini dapat bekerja secara baik dengan berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac os.


Demikian adalah 7 aplikasi ERP untuk sistem informasi perusahaan kecil dan menengah, semoga dapat memberikan perbandingan yang mana saja aplikasi ERP yang cocok untuk perusahaan Anda. Perusahaan besar tentu saja memerlukan aplikasi ERP, namun apa pun jenis usaha dan skala perusahaan Anda, tentu membutuhkan pengelolaan sistem informasi perusahaan yang baik agar bisnis dapat berkembang secara maksimal dan efisien. Selain itu, tentunya promosi yang bagus juga dapat membantu perkembangan bisnis Anda seperti memanfaatkan media sosial populer di kalangan masyarakat masa kini.

Terjawab hampir 3 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang