Apa sajakah yang harus diperiksa ketika membeli motor Harley Davidson bekas?

Dilihat 642 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Membeli motor baru tentu adalah impian semua orang. Namun sayangnya tidak semua orang mampu untuk membelinya, terutama untuk membeli motor kelas atas seperti Harley Davidson. Salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan adalah membeli motor bekas


Sama seperti pembelian motor bekas yang lainnya, beberapa aspek utama yang harus diperhatikan adalah jarak tempuh, kondisi, penggunaan dari pemilik sebelumnya, dan harga. Untuk pembelian Harley, ada baiknya apabila kamu melakukan pengecekan di internet terlebih dahulu untuk menentukan tahun produksi dan harga motor yang paling sesuai dengan kriteriamu. Ada banyak tipe Harley yang tersedia dengan kegunaan yang berbeda. Mengenali tipe yang kamu inginkan tentunya akan  membantu dalam mengantisipasi masalah yang biasa terjadi pada model motor Harley tertentu, tempat servis yang berkualitas, dan recall produk. Berkonsultasi dengan dealer motor Harley mungkin tidak akan banyak membantu. Pada umumnya mereka hanya akan mengarahkanmu untuk membeli produk yang mereka jual, terutama tipe-tipe yang tidak terlalu banyak digemari dan tidak laku. Sebagai gantinya, cobalah bertanya pada mekanik andalanmu. Kamu akan mendapatkan tips-tips yang jauh lebih berguna. Contoh permasalahan yang sering ditemukan pada model tertentu adalah cam bearing, rantai pada pedal kaki, stabilitas pada model FLH tertentu dan masih banyak lagi. 



Gambar 1. Contoh tipe Harley softail



Begitu kamu telah memutuskan tahun produksi/model Harley yang ingin dibeli, tahap selanjutnya adalah menemukan motor bekasnya. Pembelian langsung dari dealer akan memakan biaya yang jauh lebih banyak. Dealer tentunya mengenakan biaya ekstra untuk menutupi pengeluaran tambahan dan ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal. Pilihan yang terbaik mungkin adalah membeli Harley dari pemilik asalnya. Saat bertemu dengan pemiliknya, segera cek motor dengan sangat teliti dan cermat, periksa apakah ada tanda-tanda kebocoran, korosi, goresan, penyokan, bagian-bagian yang tidak sejajar, cat yang tidak sesuai, roda dan rem, serta pengaman yang tidak cocok. Pada saat motor dinyalakan, kamu harus bisa mendengar bunyi yang menderu di tangki bensin. Periksalah juga semua lampu, lampu rem, lampu sign, lampu tinggi dan rendah, klakson, dan tampilan di speedometer. Jangan lupa juga untuk memeriksa nomor identifikasi kendaraan dan nomor mesin, pastikan bahwa kedua nomor tersebut cocok. Pastikan juga bahwa motor tersebut telah diregistrasi dan surat-suratnya jelas. Ada juga beberapa tips lain yang bisa kamu pelajari lebih dalam.


Setelah memeriksa semuanya, cobalah bagian kopling. Jika tarikannya terasa berat, terlalu keras, atau longgar, ini mengindikasikan adanya masalah. Mungkin ada beberapa penyesuaian/pembetulan yang harus dilakukan. Rem depan dan belakang harus terasa solid. Rotor serta pad juga harus dalam keadaan baik. Cek apakah ada bekas aus pada roda, keretakan di sisi luar, dan inflasi tekanan angin. Lihat juga sabuk pengaman, apakah ada tanda-tanda penggunaan berlebihan atau kerusakan. Mengganti sabuk pada motor Harley Big Twin bekas dapat memakan biaya yang cukup besar.


Coba nyalakan mesinnya. Perlu diingat bahwa pada motor Harley modern, kamu harus menahan starter selama beberapa detik sebelum benar-benar menyalakannya. Lampu mesin yang berwarna kuning harus mati terlebih dahulu. Motor akan bisa mulai melaju setelah diengkol selama 2-3 detik. Dengarkan suara mesin dengan seksama. Apabila ada suara yang berbunyi klik maupun bergemerincing, hal ini menandakan filter yang sudah tak layak pakai atau kotor. Jangan lupa untuk memperhatikan knalpot dan memeriksa apakah ada asap putih yang keluar pada proses ini. Jika ada, jangan pilih motor ini dan carilah motor lainnya. Apabila motor susah untuk dinyalakan, mungkin kamu harus mengganti akinya. Atau, hal ini bisa juga berasal dari akibat pelepasan kompresi otomatis. Periksa dashboard/instrumen lainnya untuk melihat apakah ada lampu peringatan yang masih menyala. Putar kopling mesin pelan-pelan beberapa kali, dan kamu juga harus mendengarkan dengan cermat apakah ada suara mesin yang tidak umum. Ingat bahwa knalpot dapat berderak, jadi abaikan suara itu apabila kau mendengarnya. Selanjutnya, coba cek jarak tempuh motor ini 


Jangan berharap sang pemilik akan mengijinkanmu untuk mencoba motor tersebut. Jangan terlalu pikirkan hal ini dan jangan biarkan hal ini mempengaruhi keputusanmu dalam membeli motor tersebut. 


Setelah kau mematikan mesin, cobalah untuk periksa olinya dalam keadaan mesin yang masih hangat. Jika tingkat oli rendah, kemungkinan besar sang pemilik tidak memeriksanya. Jika warna oli sangat hitam, hal ini bisa menunjukkan bahwa oli tersebut tidak diganti sesuai aturan. Jika oli menunjukkan keadaan tercampur dengan air, lupakan saja untuk membeli motor ini.


Coba lihat ke dalam tangki bahan bakar. Jika kamu mencium bau bahan bakar yang aneh dan pernis, mungkin saja motor ini sudah lama tidak digunakan. Jangan lupa mengecek apakah ada karat atau cat yang menggelembung  dibawah kap (Gambar 2)

 

    


Gambar 2. Cat yang menggelembung pada kendaraan bermotor


Tanyakan kepada sang pemilik tentang kecelakaan yang pernah terjadi, penggunaan, dan masalah-masalah motor tersebut. Tanyakan mengapa mereka menjualnya. Juga lihat keadaan sekeliling dan amati kendaraannya yang lain. Jika yang lain tidak terurus, ada kemungkinan motor tersebut juga bernasib sama

.

Jika kamu merasa puas dengan motor itu, kamu bisa memulai negosiasi harga menggunakan Kelley Blue Book dan NADA sebagai panduan. Begitu harga final telah disepakati, bersiaplah untuk segera membayar semuanya sekaligus, entah dengan cek atau tunai. Setelah semua beres, segera selesaikan urusan surat-suratnya (nama kepemilikan, bukti penjualan, asuransi dan dokumen lain). 


Jika kau ragu dengan kondisi sebuah motor bekas, tanyakan pemiliknya apakah mereka bersedia untuk membiarkan seorang mekanik untuk memeriksa motor tersebut. Selamat berbelanja!


Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang