Apa sajakah tips agar tetap sehat dalam menjalankan ibadah puasa?

Dilihat 6 • Ditanyakan sekitar 1 jam lalu
1 Jawaban 1

Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana selama satu bulan penuh umat islam diwajibkan untuk menjalankan suatu ibadah puasa. Selama sebulan itu, para umat islam menjalankan ibadah puasa, menahan rasa lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam lamanya. Meskipun begitu, puasa memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, dan tentu saja jika dijalankan dengan cara yang sehat pula.

Banyak yang berpikiran berpuasa menahan lapar dan haus lantas membuat tubuh kita lesu dan lemas, padahal kenyataannya tidak demikian. Ada beberapa trik dan tips sehat saat puasa yang bisa membantu anda tetap sehat bugar dalam menjalankan ibadah puasa anda sehingga bisa melakukan aktifitas keseharian anda seperti biasanya. Dengan mengikuti tips sehat saat puasa yang saya berikan ini untuk menjaga kondisi badan anda tetap sehat dan bugar saat menjalankan ibadah puasa. Silahkan simak terus sampai akhir ya.


tips sehat saat puasa



Tips Sehat Saat Menjalankan Puasa


Menjalankan ibadah puasa–menahan rasa lapar dan haus– di bulan Ramadhan merupakan hal yang wajib dilaksanakan bagi tiap umat islam. Agar dapat menjalankan ibadah puasa ini dengan baik, menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar saat berpuasa adalah hal yang sangat perlu untuk diperhatikan. Karena jika tidak mengindahkan kesehatan tubuh anda dan hanya dengan sembarang saja berpuasa (hanya sekedar menahan lapar dan haus), ibadah puasa yang harusnya bisa bermanfaat, jadi malah membahayakan tubuh anda. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan?


Untuk menjaga tubuh anda tetap sehat dan bugar dalam menjalankan ibadah puasa, berikut beberapa tips sehat saat puasa yang bisa saya berikan untuk membantu anda.


1.    Mengonsumsi makanan sehat saat sahur


Ketika berpuasa, tubuh kita mengalami perubahan sesuai dengan lamanya waktu kita berpuasa. Faktanya, tubuh memerlukan waktu delapan jam untuk menyerap nutrisi dari makanan terakhir. Agar tubuh kita tetap kuat dan segar, memberi asupan terlebih dahulu sebelum berpuasa adalah hal yang harus dilakukan. Maka dari itu, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi saat sahur adalah hal yang perlu.

Selain itu, anda juga perlu untuk memperhatikan porsi makan saat sahur. Terkadang, banyak dari kita yang berpikiran bahwa makan dengan porsi banyak saat sahur akan membuat kita lebih kuat dan bugar saat berpuasa. Padahal kenyataannya tidak demikian. Akan lebih baik jika anda lebih fokus untuk menkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, protein serta buah dan sayuran. Mengakhiri santap sahur anda dengan segelas susu juga bisa menjadi pelengkap yang baik untuk nutrisi anda. Sebisa mungkin jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, karena mengonsumsi makanan manis yang berlebihan justru membuat tubuh anda lemas di siang hari. Jadi lebih baik anda batasi diri anda untuk menyantap makanan manis saat sahur.

Hal yang terpenting yang harus anda lakukan saat sahur adalah minum air yang cukup. Usahakan untuk minum air putih yang cukup sebelum imsak, setidaknya tiga hingga lima gelas. Karena saat berpuasa anda pasti akan kehilangan banyak cairan tubuh, dengan minum air putih yang cukup untuk menjaga tubuh kita agar tidak kehilangan cairan tubuh yang dapat menyebkan dehidrasi.


tips sehat saat puasa


2.    Menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga


Banyak orang yang melakukan olahraga saat puasa untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan dalam kondisi yang fit saat berpuasa. Olahraga saat puasa bukanlah suatu hal yang tidak mungkin dilakukan. Ada beberapa trik yang bisa kamu ikuti untuk berolahraga di bulan puasa untuk menjaga tubuh kita tetap fit dan sehat selama bulan puasa. Kuncinya anda hanya perlu menenentukan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga dan memilih olahraga yang tidak terlalu berat untuk dilakukan pada saat menjalankan puasa.

Sebenarnya olahraga saat puasa sangat tidak disarankan karena saat puasa perut sedang dalam keadaan kosong. Namun anda bisa tetap berolahraga saat puasa, akan tetapi ada waktu terbaik yang dianjurkan untuk berolahraga adalah pada saat setelah selesai berbuka puasa, karena setelah berbuka tubuh kembali mendapat asupan energi dari makanan dan minuman.

Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa waktu yang paling tepat untuk berolahraga pada saat menjalankan puasa sebaiknya dilakukan waktu 30-60 menit menjelang berbuka puasa, namun semua ini kembali lagi kepada keadaan fisik setiap individu. Karena kondisi tubuh tiap individu itu berbeda-beda, tidak semuanya bisa berolahraga saat menjalankan puasa. Anda juga perlu memperhatikan jenis olahraga yang ingin dilakukan. Sebaiknya lakukan jenis olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang, seperti berjalan, jogging atau bersepeda. Olahraga ringan seperti ini sudah cukup bagus untuk dilakukan saat bulan puasa karena selain membuat tubuh kita tetap bugar, hal ini juga bagus untuk memperlancar peredaran darah. Tidak perlu terlalu memaksakan diri untuk melakukan olahraga yang terlalu berat karena bisa saja tubuh anda tidak sanggup untuk melakukannya.


tips sehat saat puasa


3.    Memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat berbuka


Buka puasa adalah saat-saat yang paling ditunggu. Setelah kurang selama 12 jam menahan rasa lapar dan haus, kita bisa kembali menyantap makanan dan minuman seperti yang biasanya. Saat berbuka puasa kita dianjurkan untuk berbuka dengan sesuatu yang manis, bisa seperti kurma sesuai dengan sunah rasulullah, teh hangat, atau bahkan berbagai macam jenis jus dan es buah. Biasanya disajikan makanan manis lainnya atau bahkan berbagai macam jenis gorengan untuk disantap saat berbuka puasa. Terlihat menggiurkan memang. Namun perlu diperhatikan disini bahwa anda tidak perlu mengkonsumsi makanan yang terlalu berlebihan saat berbuka puasa, karena hal ini hanya akan membuat perut kosong tanpa asupan makanan apapun menjadi kaget dan sakit akibat jumlah makanan yang berlebih.  

Alangkah lebih baik jika anda meneguk segelas teh hangat terlebih dahulu saat berbuka puasa, setelah itu anda bisa menyantap kurma atau makanan ringan lainnya. Setelah beberapa saat, barulah anda bisa melanjutkannya dengan menyantap hidangan utama dan tentu saja dengan menu yang seimbang. Sekali lagi, tidak perlu makan dengan porsi yang berlebihan, cukup dengan porsi anda seperti biasanya.


4.    Menjaga pola asupan air putih


Seperti yang telah disebutkan asupan air putih adalah hal yang tidak bisa dilewatkan jika anda ingin tubuh yang tetap sehat dan bugar saat puasa. Air putih merupakan hal yang sangat penting disini, karena tubuh kita tidak mendapatkan asupan air selama kurang lebih 12 jam saat berpuasa, konsumsi air putih setelah berbuka puasa dan saat sahur adalah hal yang paling penting untuk menjaga agar tidak kehilangan cairan di dalam tubuh anda. Pastikan anda tetap mengkonsumsi setidaknya 2 liter atau sekitar 8 gelas  per hari untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh. Untuk menyiasati hal ini pada saat puasa, anda bisa mengatur konsumsi air putih dengan minum 2 gelas air putih saat berbuka puasa, 4 gelas saat makan malam, dan 2 gelas saat sahur. Hindari minum yang berlebihan, karena minum terlalu banyak dapat menyebabkan pengenceran darah dan hiponatremia (kadar natrium dalam darah turun dari normal). Sehingga, sangat penting untuk mengatur jumlah konsumsi air minum dari sahur hingga berbuka.


Itulah beberapa tips yang bisa membantu anda agar tetap sehat dan bugar dalam menjalankan ibadah puasa anda. Semoga tips ini bisa bermanfaat dan dapat membantu anda sekalian ^^


Terjawab sekitar 1 jam lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang