Apa sajakah takhayul yang bersangkutan dengan Tahun Baru Imlek?

Dilihat 3 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Diikuti hampir secara umum oleh semua orang: Membersihkan rumah sebelum tahun baru. Anda tidak ingin membersihkan nasib anda. Tidak ada pemotongan rambut,  kuku atau hal-hal lain selama beberapa hari pertama. Mencuci rambut di hari pertama juga bukan ide yang baik. Menghindari berbicara tentang kematian atau hantu. Menempelkan kata 福 (nasib) atau 春 (musim semi) secara terbalik di pintu atau jendela. Sebuah plesetan "倒" (terbalik) diucapkan identik dengan "到" (kedatangan) di Cina sehingga dengan tetap berpegang teguh pada sesuatu secara terbalik anda menyambut hal tersebut. Membuat 年糕 (Kue lengket Tahun Baru) dan sebaiknya mencicipi sedikit 灶王 (dapur dewa) menyuapkannya [atau menempelkan pada mulut],  jadi ketika anda melaporkannya pada 玉皇 (Kaisar Giok) tentang anda selama setahun belakangan ia tidak akan mengatakan hal-hal yang buruk. 


Bagi orang yang berbicara Bahasa Mandarin, 年糕 adalah sebuah plesetan untuk 年高, 糕 (kue) dan 高 (besar) yang diucapkan secara identik. Tidak ada pemberian hadiah benda tajam,  jam,  sepatu,  pir,  payung atau yang hal tabu lainnya. Sebagian besar benda-benda ini menbentuk permainan kata-kata dalam Bahasa Cina dengan hal yang tidak menguntungkan seperti memisahkan atau sekarat atau terkait dengan ritual. Memberikan hadiah berupa jeruk,  permen,  uang (dalam amplop merah) bahkan nomor sebaiknya menggabungkan nomor 8 yang dianggap beruntung. Namun tidak pernah menghadiahi dalam jumlah 4 karena 4 terdengar seperti karakter untuk kematian. Hindari memakai warna putih (yang berhubungan dengan kematian) selama perayaan. Mengenakan pakaian berwarna-warni terutama merah dianjurkan. Di zaman modern,  telah populer bagi para pemain untuk memakai jas barat.,  sehingga mereka dapat memakai dasi merah. 


Beberapa takhayul tradisional,  diikuti oleh beberapa orang tapi beberapa telah hilang,  tergantung pada wilayah seperti: Makan makanan vegetarian pada hari pertama. Membunuh binatang pada hari ini akan mempengaruhi penjangnya umur anda. Tidak ada penggunaan pisau pada hari pertama. Memotong sayuran anda sehari sebelumnya dan menyimpannya. Tidak ada pembelian buku selama festival. Buku terdengar seperti kata Cina "kehilangan". Tidak membuang sampah dari hari pertama sampai hari ke empat. Ini akan berarti keberuntungan anda akan dilempar jauh juga. Sampah dapat dibuang mulai dari hari ke 5. Sampai pada hari itu,  semua sampah harus diletakkan di sudut,  tidak dibuang. Yang terbaik adalah menggunakannya kembali/ mendaur ulang/ mengurangi penggunaan apa pun yang bisa menjadi sampah selama hari-hari tersebut (latihan lingkungan hidup yang hebat bukan?). 


Demikian juga,  tidak menyapu lantai dari hari 1 sampai hari ke 4. Anda harus melakukannya sebelum hari pertama. Meskipun orang modern akan menghindari pembicaraan tentang kematian dan hantu,  lebih banyak orang tradisional akan sangat menghindari mengucapkan kata  死 (kematian) dari setidaknya malam sebelum hari pertama sampai akhir hari ke empat,  jika mereka tidak berbicara tentang kematian. Beberapa memperpanjang ini sampai hari ke 15 dan dengan setiap kegiatan yang berkaitan dengan tahun baru. (Bagi orang-orang tradisional,  hal ini berarti juga menghindari permainan yang mencakup kematian sebagai sebuah konsep atau dapat menyebabkan anda mengucapkan kata untuk kematian. Juga tidak tepat mengucapkan kata-kata yang menggunakan kata-kata kematian seperti  煩死了(peduli untuk kematian) atau  凍死了(mati beku) bahkan jika anda tidak benar-benar berbicara tentang kematian). Secara umum itu adalah waktu yang baik untuk berlatih berbicara baik kepada orang-orang. 


Pada hari ketiga sampai ke empat bukanlah hari yang bagus untuk mengunjungi teman-teman, Pada hari ke 15  (元宵 Yuanxiao) adalah hari bagus untuk menemukan pasangan cinta jika anda lajang. Hari ini (tambahan untuk memakan nasi bola dan menggantung lentera) secara tradisional menjadi semacam Hari Valentine setidaknya sejak Dinasti Tang,  ketika kaisarnya mengangkat jam malam sementara selama beberapa hari sehingga orang-orang bisa berdansa semalaman. Terdapat sebuah legenda mengatakan bahwa menggantung lentera dan meledakkan petasan pada hari 15 sebenarnya berasal dari takhayul untuk membuat 玉皇 (Kaisar Giok),  yang marah pada saat ini dan ingin membakar bumi ,  berpikir bahwa bumi sudha terbakar sehingga ia dapat puas dan tidak benar-benar membakar bumi. (Ini hanya salah satu dari banyak legenda sekitar 元宵 Yuanxiao). 


Legenda mengatakan bahwa ada 12 ( 60 tergantung pada konteks) jenderal yang ditunjuk oleh langit bergiliran mengatur dunia fana setiap tahun. Mereka adalah tanda astrologi sesuai dengan tahun yang berjalan mungkin menyinggung Taisui  (misalnya,  jika anda kelinci,  dan saat ini adalah tahun kelinci) dan harus ekstra hati-hati pada tahun ini. Ini juga merupakan ide yang baik untuk menambah ikon kecil tersebut sepanjang tahun untuk keselamatan,  dan saat bepergian (atau memiliki teman untuk pergi) dan mencoba untuk menghibur Taisui pada awal tahun untuk membuat anda tetap aman. 


Jika anda belum menduga,  budaya Cina menyukai permainan kata-kata. Bukan vegetarian terutama Asia Tenggara mungkin fokus pada makan ikan di beberapa titik karena 餘 (berlimpah)  diucapkan seperti 魚 (ikan); 年年有魚 (setiap tahun memiliki ikan) terdengar seperti  年年有餘 (bulan Mei setiap tahun manjadi melimpah). Memakan sayuran segar pada hari 立春 (posisi matahari di Cina mulai dari musim semi Cina yang kerena tenaga surya diperhitungkan selalu bertepatan dengan tanggal barat pada 3 Februari atau 4 Februari,  namun tentu saja sekitar jangka waktu umum sama dengan perayaan tahun baru lunisolar yang jatuh di mana saja pada bulan Januari-Februari) untuk menyambut Musim Semi.


Pernikahan bukanlah ide yang baik di tahun-tahun tertentu. 立春 (jangka waktu matahari mulai Musim Semi) adalah salah satu dari 24 istilah matahari,  pada kalender matahari kuno Cina. Meskipun sekitar waktu Tahun Baru Cina,  karena didasarkan pada orbit Bumi mengelilingi matahari,  itu tidak bertepatan pesis dengan kalender lusionar (dan seperti disebutkan diatas,  kebetulan berkorelasi hampir semua sempurna dengan kalender matahari barat). Dengan kata lain,  立春 mungkin kadang-kadang terjadi sedikit sebelum tahun baru,  dan kadang-kadang terjadi sedikit setelahnya. Oleh karena itu,  sebagai hasil ada beberapa tahun lunar yang tidak mengandung sebuah 立春 mana saja selama tahun lunar,  apakah di awal atau akhir bulan tahun tersebut. Pada tahun 庚寅 baru saja terlewati (tahun lusionar yang dimulai pada tahun yang buruk untuk menikah,  dan beberapa orang tradisional akan mendorong perayaan pernikahan pada tahun berikutnya).

 



Terjawab hampir 3 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang