Apa sajakah perbedaan budaya kerja di negara Indonesia dan US?

Dilihat 728 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Indonesia dan Amerika Serikat memang adalah dua negara yang sangat berbeda.Indonesia menggunakan paham ekonomis campuran dan Amerika Serikat menggunakan paham ekonomis yang sangat kental dengan idealogi kapitalisnya. Tentu di benak anda akan berpikir pasti perbedaan sistem ekonomi ini akan menimbulkan keberagaman yang sangat besar di bidang budaya kerja. Tapi apakah itu benar? Disini akan kita bahas apa perbedaan atau bahkan persamaan budaya kerja yang ada di Indonesia dan dengan apa yang ada di Amerika Serikat.




Secara mengejutkan budaya kerja di Indonesia dan Amerika dapat dikatakan kurang lebih sama.Saya membandingkan gaya kerja di Jakarta dengan perusahaan-perusahaan besar yang berada di Amerika bagian barat.

Saya tidak tahu apakah hasil pengamatan ini dapat diterapkan pada kota-kota lain di Amerika ataupun Indonesia.


Persamaan Budaya Kerja Amerika Serikat dengan Indonesia


Dari segi waktu bekerja, pekerja Indonesia dan Amerika terbilang relatif sama. 

Jam kerja di Indonesia di mulai pada pukul 8 pagi dan berakhir pada pukul 17.30 sore hari. Pada pukul 19.00 biasanya kantor sudah mulai sepi karena mayoritas perkeja sudah pulang. Hanya sedikit orang yang meninggalkan kantor tepat waktu atau tetap bekerja di kantor sampai melebihi pukul 19.00 sore. Untuk urusan bekerja, bergurau, dan bersosialisasi sepertinya seimbang dan tidak ada kendala.Waktu rapat biasanya hanya sebentar namun pegawai tidak akan dimarahi jika datang agak telat.


Namun perbedaan signifikan biasanya terjadi apabila ada pergantian musim tertentu, terumata musim dingin di Amerika Serikat. Beberapa perusahaan mempunyai jam kerja yang lebih sedikit pada musim salju. Hal ini dikarenakan lamanya matahari bersinar saat musim dingin itu sangat sedikit dan membuat orang tidak produktitif kerja, atau karena alasan lain.



Perbedaan Budaya Kerja Amerika Serikat dengan Indonesia.


Amerika

  • Lebih serius menyakut batasan waktu (deadline) dibandingkan orang Indonesia.
  • Mengikuti perkembangan tugas dengan lebih serius.
  • Memiliki plan B jika plan A tidak dapat dilaksanakan.
  • Suka menegur orang saat berada di lift ataupun saat mengisi minum.

Indonesia

  • Cenderung tidak menggunakan waktu yang diberikan dengan sungguh-sungguh walaupun mereka tetap dapat menyelesaikan tugas tepat waktu. 
  •  Panik saat mengalami kegagalan.
  • Bagi orang Indonesia, menegur orang setiap saat bukanlah hal yang sering mereka lakukan. Jangan pernah bertanya "bagaimana liburanmu?" karena bagi mereka itu sama saja seperti menanyakan "bagaimana hubungan intimmu semalam?".


Salah satu perbedaan yang besar pada gaya kerja orang Indonesia dan orang US adalah dimana orang Indonesia cenderung menyikapi kedudukan dengan lebih serius. Sebagai contoh, seorang pegawai dengan jabatan junior manager lebih memilih untuk tidak jadi makan dibandingkan jika mereka harus berbagi meja dengan Wakil ketua perusahaan tempat mereka bekerja. Hal ini berbanding terbalik dengan orang Amerika yang berpikir bahwa ini adalah peluang bagus untuk dapat lebih mengenal sang Wakil ketua.


Perbedaan budaya kerja ini pasti di karenakan beberapa faktor. Bisa karena faktor ideologis, atau karena faktor geografis. Tapi secara garis besar, rata rata pekerja dunia memiliki budaya kerja yang sama dengan negara lain.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang