Apa sajakah film-film horor yang terseram sepanjang masa?

Dilihat 2,88 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Dunia perfilman horor tidak henti-hentinya memanjakan para penggemarnya dengan berbagai film horor. Dari masa ke masa, genre film satu ini terus saja menyajikan berbagai macam film horor dengan plot yang menarik serta efek ketegangan yang membuat kita terlonjak kaget dan ketakutan. Dapat kita lihat dari tahun ke tahunnya pun para pembuat film horor ini selalu saja memberikan banyak sekali perkembangan dari film-film horor yang sebelumnya belum pernah kita lihat.


Sejak dulu, ada banyak sekali film hantu yang paling seram yang sukses  membuat para penontonnya kaget atau bahkan tidak bisa tidur, namun tak mengurangi rasa penasaran kita terhadap alur cerita film horor tersebut. Nah, disini saya akan bagikan kepada kamu semua film horor terseram sepanjang masa buat kalian semua.


Film Horor Terseram Sepanjang Masa

Pengertian seram adalah subjektif, berbeda bagi setiap orang. Sayangnya, banyak film horor yang menyamarkan kengerian film mereka dibalik tafsiran masyarakat dan cenderung tidak menarik  bagi para penikmat film horor yang memiliki praduga atau harapan atas suatu genre/subgenre tertentu, atau seseorang yang hanya ingin merasa takut. Aku suka film horor dengan tema cerita rakyat atau folklore seperti Blood on Satan's Claw dan Bone Tomahawk. 


Tapi kupikir keduanya bukanlah film hantu yang paling seram seperti yang kau maksudkan. Aku tidak lagi berpikir bahwa film-film yang membuatmu ketakutan di tengah malam merupakan film yang seram, namun aku tetap menyukai dan merasa terhibur dengan film hantu yang memiliki alur cerita yang baik. Dan kurasa, kau mencari film horor yang akan membuatmu tetap terhibur dan tidak perlu mencari makna terselubung di balik cerita tersebut. 


Ada beberapa film horor yang bisa memberikan sensasi sangat mengerikan seperti Suspiria, atau film horor dengan kesimpulan yang menyeramkan seperti film horor klasik The Wickerman. Aku akan memberikan beberapa judul film horor terseram sepanjang masa yang menjadi favoritku:


Galena film horor an american warewolf in london 

Film horor satu ini merupakan film keluaran tahun 1981 lho! Film ini menampilkan transformasi manusia serigala yang terhebat yang pernah ditampilkan dalam sebuah film pada tahun itu. Bahkan memenangkan penghargaan untuk film horor terbaik dalam acara Saturn Award pada tahun 1981 dan penghargaan perdana Oscar dalam nominasi makeup terbaik.

Film bergenre horor komedi ini menceritakan tentang dua orang pemuda Amerika, David Kessler (David Naughton) dan Jack Goodman (Griffin Dunne) yang berkelana melintasi Yorkshire, Inggris. 


Saat kedua sahabat ini berhenti di sebuah bar bernama 'Slaughtered Lamb', mereka mendapat peringatan dari para penduduk setempat untuk berhati-hati saat melewati daerah ladang yang sepi dan pada saat bulan purnama. Saat kedua sahabat ini berjalan-jalan mengitari daerah sekitar, tanpa disadari mereka memasuki daerah ladang yang disebutkan oleh penduduk setempat. Jack dan David yang mendengar suara lolongan segera pergi kembali ke bar yang sebelumnya mereka kunjungi, namun sialnya mereka tersesat. Di perjalanan mereka mencari tempat untuk kembali, mereka diserang oleh serigala besar yang merenggut nyawa Jack.



galena film seram night of the living dead


Night of the Living Dead merupakan film horor Amerika yang dirilis pada tahun 1968 dan diarahkan oleh sutradara George A. Romero. Film ini mendapatkan reaksi yang bagus, bahkan meraup banyak keuntungan baik dalam maupun luar negeri. Meskipun mendapatkan reaksi yang bagus dari para penonton, film ini menuai kontroversi karena konten film yang banyak menunjukkan adegan berdarah yang terlalu eksplisit untuk ditonton oleh anak-anak di bawah umur, karena pada saat itu sistem rating MPAA (Motion Picture Production) belum resmi dikeluarkan.


Atas kesuksesannya, film ini dibuat menjadi 5 seri yang diarahkan oleh sutradara yang sama, George A. Romero. Banyak orang lebih menyukai seri Dawn of the Dead, tapi kurasa film ini jauh lebih baik.


Kisah film ini berawal dari Barbra (Judith O'Dea) dan Johnny Blair (Russel Strainer) berkunjung ke makam ayahnya untuk kunjungan tahunan yang berada di daerah pedesaan Pennsylvania. Setibanya di sana, Barbra diserang oleh orang aneh yang berjalan disekitar kuburan. Saat mencoba untuk menyelamatkan adiknya Johnny tewas diserang oleh orang aneh tersebut. Barbra pun mencoba untuk lari dan menemukan sebuah rumah perkebunan. 


Malangnya di sana Barbra dihadapkan oleh sekumpulan orang yang berperawakan aneh dan mengerikan, sama seperti yang ditemuinya di daerah pemakaman, namun kali ini ia diselamatkan oleh seorang pria bernama Ben (Duane Jones) yang mengusir para penyerangnya dan bersembunyi. Bersama dengan lima orang lainnya (yang mereka temui di rumah tersebut), Ben dan Barbra mencoba menyelamatkan diri mereka dari segerombolan zombie yang ingin memangsa mereka.        



galena film horor evil dead


Evil Dead merupakan salah satu film horor terbaik keluaran tahun 1981 lainnya yang juga melambungkan nama sutradara terkenal Sam Raimi. Film ini merupakan film horor indie klasik dan cukup lumayan.


Cerita film ini berpusat pada lima orang mahasiswa; Ash Williams (Bruce Campbell), Linda (Betsy Baker) kekasih Ash, Cheryl (Ellen Sandweiss) adik perempuan Ash, bersama sahabat mereka Scotty dan Shelly pacarnya  sedang berlibur di sebuah kabin yang terisolir di daerah hutan menghabiskan liburan musim semi mereka disana. Setelah mereka menemukan sebuah rekaman kaset yang membangkitkan segerombolan setan, Ash dan sekawanannya pun mulai menderita akibat kerasukan setan yang berujung pada teror berdarah.


Setelah sukses dengan seri Evil Dead yang pertama, Raimi membuat dua sequel seri pertama, yaitu Evil Dead II (1987) dan Army Of Darkness (1992). Bahkan film ini pun dibuat versi video games, serial comics, dan hingga serial televisi. Seri keempat film ini merupakan remake serta sequel dari seri sebelumnya dengan judul yang sama, yaitu Evil Dead dan dirilis pada tahun 2013.   



galena the woman in black


Ini merupakan film horor dengan cerita yang menghidupkan kembali genre yang populer pada sekitaran tahun 1950-1960. Film ini diadaptasi dari novel horor karya Susan Hill dengan judul yang sama.


The Woman in Black menceritakan tentang seorang pengacara, Arthur Kipps (Daniel Radcliffe) yang kehilangan seorang istrinya setelah melahirkan anak laki-laki pertama mereka. Pengacara Kipps ditugaskan untuk mengunjungi Crythin Grifford untuk mengurus penjualan Eel Marsh House, sebuah kediaman yang berada di sekitar tanah rawa, serta mengambil beberapa dokumen penting yang ditinggalkan oleh Alice Drablow, sang mendiang pemilik rumah. 


Setibanya di sana, kedatangan Arthur tidak disambut dengan ramah oleh penduduk setempat, meskipun penduduk setempat memperlakukannya demikian, ia menaruh simpati kepada salah seorang pemilik tanah yang tinggal disana, Samuel Daily (Ciarán Hinds). Keesokan harinya saat Arthur bertemu dengan Jerome yang mengurusi rumah di Eel Marsh, ia malah dipaksa pergi. 


Namun ia tetap tinggal dan pergi mengunjungi rumah tersebut. Setibanya ia di sana, ia mendapat berbagai gangguan aneh bahkan melihat sosok perempuan yang berpakaian serba hitam yang berujung pada berbagai kejadian aneh selama Arthur berada di Crythin Grifford. 

  


galena dog soldiers


Sebuah film horor dengan campuran genre horor-action yang luar biasa. Film ini menceritakan tentang Sersan Harry Wells (Sean Pertwee) yang memimpin sebuah pasukan Inggris untuk melakukan sebuah ekspedisi rutin di dataran tinggi Skotlandia. 


Sekelompok enam orang pemuda yang harusnya menghabiskan malam mereka di rumah bermain video games, namun semua itu berubah ketika seonggok bangkai jatuh di api unggun tempat mereka berada. Keesokan harinya, mereka mendapati seorang kapten yang bernama Richard Ryan (Liam Cunningham) terluka parah dan menyisakan darah di markas mereka. Tak lama berselang kemudian, mereka diserang oleh seekor serigala besar yang mengejar mereka sampai ke hutan, dan diselamatkan oleh seorang zoologist bernama Megan (Emma Cleasby) yang kemudian menjelaskan tentang identitas makhluk yang mengejar mereka. Mereka pun bersembunyi di dalam sebuah rumah tua dengan ancaman monster serigala yang masih berkeliaran disekitar mereka. 



galena ginger snaps


Ginger snaps merupakan salah satu film horor lain yang mengambil tema tentang manusia serigala. Mungkin film ini tidak seseram harapanmu, namun ini akan menjadi sangat brilian ketika kamu menyadari makna tersirat di dalamnya. Film ini mengisahkan tentang dua orang saudara perempuan, yaitu Brigette dan Ginger Fitzerland yang dikucilkan oleh orang-orang di kota tempat mereka tinggal karena memiliki ketertarikan yang mengerikan akan kematian. 


Pada suatu malam, ketika mereka hendak menculik anjing seorang pembully di sekolah mereka Trina Sinclair, Ginger diserang oleh sesosok makhluk aneh. Makhluk itu menggigit dan melukai Ginger yang kemudian diselamtkan oleh Brigette. Brigette membawa Ginger kabur ke mobil van tempat Sam tinggal untuk bersembunyi. Ginger yang saat itu sedang terluka merasa tidak perlu di bawa ke rumah sakit karena secara ajaib, luka bekas gigitan makhluk tersebut hilang. 


Setelah kejadian tersebut, Brigette menyadari ada beberapa perubahan aneh pada saudarinya yang mengkhawatirkan. Ginger mulai berperilaku ganas dan liar, tumbuh bulu di tempat luka ia diserang sebelumnya bahkan yang paling aneh adalah, Ginger memiliki ekor yang tumbuh secara tiba-tiba. Akhirnya mereka mengetahui bahwa yang menyerang Ginger adalah seekor serigala dan perlahan sang gadis pun berubah menjadi seperti serigala yang menyerangnya malam itu.



galena film horor the mist


Ceritanya cukup standar, namun penggambaran karakternya sangat baik dan merupakan sebuah film dengan akhir paling luar biasa sepanjang masa. Cerita film ini diangkat dari buku dengan judul yang sama karangan novelist terkenal Stephen King. Walaupun mengangkat cerita dari novel, namun produser yang merevisi film ini mengambil akhir cerita yang lebih kelam dari novelnya, dan hal ini pun sudah disetujui oleh pengarang novel itu sendiri. 


Frank Darabount, sutradara yang mengerjakan film ini mencari desain makhluk unik lainnya yang berbeda dari desain makhluk yang pernah muncul di film-film sebelumnya.


The Mist merupakan film yang menceritakan tentang seorang pria bernama David Dryton dan anak laki-lakinya, Billy yang terjebak di supermarket yang diselimuti kabut tebal bersama beberapa warga lokal lainnya. Dialah orang pertama yang menyadari bahwa ada suatu makhluk―bukan makhluk yang berasal dari dunia ini―yang mengerikan dan berbahaya bersembunyi dibalik tebalnya kabut. 


Satu-satunya cara untuk bertahan hidup adalah tergantung bagaimana orang-orang yang terjebak di dalam supermarket itu menghadapi semua ini, namun apakah semua itu bisa terjadi? 


Orang-orang mulai kehilangan akal sehatnya akibat berada dibawah tekanan rasa takut dan panik. David pun mulai berpikir mana yang lebih mengerikan; monster yang bersembunyi di balik kabut ataukah orang-orang yang terkurung di dalam supermarket yang merupakan sahabat dan tetangganya?

Yang terakhir bukanlah kesukaanku, tapi cukup menyeramkan dan cukup menynangkan untuk ditonton sepanjang malam: Paranormal Activity, yaitu film horor yang menggunakan kamera yang dipasang untuk mengetahui berbagai kejadian supernatural yang terjadi. 


-


Itulah beberapa film horor paling seram sepanjang masa yang bisa saya bagikan kepada kalian semua. Pastikan kamu juga menyempatkan waktumu untuk menonton beberapa film yang saya rekomendasikan untuk mengisi waktu luangmu.

Terjawab sekitar 3 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang