Apa saja jenis-jenis minuman kopi berbahan dasar espresso?

Dilihat 11 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Siapa yang tidak suka kopi? Sebagian besar orang pasti suka minuman pekat berkafein satu ini, apalagi para anak muda dan pekerja yang membutuhkan mood booster setiap harinya.


Di Indonesia sendiri, jenis-jenis kopi lokal ada beragam variasinya karena datang dari berbagai provinsi yang berbeda, dengan segala keunikan cita rasanya, seperti kopi Lampung dan kopi Gayo. Keberagaman ini jugalah yang menjadi salah satu faktor penarik pelanggan kedai kopi.


Nah, sejauh ini, hasil olahan kopi yang paling terkenal di kalangan anak muda adalah espresso. Jangan salah, espresso adalah ekstrak dari biji kopi dan merupakan salah satu cara membuat kopi yang enak; bukan nama jenis kopi.


Beberapa kedai kopi seperti Starbucks dan The Coffee Bean and Tea Leaf menggunakan selalu espresso sebagai bahan dasar minuman kopi racikan mereka. Namun sayang, penikmat kopi sejati menganggap Starbucks memiliki cita rasa kopi yang buruk..


Tapi selain menu-menu dari kafe tersebut, sebenarnya ada banyak jenis kopi yang menggunakan espresso sebagai bahan dasarnya. Apa sajakah kopi-kopi tersebut? Simak daftarrnya di bawah ini!




Jenis-jenis Kopi Berbahan Dasar Espresso



Metode kopi espresso adalah metode kopi asal Italia yang disajikan dengan lebih kental dan memiliki kandungan kafeinnya lebih tinggi atau kuat, karena volumenya yang lebih kecil. 


Kopi espresso dibuat dengan menggunakan mesin espresso yang menghimpit bubuk kopi yang telah digiling halus dengan air mendidih. Kata espresso juga berasal dari Bahasa Italia yang berarti "cepat" karena dalam pembuatan dan penyajiannya dilakukan dengan cepat. 


Berikut ini adalah berbagai jenis kopi nikmat dengan bahan dasar espresso, yaitu: 

  • Affogato

Kopi Affogato


Affogato merupakan variasi pembuatan kopi yang bisa dibuat di rumah sendiri karena penyajiannya yang sederhana dan gampang sehingga kita tidak perlu pergi ke kafe atau kedai kopi. Affogato adalah istilah yang secara harfiah berarti "tenggelam." 


Sebagai gambaran, jenis kopi ini adalah perpaduan antara kopi espresso (yang disajikan terpisah) ditambah dengan satu scoop es krim vanilla atau gelato. Kemudian espresso dituangkan atau disiram pada bagian atas es krim. 


Biasanya Affogato disajikan di gelas minuman yang pendek dan kopi jenis ini merupakan minuman favorit orang Italia. Affogato yang paling banyak disukai adalah Vanilla Affogato, Mocha Affogato, dan Peppermint Affogato.


  • Americano

Sering dikenal dengan sebutan "Lungo" atau "Long Black" dan dibuat dengan cara mencampurkan 1-2 sendok espresso dengan air panas agar mendapatkan tekstur, rasa, dan gaya dari kopi ala Amerika. Karena pada umumnya orang-orang Amerika menyukai kadar kopi espresso Italia yang lebih ringan (encer) dan tidak terlalu pahit.


  • Babycino

Jenis minuman kopi capuccino yang biasanya disajikan terutama untuk anak-anak. Babycino terbuat dari susu hangat dalam cangkir kecil, dan ditaburi dengan buih susu serta coklat bubuk bagian atasnya. 


Sedikit melenceng, tapi kopi ini tidak ditambahkan espresso sama sekali. Babycino adalah minuman kopi tanpa kafein yang penyajiannya dalam bentuk kecil berisi susu, foam, dan bubuk cinnamon. Kopi ini dibuat untuk anak-anak tapi tidak jarang orang tua juga menyukainya.


  • Breve

Breve adalah sebuah istilah di Italia yang berarti 'pendek', yang digunakan untuk menggambarkan minuman kopi espresso yang dibuat dengan cara memadukan krim dan susu skim (pengganti susu full fat), dengan komposisi 50:50. Takarannya yang seimbang akan menghasilkan minuman kopi espresso dengan rasa yang enak.



  • Caffe Freddo

Kopi Freddo adalah jenis minuman yang cukup populer di Italia, ada beberapa versi kopi freddo tapi kopi jenis ini termasuk dalam kategori minuman dingin. 


Minuman ini bisa disimpan terlebih dahulu espresso-nya ke dalam kulkas agar bisa disajikan dingin, bisa juga langsung dimasukan es batu ke dalam cangkir yang tertutup dan dikocok dengan kuat. Jenis minuman espresso yang manis ini biasanya disajikan dengan es dan menggunakan sebuah wadah gelas yang tinggi.


  • Caffe Latte atau “Latte”

Latte disebut juga "kopi susu yang tiada tara". 


Perpaduan antara susu segar (tanpa busa) dengan kopi espresso yang biasanya disajikan di dalam gelas yang tinggi akan memberikan rasa luar biasa di lidah anda.


  • Caffe Mocha

Merupakan kombinasi antara sirup cokelat dengan satu sendok kopi espresso, lalu campur dengan susu hangat cair dan lapisan micro-foam (busa). Sentuhan terakhir dengan memberikan taburan coklat sebagai hiasan di atasnya.


  • Cappuccino Chiaro: (Wet or Light Cappuccino)

Cappuccino jenis ini mengandung lebih banyak susu (lebih banyak daripada capuccino pada umumnya) dan rasanya cukup nikmat sekali. Ini cocok bagi anda yang tidak begitu menyukai kopi.


  • Cappuccino Scuro: (Dry or Dark Cappuccino)

Cappuccino jenis ini memiliki kandungan susu yang hanya sedikit. Biasanya diminum bagi orang yang kurang menyukai susu tapi rasa kopi dan coklatnya sangat terasa.


  • Cappuccino: “Cap”

Siapa yang tidak kenal Cappuccino? Cappuccino dikenal juga sebagai "minuman tradisional untuk memulai hari." 


Capuccino merupakan perpaduan antara susu segar berbusa yang dicampur dengan satu ekstrak minyak kopi (yang terbuat dari 12 gram biji kopi segar yang menghasilkan 38 ml sari kopi asli), lalu diakhiri dengan menuangkan busa susu dan coklat bubuk di atasnya. 


Biasanya cappuccino disajikan dalam gelas atau mug keramik kaca.


  • Cortado

Dalam bahasa Spanyol berarti "memotong", yaitu minuman kopi espresso yang biasanya tersaji dalam cangkir kaca, 'dipotong' dengan sedikit susu hangat (untuk mengurangi keasaman), sehingga rasa yang dihasilkan merupakan perpaduan antara macchiato dan cappuccino. 


Minuman ini terkenal di Spanyol dan Portugal, juga di seluruh Amerika Latin dan Kuba, dan biasanya dinikmati pada waktu sore hari. Banyak variasi cortado yang dibuat, seperti menuangkan lebih banyak busa di atas cortado (pada umumnya), dan dikenal dengan nama lain yaitu Piccolo atau Gibraltar.


  • Corretto

Corretto yaitu salah satu minuman kopi espresso yang 'dikoreksi' dengan sentuhan grappa, cognac, sambuca, atau bahan lainnya.


  • Doppio

Jenis-jenis kopi dari Italia ada sangat beragam, doppio adalah contoh selanjutnya. Doppio adalah istilah yang digunakan orang Italia untuk menyebut double (dua kali lipat). Double Espresso adalah jenis yang akan kita dapatkan ketika jumlah kopi dan jumlah air adalah dua kali lipat dari ukuran yang biasanya. 


Jumlah espresso yang dimasukkan ke dalam wadah/cangkir berjumlah dua kali lebih banyak juga.


  • Espresso con Panna

Minuman kopi ini adalah variasi dari macchiato, tetapi menggunakan whipped cream/krim di bagian atasnya (bukan busa susu seperti pada macchiato). Minuman ini adalah penemuan dari Starbucks, yang dalam bahasa Italia berarti "Espresso dengan Krim".


  • Espresso Lungo

Kopi Espresso Lungo


Espresso Lungo adalah minuman khas Amerika, satu shot espresso diekstrak lebih lama lagi untuk mendapatkan cita rasa espresso yang khas. Biasanya kafein yang larut cenderung lebih banyak, sehingga akan menghasilkan rasa kopi yang lebih pahit.


  • Espresso Romano

Espresso ini biasanya disajikan dengan kulit lemon (di sisi gelas). Tidak demikian halnya dengan penyajian di Italia yang umumnya disajikan dengan cara penyajian minuman espresso di Amerika. 


Biasanya espresso disajikan dingin, panas atau dengan es. Ada berbagai jenis Espresso Romana yang disajikan, bisa berwarna krem, coklat gelap, dan coklat terang tergantung selera.


  • Flat White: “White Coffee”

Jenis minuman kopi ini disebut juga "rasa yang tidak bisa digambarkan". 

Ini karena steamed microfoam milk yang dituangkan ke seluruh bagian krim espresso, yang terbuat dari 12 gram biji kopi segar dan menghasilkan 38 ml sari kopi asli. 


Disajikan hangat dalam gelas keramik kaca. Kopi jenis ini biasanya banyak berasal dari Australia/New Zealand. Sangat tepat bagi para pencinta Latte!


  • Hammerhead

        Kopi Hammerhead


Jenis kopi ini biasanya disajikan hanya di Amerika serikat. Hammerhead berisi espresso dalam takaran cangkir regular, yang kemudian diisi beberapa tetes kopi. Kopi jenis ini biasa dikenal dengan sebutan "tembakan dalam gelap".


  • Irish Coffee

Jenis kopi ini dicampur dengan sedikit jenis whiskey Irlandia dan disajikan dengan krim di atasnya. Anda bisa bayangkan betapa luar biasa rasanya!


  • Latte Macchiato

Latte Macchiato adalah susu yang disajikan di dalam gelas tinggi berukuran besar, lalu ditambahkan kopi espresso ke dalam segelas susu tersebut.


  • Long Black

Sering disebut juga "American", kopi ini adalah jenis "kopi tanpa susu". Minuman ini adalah sejenis minuman kopi murni yang terbuat dari ekstrak kopi asli (16 gram biji kopi segar dan menghasilkan 50 ml sari kopi asli ) lalu dididihkan dengan air panas. Disajikan hangat dalam gelas keramik kaca, minuman ini termasuk kopi espresso standar (Short Black).  


  • Lungo

Minuman espresso ini dibuat dengan cara menambahkan jumlah air yang lebih banyak kedalam kopi (agar lebih encer dari ukuran biasa). Biasa disebut Americano atau "Long". 


Lungo diseduh dengan air panas sehingga menghasilkan tekstur encer tidak kental dan tidak terlalu pahit.


  • Macchiato

Kopi Macchiato

Macchiato memiliki arti "bercak/noda"  minuman ini menggambarkan "noda atau tanda yang kuat". Susu pada minuman kopi ini dicampur ekstrak kopi dua kali lebih banyak, yang terbuat dari 24 gram biji kopi segar dan menghasilkan 75 ml sari kopi asli yang disajikan dalam gelas.

  • Mazagran

Minuman kopi ini berasal dari Perancis yang terbuat dari kopi dingin dan minuman bersoda. 

Mazagran memiliki sejarah yang unik. Minuman kopi ini pertama kali diciptakan oleh tentara Perancis pada tahun 1840 di Mota Argelia. Salah satu variasi yang dibuat adalah dengan mencampurkan kopi dingin dan buah ceri.

  • Quad

Minuman quad espresso yang dibuat dengan empat shot kopi. 


  • Ristretto

Ristretto dalam bahasa Italia berarti "terbatas, menyusut, atau singkat". Minuman kopi ini serupa dengan espresso tetapi menggunakan air yang lebih sedikit. 

Hal ini menyebabkan kopi ristretto menjadi lebih pekat dibandingkan dengan espresso. Shot pendek yang hanya 3 ons per saji. Disajikan dalam satu cangkir kecil (demitasse cup).


  • Short Black
Kopi Short Black

Ini adalah minuman kopi murni dan kopi favorit dari Italia. Penyajiannya biasanya dilakukan dalam ukuran dua kali shot yang setara dengan 75 ml. Disajikan dalam gelas, dikenal juga dengan nama espresso oleh orang-orang Eropa.


  • Viennese Coffee

Roast coffe hitam yang diseduh dengan air panas dan disajikan dengan whipped cream. Kopi hitam pekat ini disajikan dengan gelas yang atasnya diberi krim kocok dan coklat yang ditaburkan secara terpisah.



-


Itulah jenis-jenis kopi yang dibuat menggunakan metode espresso yang bisa anda temukan diberbagai kedai kopi. Cukup banyak bukan? 

Metode Espresso adalah salah satu metode cara membuat kopi yang enak dan cukup praktis. 


Jika anda adalah penggemar berat kopi dan sering mengonsumsinya setiap hari, perhatikanlah beberapa efek baik dan buruk yang ditimbulkan kopi dalam jangka panjang. Contoh efek buruknya adalah dampak kafein bagi kesehatan dan pengaruh pada penampilan, karena kopi membuat gigi anda kuning. 


Sebenarnya ada banyak cara mengurangi gigi kuning akibat minum kopi secara alami yang bisa anda gunakan. Oleh karena itu anda bisa tetap menikmati kopi tanpa perlu khawatir terhadap efeknya.


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang