Apa saja kekurangan dari HP Xiaomi? Haruskah saya membelinya?

Dilihat 389 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

    

Xiaomi merupakan merek asal China yang terhitung belum lama memasarkan produknya di Indonesia, namun begitu ia mampu bersaing dengan produsen yang sudah lama eksis baik lokal maupun merk terkenal seperti Samsung ataupun Apple. Xiaomi kira-kira sudah memiliki jutaan penggemar di tanah air, pasalnya hp android buatan xiaomi ini memiliki kualitas bagus dari segi hardware maupun software, namun dengan harga yang murah meriah. 

Xiaomi saat ini menjadi salah satu smartphone paling diminati pengguna android, karena vendor asal China satu ini memang tergolong inovatif dengan produk-produknya, terbukti hampir semua gadget buatanya laris di pasaran. Meskipun banyak pula yang mencibir bahwa Xiaomi adalah tukang jiplak produk-produk Apple.

Ponsel asal Tiongkok ini menjadi idola karena punya spesifikasi yang jempolan. Selain itu, harga yang ditawarkan pun cukup murah bila dibandingkan dengan smartphone lainnya. Tetapi, di balik kehebatannya, ternyata ada juga kekurangan handphone xiaomi. Nah, agar anda tidak penasaran, berikut kelebihan dan kekurangan handphone xiaomi yang harus anda tahu sebelum anda memutuskan membelinya. Apa saja sih? Yuk kita lihat uraian lebih lanjut di bawah ini.


Kelebihan Handphone Xiaomi

Salah satu kelebihan utama HP xiaomi adalah bandrol harga yang mereka berikan cukup terjangkau namun tetap bisa menyuguhkan komponen-komponen spesifikasi yang juga cukup berkelas dan berkualitas. Berikut kelebihan HP Xiaomi lainnya :

  • Memiliki Harga yang Cukup TerjangkauBisa dibilang dari sekian banyaknya tipe smartphone, HP xiaomi merupakan smartphone yang memiliki harga jual cukup terjangkau dan juga cukup murah. Hal ini tentu saja karena Xiaomi sendiri hadir sebagai salah satu pabrikan ponsel pintar yang memilih pangsa pasar dunia di lini menengah bawah. Sehingga tidak heran bila harga hp xiaomi yang di berikan di setiap tipenya cukup murah dan terjangkau.
  • Memiliki User Interface Khas Bernama MIUI - Kelebihan hp Xiaomi yang tak mungkin dilupakan adalah terdapatnya User Interface bernama MIUI. Di mana user interface yang diberi nama MIUI tersebut juga di dalamnya banyak sekali membawa fitur-fitur handal yang tak banyak dimiliki OS lain. Dari sekian banyaknya salah satunya OS MIUI ini menyediakan banyak sekali bentuk tampilan yang dapat di pilih sesuai selera oleh penggunanya.
  • Kustomisasi Home Screen yang Mudah - Kelebihan Hp Xiaomi yang lain adalah terdapatnya theme manager, yang mana di dalam opsi ini pengguna juga dihadapkan dengan fitur kustomisasi yang sangat lengkap. Di dalam fitur ini, pengguna bisa memilih-milih mana tampilan status bar, icon, font, serta gaya lock style yang ingin digunakan dari beberapa tema yang sudah terinstal di hp Xiaomi pengguna.
  • Selalu Mendapat Update Di Setiap Minggunya - Bagi pengguna hp Xiaomi, tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya Stable Rom dan Developer Rom, yang mana kedua rom tersebut selalu di berikan update oleh pihak Xiaomi secara berkala. Bahkan khusus untuk Developer Rom nya, akan selalu di berikan update di setiap minggunya yang biasanya akan mulai muncul pada hari Jumat sore.
  • Selalu Memiliki Desain yang Cukup Elegan - Dibawakannya desain yang cukup elegan di setiap tipe ponsel Xiaomi memang menjadi salah satu kelebihan hp Xiaomi yang menjadikan hampir semua ponsel buatan Xiaomi ini selalu laris manis di pasaran.
 

Redmi 2 Prime

Kekurangan Handphone Xiaomi

Meskipun punya banyak kelebihan, smartphone ini pun masih punya beberapa kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan handphone xiaomi. Beberapa di antaranya benar-benar mempengaruhi keputusan bagi sebagian besar orang apakah ingin membelinya atau tidak.

  • Kekurangan handphone xiaomi yang paling utama adalah masalah update software (OS). Hp Xiaomi terkenal susah untuk update ke Sistem Operasi (Android) terbaru. Android Nougat sudah siap diluncurkan, namun sebagian besar HP Xiaomi belum diupdate ke android Lollipop. Yang benar saja!
  • Biasanya Hardware bagian depan untuk HP Xiaomi memang bagus, namun MIUI yang berat menyebabkan sebagian besar RAM tidak tersedia. Saya memiliki Mi Pad dan Redmi Prime 2 dan keduanya memiliki RAM 2 GB, namun RAM yang tersedia tidak pernah melebihi 1 GB dan terkadang turun hingga 200 MB. Meskipun MIUI menyediakan fitur dan kostumisasi yang bagus, tetapi apa gunanya?
  • Sebagian besar HP Xiaomi cenderung mengalami overheat. Coba masuk ke online shop yang menjual HP Xiaomi dan bacalah review untuk Redmi 1S. Orang-orang membandingkannya dengan tingkat kepanasan mesin pemanas air dan rice cooker. Bahkan Mi Pad saya juga selalu menjadi panas bila digunakan untuk bermain game dan bagian terburuknya adalah casing yang terbuat dari plastik. Panas tidak bisa menghilang dan menetap. Ini membuat handphone yang panas akan menjadi semakin panas lagi.
  • Jika terjadi kerusakan, biaya perbaikannya sangat mahal. Untuk memperbaiki sim card reader Redmi 2 Prime milik saya, saya telah membuang uang sebesar Rp. 600.000, untuk sebuah benda seharga Rp 1.500.000. Belum lagi, pelayanan yang buruk dan jumlah service center yang tersedia pun sedikit.

Xiaomi MIPAD


Nah, itulah ulasan mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan handphone xiaomi. Semoga informasi ini bisa memberi gambaran dan referensi bagi anda yang mungkin penasaran dengan Hp Xiaomi yang sedang anda incar. Namun jika anda masih penasaran juga, anda bisa baca informasi lainnya di sini ya: Apakah HP Xiaomi cukup bagus? Apa saja keunggulannya? dan Dapatkah kita mempercayai HP Xiaomi ?

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang